Pages

Tuesday, February 14, 2012

Mengintip Bisnis Tiket Online


Kebutuhan tiket online diera modern merupakan solusi digitalisasi yang tepat, guna melayani tuntutan manusia modern dengan mobilitas tinggi dan serba cepat. Terobosan reservasi tiket online merupakan cara baru membeli tiket melalui sarana internet. Bisnis ini mulai berkembang sejak 8 tahun yang lalu.  


Tiket Online - Tiket Online Menjawab Tuntutan Zaman


Mobilitas yang tinggi dan kesibukan manusia modern sehingga tak sempat mendatangi agen penjualan tiket online pesawat ini, ada alasan kuat bagi dunia penerbangan untuk mencari solusi bagaimana caranya supaya booking tiket tak terkesan ribet seperti dahulu. Piranti-piranti pendukung pun dipersiapkan seperti membangun divisi IT yang bertugas merancang skema alur order tiket online, pembayaran, kemudian check in, sampai boarding pass semua terintregrasi dalam satu sistem yang dikendali secara terpusat, melalui server yang handal. 


Setelah aplikasi tiket online tercipta kemudian pihak penerbang berkerja sama dengan dunia perbankan guna melayani pembayaran dari costumer via produk Bank seperti ATM, credit card dan lain sebagainya. Awal tahun 2000 aplikasi pembelian tiket online pun disosialiasikan kepada kepada agen tiket, dan maskapai penerbangan online. Pelan tapi pasti calon penumpang pun, mulai mencoba menggunakan sistem tiket online sebagai cara untuk membeli tiket pesawat terbang yang diinginkan. Cara ini terbukti praktis dan lebih efisian, karena pelanggan bisa mem-booking tiket online dari mana saja asal terkoneksi dengan internet.


Tiket Online Peluang Bisnis Baru 


Tiket online merupakan peluang bisnis yang terbilang baru dan mulai diminati oleh kalangan penguasaha maupun orang awam sekalipun yang tak memiliki ilmu dibidang ticketing. Disisi lain, sekarang ini harga tiket online pesawat kelas ekonomi menyamai harga tiket  KA Argo, menjadikan masyarakat lebih memilih menggunakan pesawat terbang, selain cepat juga menghemat waktu ketimbang naik kereta api. Akhirnya tranportasi udara pun kian diminati oleh masyarakat luas, maka akhirnya kebutuhan tiket online cepat dan murah, menjadi sebuah kebutuhan yang baik bagi konsumen maskapai komersil. Kebutuhan tiket online yang terus meningkat menjadi sebuah peluang bisnis yang bisa digarap tanpa memerlukan modal besar.


Uniknya bisnis tiket online bisa dikerjakan sebagai usaha sampingan Anda. Profit yang diambil dari bisnis ini berupa komisi dari setiap penjualan tiket online, nilai komisi yang diberikan dari maskapai kepada agen tiket online cukup bervariasi, misalnya: Garuda, Lion Air memberikan komisi 2,5% per satu tiket, kemudian Merpati dan Sriwijaya menawarkan komisi  3,5 % per satu transaksi. Semisal jika harga tiket online Rp. 665,000, dengan komisi 3,5% akan mendapatkan 10.000 per sehelai tiket online yang dijualnya. Jika transaksi ramai seperti hari libur sekolah dan menjelang lebaran, keuntungan yang didapat bertambah banyak karena maskapai komersil biasanya memberikan bonus lebih kepada agen penjualan tiket online


Menjalankan bisnis tiket online, hanya membutuhkan modal 5 juta saja, dan koneksi internet. Anda sudah bisa mendirikan agen tiket online sendiri dan pemasaran dimulai dari lingkungan keluarga Anda dan teman sekantor. Jangan khawatir sepi karena pasti ada saja konsumen yang memesan tiket melalui layanan tiket online Anda. Bahkan sekarang ini dikembangkan produk layanan baru yang berbasis online, seperti tiket online konser, pembayaran listrik online dan voucer hotel. Nah layanan baru ini bisa Anda pertimbangkan sebagai alternatif layanan baru mengingat perilaku konsumen mulai meminati layanan berbasis tiket online.    
 


Kelebihan Membeli Tiket Online


Sebuah produk baru yang disebar kepada pelanggan semuanya tak lepas dari review. Review ini berguna sebagai acuan untuk memperbaiki layanan yang kurang pada waktu mendatang. Demikian juga dengan layanan tiket online tak lepas dari kelebihan dan kekurangannya. Berikut ini merupakan beberapa kelebihan tiket online yang kenapa diminati penumpang pesawat:


Tiket Online Lebih Praktis


Sifatnya yang praktis merupakan keunggulan dari tiket online, lantaran pembeli tak usaha repot-repot pergi kebandara atau ke biro penjualan tiket, melainkan hanya membuka situs penyedia layanan reservasi tiket online pesawat dan tinggal mengisi blanko elektronik saja, kemudian pembayaraannya pun via ATM maupun kredit card saja, selesai sudah.


Harga Tiket Online Standar Maskapai 


Jangan khawatir tentang harga tiket online pada transaksi online, karena maskapai komersil udah menentukan harga tiket online sama seperti harga tiket biasa. Bahkan untuk maskapai tertentu menerapkan potongan harga bagi pelanggan yang reservasi tiket online jauh hari sebelum keberangkatan. Atau jika Anda mem-booking tiket online pada masa promo akan mendapatkan diskon yang lumayan.


Tiket Online Lebih Mandiri 


Keunggulan lain dari layanan tiket online adalah, calon pembeli bisa mengerjakan sendiri, tanpa bantuan dari petugas, cukup mengikuti instruksi tersedia, berapapun tiket online yang dipesan bisa dikerjakan sendiri. Uniknya setelah melakukan pembayaran, tiket online bisa langsung di-print sendiri di rumah Anda.


Tiket Online Bisa Mengatur Jadwal Penerbangan 


Kelebihan tiket online salah satunya tersedianya informasi jadwal penerbang dari berbagai maskapai komersil yang ditayangkan via situs. Jadwal penerbangan tersebut selalu di-update setiap bulannya. Jadi anda bisa menentukan sendiri kira-kira kapan akan terbang. Semua bisa dilihat melalui internet. Pembayaran tiket online via ATM dan Credit Card, salah satu bentuk kepraktisan dari sistem tiket online yakni sistem transaksinya tak perlu membawa uang cash, cukup dengan transfer via ATM atau kredit card. Setelah Anda transfer sejumlah uang, lalu munculah nomor regristrasi yang dicetak bersama struk ATM Anda. Nomor registrasi ini kemudian diverifikasi pada blanko reservasi tiket online Anda.  Mudah bukan?


Cara Booking Tiket Online via Internet


Tiket online merupakan bentuk pelayanan dari makapai komersil kepada pelanggan yang membutuhkan tiket online secara cepat tanpa perantara. Dilakukan secara mandiri melalui situs agen yang tersedia. Berikut caranya:  



  • Buka situs penyedia layanan tiket online.

  • Lihat jadwal penerbangan.

  • Pilih maskapai yang diinginkan sesuai rute penerbangan Anda.

  • Pilih sistem pembayaran yang tersedia di web.

  • Setelah pembayaran selesai, lakukan konfirmasi kepada agen melalui nomer HP atau SMS dengan nomor yang sudah dicantumkan di situs. Konfirmasi berisi berita kalau uang sudah ditransfer.  

  • Setelah konfirmasi, dan memastikan jadwal penerbangan ada dan seat yang dipilih sudah tersedia. Maka langkah tarakhir, tiket online pun bisa di-print.  

 


Produk Tiket Online


Meningkatnya peminat tiket online mengaruskan industri transportasi mengikuti berubahan sesuai tuntutan konsumen. Salah satu bentuk layanan baru itu yakni reservasi tiket online. Reservasi tiket online ini merupakan bisnis baru yang dapat diwaralabakan kepada siapa saja yang berminat menjadi mitra usaha industri transportasi massal. Model kemitraan dengan profit sistem komisi menjadikan bisnis tiket online mulai berkembang menjadi sebuah peluang bisnis baru. Berikut ini adalah produk-produk dari tiket online yang bisa dijadi produk alternatif:


Tiket Online Kapal


Tiket kapal laut yang dikeluarkan oleh PELNI merupakan produk layanan reservasi tiket baru yang dimodifikasi, dari manual menjadi reservasi tiket online. Kapal Laut merupakan moda transportasi berbasis kerakyatan, kapal merupakan transportasi yang murah meriah dan mampu mengangkut penumpang dalam jumlah yang banyak. Indonesia merupakan negara kepulauan, tak semua maskapai penerbangan menjangkau daerah tertentu terutama Indonesia timur, jadi kapal menjadi pengisi ruang kosong trayek tersebut. Bisnis tiket online kapal masih memilih prospek yang cerah untuk digarap.


Tiket Online Kereta Api


Kereta api merupakan pilihan kedua setelah pesawat terbang, walaupun demikian kereta api merupakan moda yang diminati masyarakat, selain aman sekarang layanan kereta api kian baik dan nyaman. Di musim liburan dan hari raya, ketika tiket online pesawat terbang fully book, penumpang beralih mencari tiket online kereta api, inilah menjadi kesempatan emas mendulang untung untuk dengan menjadi agen resmi tiket online kereta api. Sebetulnya masih banyak produk lain yang bisa ditawarkan kepada pelanggan, misalnya tiket online konser musik, voucher hotel dan biro wisata dengan aneka paket wisata dan masih banyak lagi. Menjadi agen penjualan tiket online adalah sebuah solusi tepat menjawab prilaku konsumen yang serba praktis dan cepat.





View the original article here

Popular Posts

 
Copyright (c) 2010 usaha-aku.blogspot.com. Design by WPThemes Expert

Themes By Buy My Themes, Gifts for GirlFriend And Skull Belt Buckles.