Pages

Tuesday, May 1, 2012

Forum Jual Beli - Anda Rugi, Anda Untung

Forum jual beli utamanya di internet adalah keniscayaan yang akan Anda dapati pada awal abad 21. Karena dalam ekonomi global yang muncul akhir-akhir ini, e-commerce dan e-bisnis telah semakin menjadi komponen penting dari strategi bisnis dan katalis yang kuat bagi pembangunan ekonomi. Integrasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam bisnis telah merevolusi hubungan di dalam organisasi dan juga di antara organisasi dan individu.


Secara khusus, penggunaan teknologi komunikasi internet dalam bisnis telah meningkatkan produktivitas, mendorong partisipasi pelanggan yang lebih besar, dan kustomisasi massal yang diaktifkan, selain mengurangi biaya satu sama lain –yang bisa Anda sebutkan sebagai biaya lapak. Jadi, yang dimaksud dalam forum jual beli adalah forum tempat penjual dan pembeli melakukan transaksi tradisional di sebuah webpage internet. 

Kelebihan Forum Jual Beli

Biaya lapak dagang teratasi di forum jual beli. Anda bisa menjual dan Anda bisa membeli dari rumah ke rumah hanya dengan bekal komputer saja. Kelebihan lain dari forum jual beli adalah kemungkinan eksesif pembiayaan yang bisa Anda hemat semisal sambil berdagang, Anda pula bisa sambil mengerjakan hal lain, dan lapak Anda bisa ditinggalkan kapan saja. Forum jual beli juga memberikan kemudahan lainnya, yang akan kita tuturkan dalam beberapa hal signifikan di bawah ini:

Forum jual beli membuat Anda memiliki banyak pilihan akan barang yang benar-benar Anda butuhkan, karena begitu banyak entri dan penjualan yang benar-benar memperluas spek yang Anda.Forum jual beli, juga memberikan Anda waktu untuk menimbang memperbandingkan antara satu barang dengan barang yang lain, membuat Anda bisa mengukur seberapa baik suatu barang hanya dengan mencari tahu melewati jalan kliking.Forum jual beli memberikan kemudahan dalam hal tawar menawar yang bahkan paling sengit sekalipun tanpa Anda harus adu tatap mata dengan pedagang, namun dengan kelihaian menawar tanpa menitipkan emosi lapangan, akan halnya bisa digantikan dengan emoticon dan nettique yang bisa membuat dan membentuk keakraban antara Anda dengan pihak penjual.Forum jual beli sebagaimana pasar juga memberikan harga sesuai dengan harga yang berada di pasaran. Pada forum jual beli, disparitas harga tidak akan jauh berbeda, bahkan bisa dibilang bisa menjadi lebih murah karena keterbebasan sang pedagang untuk tidak memiliki toko fisik.Forum jual beli membuat Anda memiliki kesempatan sebagai pula pedagang, dan pembeli sekaligus, dan untuk menghindari risiko Anda dapat membuat akun kloning, untuk sekadar bertanya harga dalam proses yang paling intense pada saat proses pembelian.Forum jual beli merupakan pasar bagi Anda yang ingin mencari benda-benda unik yang tidak ada di pasaran umum. 

Dari sisi analisis bisnis, pada forum jual beli, dengan perkembangan internet dan web berbasis teknologi, perbedaan antara pasar tradisional dan pasar elektronik global-seperti ukuran modal usaha, antara lain-secara bertahap sedang dipersempit. Nama dari permainan forum jual beli ini adalah posisi strategis, kemampuan perusahaan rumahan untuk menentukan peluang yang muncul dan memanfaatkan keterampilan modal yang diperlukan oleh manusia (seperti sumber daya intelektual). Untuk membuat sebagian besar peluang ini, dapat melalui strategi e-bisnis yang sederhana, dapat dikerjakan dan praktis dalam konteks dari sebuah lingkungan kecil kepada lingkungan baru.


Dengan pengaruhnya dari meratakan pasar ke dalam bentuk web content, ditambah dengan strategi yang tepat dan pendekatan kebijakan memungkinkan perusahaan skala kecil dan menengah dapat bersaing dengan perusahaan besar dan modal kaya.

Kekurangan Forum Jual Beli

Tinggi biaya akses internet, termasuk biaya layanan koneksi, biaya komunikasi, dan biaya hosting untuk web dengan bandwidth yang cukup. Terbatasnya ketersediaan kartu kredit dan sistem kredit persebaran nasional kartu kredit tersebut; pemahaman terhadap teknologi paypall yang masih kurang. Jaringan riil infrastruktur transportasi Tertinggal sehingga memungkinkan pengiriman barang menjadi lambat dan tidak pasti barang dan jasa; masalah keamanan jaringan dan perlindungan keamanan proses jual beli pada konsumen tidak memadai. Inilah beberapa masalah yang menjadi kecacatan dari proses e-commerce pada forum jual beli. Dan bila diteliti lebih lanjut, forum jual beli menyisakan permasalahan komunal:

Forum jual beli memungkinkan adanya hoax, atau penipuan berbasis internet, karena barang yang dijual tidak dapat diperiksa langsung oleh konsumen sebelum transaksi dilakukan.Forum jual beli tidak tentu dijamin oleh garansi dari perusahaan bila barang yang dimaksud adalah barang alih tangan.Perusahaan bisa dibuat fiktif dalam internet.Penipuan Internet semakin marak. Menjadikan forum ini rentan popularitas.Moderator utama dari forum jual beli, bisa melakukan segalanya, entah itu melakukan pencatatan ulang, pemblokiran pada proses jual beli.Hukum e-commerce masih belum menyentuh wilayah ekonomi sejati dari proses yang terdapat pada forum jual beli, dikarenakan sifat masih coba-coba.Forum jual beli, hanya dipandang sebagai pasaran bagi barang-barang alih kedua (Second). 

Yang juga penting diperhatikan tentu saja rasa aman dan nyaman, pelaku e-commerce sejenis forum jual beli ini. Karena sejauh fakta yang terjadi, pemerintahan suatu negara, jarang sekali memperhatikan rumusan ekonomi yang terjadi pada e-commerce. Walaupun sudah berjalan lama dan pula diakui bahwa pada era informasi. Internet commerce adalah alat yang kuat dalam pertumbuhan ekonomi negara-negara berkembang masihlah ada indikasi dari e-commerce hanya dipandang sebagai patronase antara perusahaan-perusahaan besar di negara berkembang, artinya yang dipikirkan pemerintah tentang e-commerce, merupakan kegiatan dari situsnya perusahaan besar. 

Forum Jual Beli vs Pemerintah vs Perusahaan Besar

Tampaknya hanya ada sedikit perhatian dari pemerintah dikaitkan dnegan proses pengabaikan fakta bahwa di Internet untuk perdagangan antara perusahaan-perusahaan berukuran kecil dan menengahlah yang sebenarnya berlangsung semarak. E-commerce menjanjikan bisnis yang lebih baik bagi UKM dan pembangunan ekonomi berkelanjutan bagi negara berkembang. Namun, hal ini tidak didasarkan pada kemauan politik yang kuat dan pemerintahan yang mampu memahami permasalahan e-commerce kecil-kecilan semacam forum jual beli dengan baik. Padahal, pemerintah harus pula menjaga peran serta pada sektor swasta rumah tangga ini, pemerintah harus bertanggung jawab dan mendukung di dalam kerangka kebijakan yang efektif. 


Tapi pada sisi lain, pemerintah hanya melihat dari yang establish yakni bagaimana perusahaan pemodal besar saja. Memang banyak pemimpin bisnis besar, kecewa dengan pertumbuhan penjualan online, mereka melihat konsumen Web sebagai konsumen tidak setia dan tidak bersedia belanja. Tapi itu karena para manajer perusahaan besar tidak memanfaatkan apa yang pelanggan nilai paling tinggi: dalam hal ini adalah keterlibatan langsung. Mereka tidak mau menengok perusahaan yang sukses menyelenggarakan pasar tradisional di web. 2.0, semisal Kaskus Jual Beli, Toko Bagus, E-bay, dan lainnya.


Mereka tidak mau repot berkerja sama dengan situs vital kerakyatan itu salah sendiri toh? Sejatinya Pembeli mobil online misalnya ingin informasi tentang mobil, ya, tetapi mereka juga ingin belajar tentang topik-topik lainnya seperti perjalanan, olahraga, pakaian, dan keuangan, maka dari itu pembeli online bersikap luwes dan bukan pelit itu yang di gagal dibaca oleh perusahaan besar. 


Di tambah fakta pula, sebagian besar perusahaan membatasi situs mereka hanya untuk menyediakan informasi yang sempit tentang produk atau jasa yang dijual. Mereka malas membantu pelanggan mencari solusi, mengajak mereka untuk memikirkan semua cara untuk memahami produk inti agar menambahkan nilai pada kehidupan mereka, memenangkan loyalitas mereka, dan membujuk mereka untuk membeli. Mereka telah kalah dari forum jual beli kecil-kecilan.




Sumber artikel...

Popular Posts

 
Copyright (c) 2010 usaha-aku.blogspot.com. Design by WPThemes Expert

Themes By Buy My Themes, Gifts for GirlFriend And Skull Belt Buckles.