Pages

Thursday, May 24, 2012

Pentingnya Laporan Keuangan Perusahaan

Pembuatan laporan keuangan perusahaan merupakan hal yang wajib dilakukan oleh mereka yang bergerak dalam dunia usaha. Semua usaha yang ingin dikelola dengan baik, harus memiliki sebuah catatan yang berisi informasi mengenai semua aktivitas keuangan mereka.

Bukan hanya perusahaan yang sudah berskala besar yang memiliki kewajiban untuk membuat laporan keuangan perusahaan. Sebab, perusahaan kecil sekalipun sebenarnya dianjurkan untuk membuat laporan keuangan perusahaan mereka. Karena pada dasarnya laporan keuangan yang dibuat tersebut pada nantinya akan bermanfaat untuk diri mereka sendiri.

Laporan keuangan perusahaan sendiri didefinisikan sebagai kumpulan laporan yang menyajikan informasi mengenai aktivitas keuangan perusahaan. Dimana dalam laporan tersebut disajikan beberapa informasi mengenai laporan Laba rugi, Laporan kepmilikan modal, laporan arus kas, neraca dan juga catatan menganai laporan keuangan tersebut.

Dari definisi tersebut, bisa ditarik sebuah kesimpulan bahwa pada intinya, laporan keuangan perusahaan adalah sebuah gambaran mengenai serangkaian aktivitas keuagan yang berlangsung pada sebuah perusahaan. Dimana setiap aktivitas yang terjadi tersebut dicatat berdasar pos-pos laporan keuangan yang sesuai dengan jenis aktivitas tersebut.

Selanjutnya, dari berbagai pencatatan kegiatan tersebut dibuatlah ringkasan menggunakan cara yang tepat yang dinyatakan melalui satuan nilai uang. Dari hasil ringkasan tersebut, kemudian dibuatlah penafsiran atas hasil laporan keuangan itu dengan tujuan yang beraneka ragam.

Dari informasi yang tersaji pada laporan keuangan tersebut, maka kita bisa mengetahui informasi serta gambaran atas kondisi keuangan suatu perusahaan. Termasuk pula, kita bisa mendapatkan informasi mengenai hasil usaha sebuah perusahaan pada suatu periode dan perputaran keuangan perusahaan pada periode tertentu.

Tujuan pembuatan laporan keuangan perusahaan adalah sebagia bentuk tanggung jawab dari pengelola perusahaan kepada pemilik perusahaan. Pemilik perusahaan ini bisa dikategorikan sebagai individu atau juga sebagai kelompok yang berada dalam kumpulan pemilik modal atau saham. Dengan laporan ini, para pemilik modal pada akhirnya bisa mendapatkan informasi atas kinerja yang sudah dilakukan para pengelola perusahaan tersebut.

 

Tujuan Laporan Keuangan Perusahaan

 

Pada dasarnya, setiap aktivitas yang dilakukan dalam sebuah perusahaan memiliki tujuan tersendiri. Demikian pula dalam proses pembuatan laporan keuangan perusahaan, memiliki beberapa tujuan. Tujuan tersebut mencakup tujuan keluar perusahaan serta yang paling utama adalah tujuan ke dalam perusahaan itu sendiri.

Untuk tujuan ke dalam perusahaan, laporan keuangan ini akan memiliki manfaat untuk pihak manajemen serta seluruh karyawan yang ada dalam perusahaan tersebut. Sementara, untuk tujuan keluar perusahaan dimaksudkan bagi pihak luar yang memiliki kepentingan serta memiiliki hak untuk mendapatkan laporan keuangan tersebut. Pihak luar tersebut antara lain pemegang saham, pemilik surat berharga atau juga pihak kreditur atau bank.

Secara umum, laporan keuangan perusahaan merupakan media informasi keuangan sebuah perusahaan. Baik untuk informasi keuangan yang disusun pada kondisi khusus atau juga laporan yang disusun pada masa tertentu secara rutin. Untuk laporan yang disusun pada kondisi khusus ini, pembuatannya bisa dilakukan mendadak yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahan.

Dari penjabaran diatas, dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa secara umum laporan keuangan perusahaan berfungsi sebagai media informasi. Khususnya dalam menginformasikan mengenai kondisi keuangan sebuah perusahaan agar diketahui oleh pihak-pihak yang berkepentingan dan memiliki hak untuk itu.

Jika diuaraikan, ada tujuh tujuan dari penyusunan laporan keuangan perusahaan. Ketujuh manfaat laporan keuangan perusahaan tersebut adalah :

  1. Sebagai media informasi atas jenis dan jumlah aktiva yang dimiliki oleh perusahaan dalam suatu periode.
  2. Menginformasikan jenis dan tingkat jumlah pendapatan yang bisa diraih oleh perusahaan pada periode tertentu.
  3. Menunjukkan posisi utang serta modal perusahaan beserta dengan rincian jenisnya yang dimiliki perusahaan pada periode tertentu.
  4. Menunjukkan jumlah beban yang menjadi kewajiban perusahaan untuk dibayar pada periode tertentu.
  5.  Menunjukkan apabila terjadi perubahan pada sisi aktiva maupun pasiva dan modal yang dimiliki perusahaan.
  6. Sebagai media untuk mengetahui kinerja yang sudah dilakukan perusahaan selama periode waktu tertentu.
  7. Menunjukkan informasi apabila ada terjadi catatan dalam laporan keuangan perusahaan tersebut.

 

Pihak Yang Membutuhkan Laporan Keuangan

 

Secara umum, ada dua pihak yang membuthkan laporan keuangan perusahaan yaitu dari pihak internal perusahaan dan dari pihak eksternal perusahaan. Untuk pihak interal perusahaan, laporan keuangan perusahaan ini dibutuhkan misalnya pemilik perusahaan, pihak manajemen dan pimpinan perusahaan. Sementara untuk pihak dari luar perusahaan yang memiliki kepentingan atas laporan keuangan perusahaan ini antara lain investor, kreditur dan juga pemerintah.

Untuk pemilik perusahaan, laporan keuangan ini dibutuhkan agar merkea bisa mendapatkan informasi tentang kinerja manajemen perusahaan dalam mengelola perusahaan milik mereka tersebut. Dengan demikian, pemilik perusahaan bisa memiliki alat untuk menilai prestasi karyawan mereka dan mendapatkan gambaran tentang bagaimana perkembangan perusahaan di waktu yang akan datang. Namun yang lebih penting lagi adalah dengan laporan keuangan ini pemilik perusahaan bisa memperkirakan mengenai jumlah laba yang akan didapat pada periode ternteu. Selain itu bagi perusahaan yang sudah terdaftar dalam bursa saham, laporan keuangan ini bisa digunakan untuk mendapatkan informasi mengenai perkembangan saham perusahaan.

Untuk pihak manajemen perusahaan sendiri, laporan keuangan perusahaan tersebut digunakan sebagai dasar untuk membuat arahan kebijakan perusahaan. Di sisi lain, dari laporan tersebut bisa diketahui tingkat efektivitas biaya yang dikeluarkan perusahaan dalam setiap aktivitasnya. Laporan keuangan bisa pula digunakan sebagai alat ukur kinerja setiap individu yang sudah memiliki tugas dan wewenang masing-masing. Dan yang paling utama adalah dengan laporan keuangan perusahaan ini, setiap karyawan bisa mengetahui seberapa besar nilai penghargaan yang akan mereka terima atas kinerja yang mereka berikan pada perusahaan.

Untuk investor, laporan keuangan ini digunakan sebagai media untuk menilai tingkat kesehatan sebuah perusahaan. Dengan demikian mereka akan bisa mendapatkan data mengenai peluang serta resiko yang dimiliki apabila mereka menanamkan modal pada perusahaan tersebut. Sebuah perusahaan yang memiliki laporan keuangan baik dan sehat, tentu akan lebih mudah dalam mendapatkan investor dibandingkan perusahaan yang laporan keuangannya tidak disusun dengan baik dan mencerminkan kesehatan perusahaan tersebut.

Laporan keuangan perusahaan juga dibutuhkan oleh para kreditor sebagai pihak ekternal perusahaan. Kreditur adalah pihak yang akan membantu sebuah perusahaan dalam memenuhi kebutuhan modal perusahaan dengan sistem pinjaman. Dengan melihat pada laporan keuangan perusahaan, maka kreditur bisa menentukan seberapa tingkat kesehatan perusahaan. Sehingga mereka bisa mengetahui tingkat resiko atas pinjaman yang mereka lakukan pada perusahaan tersebut. Resiko ini terkait dengan kemampuan perusahaan dalam mengembalikan pinjaman pada pihak kreditur. Apabila tingkat resiko tinggi, dimana kemampuan perusahaan mengembalikan pinjaman rendah, biasanya permohonan utang oleh perusahaan akan ditolak oleh kreditur. Sebaliknya apabila kreditur menilai perusahaan memiliki posisi keuangan yang sehat dan tingkat kemampuan pengembalian hutang yang tinggi, maka permohonan penambahan modal tersebut akan dikabulkan.

Sementara bagi pemerintah melalui laporan keuangan perusahaan mereka akan bisa menghitung nilai pajak yang harus dibayarkan perusahaan. Selain itu, laporan keuangan perusahaan juga akan membantu pemerintah dalam menyusun rencana pembangunannya.



Sumber artikel...

Popular Posts

 
Copyright (c) 2010 usaha-aku.blogspot.com. Design by WPThemes Expert

Themes By Buy My Themes, Gifts for GirlFriend And Skull Belt Buckles.