Home / Pemasaran / Peranan Penting Customer Relationship Management"Salah satu strategi pemasaran yang bisa diterapkan yaitu customer relationship management (CRM), untuk membangun hubungan baik dengan para konsumen."
Menghadapi persaingan pasar yang semakin sengit, belakangan ini para pelaku usaha mulai menerapkan berbagai macam strategi pemasaran untuk mempertahankan loyalitas pelanggannya. Salah satunya yakni dengan menerapkan strategi customer relationship management (CRM), untuk membangun hubungan baik dengan para konsumen yang mereka miliki.
Sebagai seorang pelaku usaha, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah customer relationship management (CRM). Namun, untuk membantu para pemula dalam memahami peranan penting customer relationship management, pada kesempatan kali ini akan kami bahas secara tuntas mengenai apa itu CRM? Seberapa besar fungsi CRM bagi pemasaran dan bagaimana cara mengoptimalkan CRM untuk mempertahankan loyalitas para konsumen.
Yang dimaksudkan dengan customer relationship management adalah sebuah strategi yang sengaja dilakukan perusahaan maupun pelaku pasar untuk membangun, mengelola dan memperkuat hubungan baik antara calon pelanggan ataupun pelanggan lama dengan perusahaan (organisasi) yang bersangkutan, dengan tujuan untuk membangun loyalitas konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Dalam prakteknya, strategi ini meliputi semua aspek pelayanan bagi para konsumen, termasuk juga di dalamnya pelayanan call center, pelayanan dari tenaga penjualan (sales), strategi pemasaran, technical support, serta para pekerja lapangan yang berhubungan langsung dengan para konsumen.
Tak bisa kita pungkiri bila kepuasan konsumen menjadi salah satu fokus utama para pengusaha maupun pelaku pasar ketika menawarkan sebuah produk. Tanpa memelihara loyalitas mereka dan tanpa adanya hubungan baik antara customer dengan pihak perusahaan, bisa dipastikan bila pemasaran yang dijalankan kurang bekerja secara maksimal dan roda bisnis yang dijalankan belum berhasil memenangkan persaingan pasar yang semakin hari semakin ramai. Karenanya, sebuah perusahaan membutuhkan strategi customer relationship management untuk mempertahankan kejayaan bisnisnya dalam jangka waktu yang cukup lama.
Secara umum CRM memiliki fungsi untuk mendekatkan konsumen dengan para pelaku usaha. Oleh sebab itu, konsep CRM yang Anda bangun harusnya bisa memancing rasa penasaran para konsumen dan meningkatkan kecintaan mereka terhadap merek atau brand perusahaan yang Anda kembangkan. Selain itu, CRM juga berfungsi sebagai alat penghubung bagi perusahaan untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan para pelanggan, serta memahami permasalahan apa saja yang banyak dikeluhkan konsumen Anda. Peranan ini sangatlah penting, guna membantu Anda mempelajari kebutuhan pasar dan memantau sejauh mana perkembangan bisnis para kompetitor Anda.
Untuk mengoptimalkan strategi tersebut, berikut ini adalah beberapa tips pemasaran yang bisa Anda coba untuk menjaga loyalitas konsumen.
Semoga informasi tips pemasaran bisnis yang kami sampaikan pada pekan ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pemula dalam memasarkan produk-produk unggulannya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.
Sumber gambar :1. https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgvAKl96naavPKAJaungfTh45ZjSvunTsM83hrdZ5zc7nZW_x9nUZ4Zf5KIytqGgumgDElN9K_sb5ilJvU47E8sOIOOje9wVEJLdAD1DOHzbRkBkOo9L21uc5GrZejqTe-wY8BT9g4Zbfw/s320/customer-relationship-management.jpg2. http://blog.uin-malang.ac.id/kudabayor/files/2010/12/CRM.jpg