Pages

Sunday, January 29, 2012

Langkah Awal Berbisnis Kaos Distro

Distribution store atau distro berdiri di Bandung pada tahun 1996. Saat itu, distro menjual t-shirt, merchandise, pernak-pernik, dan kaset album bagi anak band dengan harga tidak terlalu mahal. Pemasarannya pun masih terbatas dari mulut ke mulut sampai akhirnya di pasarkan ke outlet-outlet. Itulah sejarah singkat lahirnya bisnis kaos distro.

Usaha Kaos Distro

Membangun sebuah usaha memang harus ditunjang dengan kejelian dan kreativitas. Usaha yang kita pilih harus sesuai dengan minat dan kemampuan, salah satu pilihan yang bisa dicoba adalah bisnis kaos. Para pelaku usaha, menganggap bisnis ini adalah salah satu alternatif berwirausaha karena banyak diminati dan prospeknya cukup baik.

Pemasaran bisnis ini biasanya ditujukan untuk kalangan anak muda. Lifestyle dan gaya hidupnya cenderung menjadikan kaos sebagai atribut atau identifikasi dari ekspresi diri anak muda.

Inilah yang menjadikan bisnis kaos distro semakin dilirik banyak pelaku usaha. Cara pemasarannya tidak hanya dilakukan di distro-distro, tetapi sudah banyak yang men-display di toko online.

Langkah Awal Bisnis Kaos Distro

Bagi Anda yang akan memulai usaha, memilih usaha kaos distro adalah pilihan yang cukup menjanjikan. Lalu, bagaimanakah langkah awal memulainya?

1. Modal Awal

Modal adalah salah satu elemen penting ketika seseorang memulai usaha baru, apalagi orang yang baru mulai terjun atau belum ada pengalaman. Hal ini memang tidak bisa dipungkiri, tetapi percayalah bahwa itu semua hanya alasan.

Mulailah usaha kaos distro dengan modal yang kita miliki. Bangunlah bisnis ini sesuai dengan kemampuan. Cara ini dipandang lebih baik daripada menargetkan sesuatu yang tinggi, tetapi malah tidak pernah tercapai karena kurang modal.

2. Target Pasar

Jika sudah mengetahui jumlah modal yang dibutuhkan, tentukanlah target pasar yang akan kita jadikan sasaran. Cobalah ‘bermain’ di tingkat nichle terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar lebih terbidik dan terjangkau pasar yang diinginkan. Terlebih, jika modal yang dimiliki cukup kecil pada saat memulainya.

3. Perencanaan Produksi

Hal-hal yang harus dirancang agar produk dapat disiapkan lebih matang adalah desain kaos, produksi, modal produksi, dan distribusi. Dalam hal ini, para pelaku usaha bisa saja menjalin kerja sama. Joint venture adalah salah satu solusinya.

4. Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran adalah elemen yang terpenting dalam setiap usaha, termasuk usaha kaos distro. Jangan pernah putus asa dan berhenti memperdalam strategi pemasaran karena ini adalah ujung tombak kelangsungan usaha.

Lakukanlah analisa perilaku konsumen, ciptakan penawaran-penawaran menarik, dan hal-hal kreatif lainnya. Saran lainnya adalah lebih fokus pada pemasaran online karena sifatnya massal. Low cost high impact.

5. Evaluasi Berkala

Proses evaluasi sama halnya dengan pembelajaran yang tiada henti. Inilah prinsip dari para pengusaha sukses. Evaluasi ini bertujuan memecahkan sebuah masalah dengan cara mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi.

Cara memulai usaha kaos distro tidaklah sesulit yang dibayangkan, hanya dibutuhkan kesabaran, keuletan, kerja keras, dan jaringan pertemanan yang luas. Setiap pelaku usaha pasti ingin meraih keberhasilan dan mendapatkan keuntungan besar, termasuk para pelaku usaha kaos distro. Salah satu cara untuk mencapainya adalah harus mengetahui tren yang digandrungi anak muda. Selain itu, kualitas bahan serta desain yang unik harus tetap dijaga dan dikembangkan.



View the original article here



Peliculas Online

Popular Posts

 
Copyright (c) 2010 usaha-aku.blogspot.com. Design by WPThemes Expert

Themes By Buy My Themes, Gifts for GirlFriend And Skull Belt Buckles.