Pages

Tuesday, May 22, 2012

Mengembangkan Bisnis Waralaba Murah Saat Ekonomi Semakin Sulit

Waralaba murah menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat dalam memperbaiki kehidupan ekonominya pada saat ini. Waralaba murah merupakan sebuah sistem bisnis dengan kelebihan tertentu yaitu dapat membantu seorang pemula membuka usaha sendiri dengan modal serta keterbatasan kemampuan dalam dirinya di dunia bisnis.

Seorang pemula bisnis akan terbantu oleh sistem bisnis ini untuk menghadapi berbagai hambatan berbisnis. Bisnis waralaba murah menutupi keterbatasan seseorang dalam wawasan dan pengalaman dalam berbisnis maupun manajemen pengembangannya. Meski bisnis waralaba murah tidak meraih keuntungan sebesar bisnis waralaba kategori mahal, kedua kategori bisnis waralaba tersebut bergantung pada personal pengembang dan penerapan manajemennya.

Terkadang bisnis waralaba murah dapat menghasilkan untung serta kesuksesan lebih besar daripada bisnis waralaba kategori mahal. Wajar saja jika masyarakat semakin tertarik memutuskan memilih jenis bisnis waralaba murah.

Modal yang dibutuhkan dalam bisnis waralaba murah termasuk modal tidak besar dan dapat dijangkau bagi Anda yang tertarik dan memiliki minat untuk mendirikan serta mengembangkannya. Misalnya bisnis makanan (ringan atau berat), non-makanan misal aksesori maupun minuman.

Namun, jika Anda tertarik membuka restoran seperti KFC, Mac Donald, atau sejenisnya akan berbeda dengan jenis waralaba ini. Selain modal, efisiensi penggunaan teknologi dalam waralaba juga memiliki peranan penting. Teknologi tersebut dapat berupa teknologi elektronik maupun non-elektronik. Kemajuan teknologi elektronik yang semakin pesat dan canggih merupakan salah satu pendorong berkembang dan suksesnya waralaba di dalam pemasaran/marketingnya.

Memahami Bisnis Waralaba Murah

Masyarakat senantiasa berupaya untuk meningkatkan taraf hidupnya dengan berbagai cara dan berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Sebelum mencoba bisnis waralaba murah, sebenarnya harus diketahui terlebih dahulu maksud bisnis tersebut dan kelebihan-kelebihannya. Berikut penjelasan yang sekiranya dapat kita ketahui sebagai tambahan wawasan dan informasi mengenai bisnis waralaba murah ini.

Bisnis waralaba memiliki dua kategori yaitu waralaba murah dan mahal. Kategori tersebut sesuai dengan modal/investasi yang dikeluarkan oleh pihak yang menerima waralaba (terwaralaba), begitupula sebaliknya. Terwaralaba termasuk pihak/orang yang memiliki ketertarikan membuka bisnis waralaba, maka mereka memiliki kewajiban dalam pembelian lisensi/izin pemakaian nama. Pembelian lisensi/izin penggunaan nama tersebut sering dinamakan franchise fee/initial fee. Hal tersebut mempengaruhi kategori bisnis waralaba pilihan terwaralaba dalam mengembangkan bisnis waralabanya.

Waralaba murah ataupun mahal termasuk bisnis yang mengalami perkembangan dari tahun ke tahun di dalam masyarakat. Franchise merupakan sebutan terkenal untuk waralaba dalam dunia bisnis. Maksud dari istilah franchise yaitu suatu bentuk pemberian lisensi/izin usaha kepada pihak lain (posisinya sebagai penerima waralaba) dari suatu perusahaan ataupun perorangan.

Dapat diartikan, waralaba merupakan suatu pengaturan bisnis menggunakan sistem pemberian hak pemakaian nama/merek dagang dalam penjualan produk/jasa berdasarkan standardisasi kesepakatan membuka usaha dari pewaralaba kepada terwaralaba (pihak independen) dengan nama/merek dagang berada di bawah nama/merek dagang pewaralaba. Pewaralaba merupakan pihak yang memberikan waralaba, sedangkan terwaralaba yaitu pihak yang menerima waralaba.

Setiap usaha/bisnis terkadang mengalami laba maupun rugi. Begitupula bisnis waralaba, baik waralaba murah ataupun mahal. Namun hal tersebut tidak menjadikan masyarakat pantang menyerah dalam berupaya mencari jalan meningkatkan taraf hidupnya.

Masyarakat memilih bisnis waralaba sebagai alternatif usaha karena waralaba memiliki beberapa kelebihan, di antaranya kerugian bisnis/usahanya berisiko lebih kecil dibandingkan jenis bisnis lainnya, terwaralaba tidak kesulitan dalam mengelola dan mengembangkannya karena pengalaman khusus terwaralaba dalam berbisnis waralaba tidak dibutuhkan, keuntungan terwaralaba didapatkan dari promosi serta program pengembangan bisnis/usaha pewaralaba, dan kelebihan lainnya.

Memilih waralaba murah sebagai alternatif bisnis akan memberikan berbagai keuntungan dan kemudahan mencapai kesuksesan dalam berwiraswasta. Bisnis ini dipilih dengan alasan dan pertimbangan yang berbeda-beda. Namun, terdapat beberapa cara dalam memilih dan memutuskan waralaba dengan tepat dan sesuai kemampuan, di antaranya mencari dan berupaya mendapatkan informasi serta pengetahuan mengenai perusahaan yang dapat dijadikan pewaralaba kemudian menyesuaikannya dengan kemampuan serta minat.

Informasi dan pengetahuan yang telah diperoleh melalui berbagai sumber, baik online maupun non-online akan membantu untuk mengetahui produk apa yang dihasilkan, bagaimana sistem pengembangan serta bagaimana strategi pemasaran bisnis perusahaan pewaralaba tersebut. Informasi maupun pengetahuan tersebut menjadi landasan ketika mengambil keputusan memilih dan menentukan bisnis waralaba ataukah lainnya sesuai dengan kemampuan serta minat pemula bisnis.

Ketika waralaba murah menjadi pilihan bisnis bagi seorang pemula bisnis, hal pertama dan utama yang sebaiknya dilakukan yaitu menentukan bagaimana konsep usaha/bisnis waralaba tersebut dengan tepat. Adapun hal-hal yang dapat dipertimbangkan diantaranya modal usaha/bisnisnya, berapa banyak akan merekrut karyawan, jaringan waralabanya, suplai produk untuk penjualan, pemilihan lokasi pendirian waralaba (lokasi tepat dan strategis), dukungan operasional secara kontinyu dan berkesinambungan, serta hal lainnya (informasi mengenai hal tersebut dapat diperoleh dari berbagai sumber).

Efisiensi Kemajuan Teknologi dalam Menjalankan Waralaba Murah

Waralaba murah termasuk bisnis/usaha dengan kelebihan dan kekurangan yang keduanya saling terkait. Segala kekurangannnya dapat dihindari dengan sikap optimis, serius dan sungguh-sungguh dari terwaralaba hingga dapat mencapai kelebihan dan kesuksesan dalam bisnis ini. Sikap serius dan sungguh-sungguh dari tewaralaba dalam menjalankan bisnis ini merupakan kunci utama meski sarana/prasarana lainnya juga ikut menunjang perkembangannya.

Salah satu faktor penting sebagai penunjang waralaba murah maupun mahal, yaitu teknologi. Saat ini, teknologi terus mengalami kemajuan dan kecanggihan, salah satunya teknologi elektronik utamanya media online seperti internet.

Awalnya teknologi internet hanya dikuasai kaum akademisi ataupun pihak-pihak tertentu dalam berbagai bidang kehidupan. Namun, perkembangannya dapat diamati dari tahun ke tahun. Teknologi ini digunakan dan dimanfaatkan masyarakat secara luas. Segala informasi dan beberapa tambahan pengetahuan/wawasan dalam maupun luar negeri di berbagai bidang dapat dicari dan didapatkan melalui teknologi ini. Teknologi internet menjadi salah satu bagian penting dalam pemasaran/marketing waralaba.

Selain teknologi internet, penggunaan laptop, facebook, twitter, handphone maupun Blackberry Massager juga memiliki peran penting dalam waralaba murah. Penggunaan teknologi tersebut mampu menekan dan meminimalisir biaya pengiklanan produk. Kemajuan teknologi tersebut membantu efisien waktu maupun energi. Pemanfaatan dan pengoptimalan teknologi dalam waralaba juga menguntungkan bagi pemilik maupun karyawannya.

Efisiensi kemajuan teknologi dalam waralaba utamanya kategori murah merupakan hal penting dalam pengembangan proses penjualan produknya, mempermudah hubungan kerjasama dengan bisnis atau pihak kerjasama lainnya, dan mempermudah evaluasi bisnis dengan mengamati perkembangan analisa pasarnya. Selain hal tersebut, efisiennya teknologi dalam bisnis waralaba juga dapat mempermudah proses controlling penerima waralaba (franchisee).

Peran strategis dan efisiennya kemajuan teknologi penting diketahui dan diikuti perkembangannya. Penggunaan dan pengoptimalan teknologi dengan tepat sesuai fungsinya akan membantu dan menguntungkan bisnis waralaba kapan pun dan dalam kondisi seperti apa pun.

Menentukan Pilihan Mitra Bisnis Waralaba Murah

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan mitra dalam berwaralaba.

  • Waralaba murah tersebut minimal telah berjalan selama tiga tahun dengan tim manajemen kuat dan kompeten di bidangnya meliputi direktur, manajer serta utamanya karyawan.
  • Waralaba murah juga harus mempunyai karakteristik tersendiri atau unik dibandingkan waralaba lainnya, misalnya dalam identitas dagang. Hal tersebut tergantung pada tepatnya memilih pasar (adanya standardisasi dalam memilih lokasi) untuk menawarkan produk (barang/jasa). Hal penting lain dan harus diperhatikan yaitu adanya perlindungan hukum/legalitas hukum sehingga menjadi waralaba terpercaya dan aman untuk mengembangkan usahanya.
  • Waralaba murah harus memiliki kejelasan kualitas control/ quality control dalam administrasinya, memiliki franchise support (staf/karyawan pendukung lapangan) profesional serta terlatih. Waralaba ini juga harus memiliki sarana dan prasarana canggih serta kemampuan fasilitas pengembangan produk baru untuk konsumen dilakukan secara terus menerus dan kontinyu.

Beberapa hal tersebut harus diperhatikan bagi seorang pemula bisnis waralaba utamanya. Mereka memutuskan untuk memilih mengembangkan waralaba murah dengan segala risikonya. Namun demikian, seorang pemula dapat menambah beberapa cara lain menuju kesuksesan melalui berbagai sumber lainnya.

Semoga dengan segala tambahan informasi maupun pengetahuan yang telah didapatkan mengenai waralaba murah ini, seorang pemula bisnis waralaba akan memiliki tambahan informasi maupun pengetahuan sehingga dapat membantu mempertimbangkan jenis usaha/bisnis apa yang sesuai minatnya selama ini.



Sumber artikel...

Popular Posts

 
Copyright (c) 2010 usaha-aku.blogspot.com. Design by WPThemes Expert

Themes By Buy My Themes, Gifts for GirlFriend And Skull Belt Buckles.