Pages

Saturday, May 12, 2012

Membuat Perencanaan Bisnis

Tujuan Perencanaan

Setiap pelaku usaha atau wiraswastawan pasti ingin usaha yang ditekuninnya bisa berjalan dan berkembang dengan lancar. Selain itu juga berharap agar bisa bertahan dalam waktu yang lama bahkan kalau bisa selamanya. Agar bisa mencapai tujuan tersebut perlu dibuat perencanaan terhadap bisnis yang dijalankan. Ini perlu dilakukan terutama sekali bagi yang baru saja membuka usaha atau terjun ke dalam bisnis.

Tujuan dari perencanaan ini adalah agar semua program atau target yang kita buat bisa tercapai dalam waktu yang juga telah ditentukan sebelumnya. Selain itu juga untuk menghindari terjadinya kesalahan ketika sistem operasi usaha sudah berjalan. Namun bila masih terjadi kesalahan juga bisa segera diselesaikan dengan baik sehingga usaha tersebut bisa berjalan dengan lancar kembali.


Membuat Perencanaan

Membuat perencanaan bisnis itu tidak boleh sembarangan. Namun harus dipikirkan secara matang sehingga apa yang kita cita-citakan pada usaha yang kita jalankan tersebut bisa tercapai. Berikut ini ada beberapa hal yang mesti dipertimbangkan ketika membuat suatu program atau perencanaan usaha dan bisnis.

  1. Konsep perusahaan

    Sebelum memutuskan untuk membuka suatu usaha, kita harus membuat konsep perencanaan pada jenis usaha yang mau dijalankan. Apakah merupakan perusahaan produksi, jasa, penjualan dan lain-lain. Disarankan agar jenis usaha yang mau tekuni sesuai dengan minat, keinginan serta bakat yang dimiliki.


  2. Pendanaan

    Masalah pendanaan adalah salah satu hal yang paling penting yang harus dipikirkan ketika membuat perencanaan bisnis. Sesuaikan dana yang dimiliki dengan jenis usaha yang mau dijalankan serta semua pengeluaran untuk biaya operasional ketika usaha tersebut belum mampu mendatangkan keuntungan.


  3. Target waktu

    Perencanaan untuk masalah ini meliputi waktu atau durasi perusahaan bisa berkembang serta mandiri 100%. Yang dimaksud dengan mandiri di sini adalah sudah mampu berjalan tanpa dukungan dana dari pemilik usaha lagi karena sudah bisa menghasilkan laba atau keuntungan. Hal ini punya hubungan yang sangat erat dengan masalah pendanaan seperti yang telah dijelaskan pada nomor dua.


  4. Target pemasaran

    Hal ini juga harus dipikirkan dengan matang dalam membuat perencanaan bisnis. Siapa saja golongan orang atau masyarakat yang bisa menjadi konsumen terhadap produk dari usaha kita. Apakah ibu rumah tangga, bapak-bapak, remaja, anak-anak dan seterusnya. Ini juga harus disesuaikan dengan jenis usaha yang dijalankan serta produknya.


  5. Konsep pemasaran dan promosi

    Setelah tahu target konsumen yang dibidik langkah selanjutnya dalam membuat perencanaan usaha atau bisnis adalah membuat  konsep pemasaran dan promosi yang paling cocok untuk digunakan. Apakah melalui iklan di media cetak, menyebarkan brosur, mengadakan pameran, kunjungan langsung dari rumah ke rumah dan seterusnya.


  6. Persaingan

    Masalah ini juga sangat penting untuk dibuat perencanaan. Karena bila nanti usaha kita sudah bisa berkembang dan maju tentu hal ini akan memberi inspriasi atau ide pada pihak lain untuk membuat usaha sendiri yang jenis dan konsepnya sama dengan yang kita miliki. Kejadian ini tentu akan membuat pintu persaingan menjadi terbuka lebar. Jadi bagaimanapun juga kita harus mampu menghadapi persaingan ini.


Demikianlah beberapa konsep perencanaan bisnis yang bisa dilakukan bila mau membuka usaha baru. Selamat berjuang semoga sukses.



Sumber artikel...

Share It...

Popular Posts

 
Copyright (c) 2010 usaha-aku.blogspot.com. Design by WPThemes Expert

Themes By Buy My Themes, Gifts for GirlFriend And Skull Belt Buckles.