Pages

Monday, January 30, 2012

Buka Toko, dan Warna-Warni Merintis Usaha

Setiap pengusaha yang baru merintis usaha, tentu tau betapa sulitnya membuka toko. Sulit membuka toko karena minimnya modal, sulit karena mencari tempat strategis, sulit karena tidak memiliki rekanan bisnis. Ingat, waktu yang tepat, modal yang sesuai, dan teman yang sesuai, terkadang tidak berkumpul dalam satu waktu. Dan semua rangkaian kesulitan tersebut bisa saja menyebabkan seseorang tidak pernah memulai sebuah usaha meskipun bermodal kecil atau dimodali orang lain.

Misalkan, kita sulit karena tidak ada modal, cari modal. Sulit tidak ada tempat, cari tempat. Prinsipnya sederhana, tetapi tidak sesederhana itu. Makanya, kesulitan sebenarnya juga peluang sekaligus pengingat untuk memulai sebuah usaha. Satu hal lagi, mental ragu-ragu untuk memulai membuka toko baru. Selalu merasa dihantui perasaan, mau buka toko ini, sepertinya orang sudah buka. Terus saja berpikir seperti itu, sampai-sampai batal buka toko.

Toko - Ragam Usaha dengan Buka Toko

Penyakit pemula dalam merintis usaha dan membuka toko adalah apabila gagal. Jika gagal buka toko ia merasa gagal seterusnya dan terlalu sering menyalahkan dan menumpahkan kekesalan kepada keadaan-situasi dan orang lain.

Ketahuilah, semua toko-toko besar pada mulanya adalah toko kecil. Kemudian berkembang lantaran tingginya permintaan. Sebut saja toko roti Kartika Sari di Bandung, toko kue dan roti ini khusus ada di Bandung, dan tidak ada di cabang lain, walaupun di Jakarta. Toko kue dan roti Kartika Sari memiliki pandangan, agar ada ciri khas oleh-oleh dari Bandung. Kalau ada di tempat lain, itu bukan oleh-oleh lagi namanya.  

Lain toko Kartika Sari, lain toko Kemfood. Di toko Kemfood, terkenal harga kangkung yang selangit, 1 ikat dijual Rp10.000,-, bayangkan itu perbandingannya dengan harga pasar tradisional. Customer gerai toko Kemfood umumnya orang-orang asing. Ketika dijual dengan harga rendah, kangkungnya malah tidak laku. Karena, dianggap di toko gerai Kemfood kangkung tidak mutu.

Istilah toko sebenarnya dapat kita serupakan dengan istilah warung, kedai. Dalam skala yang lebih besar toko disebutnya grosir, store, gerai. Toko bisa juga tempat usaha, niaga, berdagang. Ada produksi, ada distribusi, dan ada negosiasi jual beli. 

Berapa Modal Buka Toko

Pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh pemula adalah berapakah modal yang dibutuhkan untuk membuka toko? Timbul pertanyaan susulan, sekurang-kurangnya Anda mau menjual apa? Sebab, produk yang sama belum tentu bagi semua orang sama. Contoh, saya mau membuka grosir khusus air mineral galon dan AMDK, air minum dalam kemasan serta menjual gas. Hanya 2 item itu. Air mineral berbagai merek, dan gas 3 kg, 20 kg.

Sistem yang dijalankan adalah pelanggan dan antar jemput. Tinggal SMS dan angkat telepon. Pesanan siap diantar ke rumah. Harga lebih murah dari toko-toko pada umumnya. Modal 10 juta cukup bagi saya dengan rincian 30 galon air mineral dan 30 tabung gas. Bagi orang lain belum tentu. Karena, mungkin ingin berdagang yang lain seperti beras misalnya. Jadi, kalau begitu semua kembali ke pertanyaan, di toko Anda, Anda mau menjual apa?

Ada yang cocok berbisnis offline dan ada pula yang online. Tentu saja, keduanya memiliki tantangan tersendiri. Menurut hasil survei, memang bisnis online jauh lebih murah. Sebab, tidak harus membuka toko konvensional, menyewa penjaga, tidak perlu gudang tersendiri, bayar tagihan listrik khusus toko. Apa pun yang Anda jual di toko offline, dapat Anda menjualnya di toko online

Macam-Macam Toko

Jenis toko tentu banyak sekali. Ada yang berdagang di emperan jalan, membuka gerai, punya lapak tersendiri. Pendek kata, yang punya toko maupun yang jualan di kaki lima terkadang menjual produk yang sama. Tidak ada jaminan barang yang di luar toko lebih murah daripada yang di dalam toko. Berikut ini adalah 1001 macam-macam toko yang ada:

  • Toko online
  • Toko baju
  • Toko hp
  • Toko elektronik
  • Toko bagus
  • Toko komputer
  • Toko hewan peliharaan
  • Toko alat-alat musik
  • Toko anak-anak dan bayi
  • Toko buku
  • Toko film
  • Toko fotografi
  • Toko games
  • Toko handicrafts
  • Toko jam dan perhiasan
  • Toko kesehatan dan kecantikan
  • Toko konstruksi dan taman
  • Toko makanan dan minuman
  • Toko mobil,  aksesoris
  • Toko onderdil
  • Toko motor dan sekuter
  • Toko olahraga
  • Toko perlengkapan rumah
  • Toko barang seni dan antik
  • Toko sepeda dan aksesoris
  • Toko tv dan audio
  • Toko mobil bekas
  • Toko komputer dan laptop            

Membuka Toko Online Sederhana

Mengelola atau memulai bisnis toko online sangat mudah. Anda bisa ikuti langkah-langkah berikut:

  • Siapkan produk, lengkap beserta foto. Foto harus diedit terlebih dahulu agar ukuran filenya kecil sehingga tidak aksesnya mudah-upload.
  • Memasukkan ke database. Posting data.
  • Anda bisa memilih produk-produk apa saja yang mau dimasukkan dalam kategori unggulan.
  • Pemasaran. Target marketing Anda harus jelas. Bidikan ini perlu sekali supaya Anda fokus.
  • Sebagus-bagusnya tampilan website Anda, bila isi konten tidak unik, tidak atraktif menarik. Website Anda akan sepi pengunjung.

Toko online menghasilkan uang seperti halnya toko offline. Anda pemesan, uang ditransfer barang dikirim. Saat ini, kalau kita bicara soal toko online. Tentulah Tokobagus.com ratingnya yang paling tinggi. Perusahaan ini mengusung taglines, jual-beli secara aman. Di toko bagus ini produk apa saja dijual. Anda pikir kantor Tokobagus.com itu sebesar apa hingga dapat menampung banyak item. Tidak! Seluruh barang-barang ada di tempatnya masing-masing, Tokobagus.com hanya memfasilitasi terjadinya negosiasi dan transaksi secara aman dan mudah. 

Kelebihan jualan di toko online adalah tidak membutuhkan ruang dan waktu khusus. Anda bisa mengawasi dan mengendalikan bisnis toko online dari laptop atau segenggam smarphone atau hp pintar berbasis Android dan Windows-keluaran Nokia terbaru. 

Saran Terbaik Memulai Toko Online

Khusus untuk memulai bisnis online apalagi bertekad membuka toko online. Belajarlah kepada guru marketing terbaik di Indonesia Anneahira.com. Di sini, Anda akan diajarkan langkah demi langkah, tahap demi tahap. Guru Ahira ini orangnya unik, ia seorang perempuan, ia ibu bagi buah hatinya, dan istri bagi suaminya, ia bukan selebritis infotaiment, ia memiliki banyak murid. Kalau Anda membaca statusnya di Fb, ia humoris, ia smart. Dan tentu saja di jagad maya, jika kita ketik nama beliau di mesin pencari Google, ada sekitar jutaan lebih yang mencarinya. 

Pendek kata, membuka toko itu berarti menumbuhkan kepercayaan. Kata Santosa Mulia, dalam bukunya, Menerjang Rasa Takut, produk yang kita jual, itu prinsipnya mengikuti persepsi dan reputasi. Bisnis dimulai dari itu semua. 

Anda tau Bob Sadino? Pria gaek ini adalah seorang pengusaha nyentrik. Selalu bercelana pendek, dan baju putih tanpa dijahit. Setiap diundang seminar, pertanyaan peserta hampir sama. Kenapa om Bob suka bercelana jeans pendek dan bagaimana cara memulai usaha supaya bisa sukses. Apa jawaban, om Bob Sadino?,dia menjawab, “kalian harusnya jangan mempedulikan celana pendek saya. Lebih baik kalian menghawatirkan apa yang ada di dalam celana pendek saya”.

Kontan saja peserta seminar pada tertawa. Lalu om Bob melanjutkan, ia memanggil anggota seminar, menyuruhnya berjalan ke depan, ke hadapannya, “Memulai usaha seperti itu melangkah saja, jangan terlalu banyak mikir, nanti malah tidak jadi. Belajar sambil latihan. Gagal berusaha lagi”, lanjutnya. Jadi kembali lagi ke topik kita kali ini, kapan Anda akan membuka toko?



Sumber artikel...

»»  Selengkapnya...

Pentingnya Seminar Wirausaha

Wirausaha adalah salah satu jenis aktivitas yang kini sedang menjadi primadona di masyarakat. Hal ini terkait dengan kondisi yang terjadi di tengah lingkungan, sehingga mengubah paradigma yang sebelumnya terbangun. Sebelum tahun 2000, banyak masyarakat yang beranggapan bahwa usai menempuh jenjang pendidikan, maka jalan yang harus dipilih adalah dengan bekerja atau mencari pekerjaan.

Namun, seiring perkembangan sektor ekonomi yang lesu di tengah krisis yang melanda dunia, hal ini berdampak pada makin minimnya lapangan pekerjaan yang tersedia. Angka pengangguran pun semakin meningkat, dan harga kebutuhan pokok pun semakin meningkat.

Hal itu diperparah dengan makin banyaknya perusahaan yang memberlakukan kebijakan rasionalisasi perusahaan. Salah satunya dengan mengurangi jumlah karyawan melalui program pensiun dini. Hal ini terjadi baik pada perusahaan daerah, nasional maupun multinasional. Mengingat, dampak krisis ekonomi yang terjadi secara merata memiliki efek domino yang menyerang segala sektor.

Di sisi lain, manisnya prospek yang dijanjikan para pelaku wirausaha menjadikan banyak orang mulai mengubah pandangan. Semula, wirausaha hanya dianggap sebagai kegiatan ekonomi kelas pinggiran. Namun, dengan bukti bahwa keuntungan yang bisa didapatkan dari aktivitas ini demikian menjanjikan, akhirnya sektor ekonomi ini mulai banyak diminati masyarakat.

Kesadaran untuk memilih sektor wirausaha sebagai pegangan hidup pun semakin meningkat. Bahkan, dunia pendidikan pun mulai mengenalkan dunia wirausaha kepada peserta didik sejak usia dini. Hal ini sudah bisa terlihat dampaknya pada saat ini. Dimana mulai banyak ditemukan pengusaha muda yang sudah berani terjun ke dunia wirausaha sejak masih duduk di bangku sekolah.

Seminar Wirausaha

Selain melalui dunia pendidikan, kampanye dunia wirausaha pun mulai banyak dilakukan melalui berbagai seminar wirausaha. Hal ini sangat efektif dalam menggugah kesadaran masyarakat untuk mulai memanfaatkan potensi yang ada pada diri mereka serta lingkungan. Dan, bukan hanya bergantung dengan menjadi seorang pencari kerja atau bekerja demi keuntungan orang lain semata.

Biasanya, dalam seminar wirausaha tersebut akan diisi oleh seorang wirausahawan yang memiliki kisah unik dan menarik aktivitasnya dalam dunia wirausaha. Selain itu, ada pula seorang motivator yang bertugas menggugah semangat serta membakar keyakinan para peserta seminar untuk berani terjun ke dunia wirausaha.

Di sisi lain, ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan mengikuti kegiatan seminar wirausaha ini. Diantaranya adalah :

  1. Dalam seminar, kita bisa mengetahui beberapa jenis wirausaha yang memiliki prospek cerah dan menguntungkan. Hal ini penting diketahui agar kita tidak salah dalam memilih jenis usaha yang hendak dijalankan.

  2. Melalui seminar wirausaha, kita bisa berbagi pengalaman serta mendapatkan pengetahuan baru. Terutama dalam mengatasi beberapa permasalahan yang ditemui dalam kegiatan wirausaha tersebut.

  3. Menjalin kerjasama dengan pihak lain. Dalam wirausaha, kerjasama dengan pengusaha lain merupakan hal penting. Mengingat hal ini bisa menjadi jembatan untuk mengembangkan bisnis yang kita jalankan dan menjalin sebuah jalinan usaha.

  4. Meningkatkan motivasi. Ada kalanya, seorang yang baru memulai dunia wirausaha kehilangan semangat ketika usaha yang dijalankan tidak berjalan sebagaimana harapan. Dengan mengikuti seminar wirausaha inilah, seseorang bisa diberikan suntikan semangat dan diberikan solusi atas masalah yang dihadapinya. 


Sumber artikel...

»»  Selengkapnya...

Tips Memulai Usaha Bisnis

Usaha sendiri atau wiraswasta kini menjadi salah satu pilihan masyarakat Indonesia untuk mendapatkan penghasilan. Banyak orang yang menggeluti bidang bisnis, baik sebagai usaha sampingan di luar pekerjaan utama mereka atau juga menjadikannya sebagai sumber penghasilan utama.

Alasannya adalah karena lapangan pekerjaan formal kini semakin sulit dicari seiring terjadinya krisis ekonomi dunia. Selain itu, banyaknya orang yang berhasil meraih kesuksesan melebihi mereka yang bekerja di sektor formal menjadi pemicu semangat bagi orang untuk melirik bidang usaha non formal.

Salah satu sektor industri yang banyak berkembang adalah usaha di bidang kuliner atau makanan. Sektor usaha ini banyak dilirik oleh para pengusaha muda karena beberapa pertimbangan. Salah satunya adalah adanya kondisi bahwa kebutuhan akan pangan merupakan kebutuhan pokok manusia. alasan kedua adalah bahwa margin keuntungan yang bisa diraup dari bisnis kuliner tidak memiliki batasan dan menjadi hak mutlak para pengusaha.

Sektor lain yang juga banyak dikembangkan pada saat ini adalah sektor wisata dan hiburan. Hal ini disebabkan perkembangan sektor transportasi yang kian memudahkan masyarakat untuk bepergian. Margin keuntungan yang didapatkan pun sama seperti sektor usaha kuliner, yaitu tidak ada batasan. Hanya saja biasanya sektor usaha wisata ini membutuhkan investasi yang tidak sedikit. Berbeda dengan usaha kuliner yang tidak terlalu banyak membutuhkan modal untuk memulai usaha.


Tips Memulai Usaha Bisnis

Meski pun sektor usaha memiliki prospek cerah dan harapan keuntungan yang besar, namun banyak orang yang masih merasa takut untuk terjun ke dalam dunia tersebut. Banyak alasan yang dikemukakan, salah satunya adalah kendala modal. Padahal, dengan mengetahui sistem bisnis yang baik seseorang bisa memulai bisnis dengan modal terbatas. Yang paling diperlukan dalam memulai usaha bisnis adalah keberanian.

Setelah keberanian untuk memulai usaha itu bisa dimunculkan, langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah mulai memperhitungkan segala kemungkinan. Termasuk di antaranya adalah perhitungan akan resiko. Bagi sebagian orang, resiko termasuk hal yang menakutkan. Namun bagi sebagian orang lagi, resiko justru menjadi sebuah hal yang bisa menjadikan seseorang lebih waspada dalam melakukan bisnis mereka. Ini penting untuk menghindarkan diri dari kemungkinan yang sangat tidak diinginkan.

Selain itu ada beberapa tips yang bisa digunakan agar kita tidak salah langkah dalam menjalankan sebuah usaha bisnis. Di antaranya adalah :

  1. Jalankan usaha bisnis yang bisa kita jual. Bukan sekedar menjalankan bisnis yang bisa kita buat.

  2. Jalin kerjasama dengan pihak pemodal yang memiliki kelebihan dana dan yakinkan agar bersedia menanamkan investasi pada bisnis yang kita jalankan.

  3. Fokus. Jalankan bisnis dengan konsep fokus pada satu bidang. Dengan cara ini, kita akan bisa sepenuhnya menguasai bidang yang kita jalankan dan memiliki kompetensi di bidang tersebut.

  4. Berpikir selangkah di depan. Jangan memulai sebuah bisnis hanya karena melihat bisnis tersebut pada saat ini sedang ramai. Jalankan bisnis yang belum banyak orang memulainya, sehingga kita bisa memiliki kesempatan untuk meraih pelanggan sebelum banyak pesaing muncul.

  5. Kedepankan pelayanan. Banyak orang gagal dalam berbisnis karena tidak memperhatikan pelayanan. Meski produk yang kita jual banyak disukai, namun apabila kita tidak ramah dalam melayani pelanggan niscaya pelanggan akan meninggalkan kita.


Sumber artikel...

»»  Selengkapnya...

Pentingnya Artikel Wirausaha

Ketika krisis ekonomi melanda dunia, banyak orang mencoba peruntungan mereka masuk ke dunia wirausaha. Hal ini didorong dengan berbagai kisah sukses yang diraih para pengusaha yang banyak tersebut dalam beragam artikel wirausaha. Kesuksesan tersebut yang kemudian menjadi inspirasi bagi sebagian kalangan, bahwa dunia wirausaha pun memiliki prospek yang sama cerahnya dengan dunia kerja.

Di dalam artikel wirausaha tersebut, selain banyak menceritakan kisah sukses para pengusaha juga memberikan beberapa info penting lainnya. Seperti informasi mengenai jenis wirausaha apa yang sedang menjadi tren di tengah masyarakat atau juga mengenai beberapa jenis wirausaha yang akan berkembang dalam beberapa waktu mendatang.

Di sisi lain, dalam artikel wirausaha juga banyak memberikan beberapa gambaran bisnis yang sudah dijalankan oleh beberapa pengusaha. Di sini akan disajikan mengenai gambaran perkembangan sebuah sektor usaha dari berbagai sudut pandang bisnis. Sehingga hal ini bisa memberikan sebuah gambaran yang lebih mendalam bagi mereka yang hendak masuk ke dunia wirausaha.

 

Sudut Pandang Wirausaha

 

Seseorang yang hendak masuk ke dalam dunia wirausaha, tidak cukup hanya bermodal keberanian dan dukungan finansial yang kuat semata. Bahwa kedua hal tersebut merupakan salah satu modal utama dalam dunia wirausaha, adalah benar. Namun perlu juga diingat, bahwa kedua hal tersebut bukan merupakan satu-satunya hal yang menentukan keberhasilan seseorang dalam dunia wirausaha.

Sebab, selain kedua hal tersebut masih ada beberapa faktor lain yang bisa menjadi faktor penentu keberhasilan seseorang menjalankan aktivitas berwirausaha mereka. Hal ini pula yang kerap disampaikan dalam artikel mengenai kisah nyata tentang kesuksesan seseorang.

Salah satu tokoh yang kerap diceritakan memulai usaha bisnis dari nol adalah Bob Sadino. Tokoh yang dikenal karena hobinya bercelana pendek dalam berbagai acara ini, memulai kisah suksesnya hanya dari enam butir telur ayam kampung. Dari enam butir telur ayam kampung yang dijajakannya berkeliling dari rumah ke rumah inilah, yang kemudian menjadi modal awal keberhasilannya mendirikan kerajaan bisnis di Indonesia.

Hal tersebut menjadi bukti, bahwa dukungan finansial bukanlah penentu utama proses keberhasilan dalam berwirausaha. Masih ada beberapa faktor lain yang bisa menjadi penentu keberhasilan seseorang dalam menjalankan aktivitas wirausaha mereka. Dan inilah yang perlu dikemukakan, agar semua orang memiliki keberanian dan kemauan untuk menjadi seorang wirausahawan. Dan bukan sekadar memelihara paradigma lama, untuk menjadi seorang pegawai setelah mereka menyelesaikan dunia pendidikan.

Beberapa pertimbangan yang perlu dilakukan oleh seseorang dalam memilih jenis wirausaha yang akan digeluti diantaranya adalah :

  • Faktor Pasar

Faktor pasar di sini adalah peluang dan ketersediaan pasar. Apakah pada nantinya, usaha yang kita jalankan bisa diterima oleh pasar atau tidak. Selain itu, perlu juga dipertimbangkan mengenai bagaimanakah selera pasar terhadap produk sejenis yang sudah ada sebelumnya. Sehingga kita bisa mencipakan produk yang berbeda dari produk yang sudah ada sebelumnya. Tentunya dengan melakukan perubahan pada produk sehingga mampu mengikuti selera pasar agar bisa diterima oleh konsumen.

  • Faktor Persaingan

Dalam artikel wirausaha banyak menyebutkan pilihan jenis wirausaha yang sudah ada di tengah masyarakat. Dengan demikian, kita akan mengetahui jenis wirausaha apa yang sudah memiliki banyak pesaing, dan mana yang belum banyak pesaingnya.

Sebuah pilihan usaha yang banyak terdapat pesaing, biasanya memiliki resiko lebih tinggi terhadap kegagalan. Meski demikian, bukan berarti bisnis yang didalamnya penuh dengan persaingan tidak layak untuk dipilih. Apabila kita bisa memberikan kompetensi atau keunggulan daripada produk yang diciptakan oleh pesaing, bukan tidak mungkin kitalah yang akan menjadi pemenang dalam proses persaingan bisnis tersebut.

  • Faktor Permodalan

Dalam menjalankan sebuah aktivitas wirausaha, kita harus menghitung dengan cermat masalah keuangan. Hal ini guna menentukan sistem keuangan yang akan dipilih, terutama dalam masalah penyiapan modal.

Dalam pilihan ini, ada tiga jenis permodalan yang bisa ditempuh. Yang pertama adalah modal sepenuhnya berasal dari dana pribadi. Pilihan kedua, modal berasal dari gabungan dua pihak atau lebih. Dan ketiga, modal sepenuhnya berasal dari pihak luar.

Untuk menentukan pilihan jenis permodalan yang akan dipilih, salah satunya dengan menggunakan analisa resiko. Semakin besar resiko dari sebuah bisnis yang akan dijalankan, maka sebaiknya semakin kecil modal sendiri yang ditanamkan. Dengan demikian, kita akan meminimalisir tingkat resiko yang akan kita dapatkan.

Sebaliknya, semakin kecil peluang resiko dan semakin besar peluang keuntungan, maka pilihan modal adalah menggunakan modal sendiri dalam porsi yang lebih besar. Dan jika memungkinkan, kebutuhan modal secara keseluruhan menggunakan milik pribadi. Dengan demikian, kita tidak perlu berbagi keuntungan dengan pihak lain pada nantinya.

  • Faktor Produksi

Faktor produksi yang dimaksud disini adalah segala hal yang berkaitan dengan komponen pendukung kegiatan wirausaha yang akan dijalankan. Di antaranya adalah bahan baku, tenaga kerja dan juga pemenuhan perlengkapan pendukungnya.

Banyak aktivitas usaha yang didirikan dengan mendekati lokasi faktor produksi. Hal ini dilakukan guna menghemat biaya produksi untuk mengangkut faktor produksi ke tempat usaha. Namun, hal ini hanya bisa dilakukan apabila keseluruhan faktor produksi berada pada satu lokasi yang sama.

Sementara, apabila faktor lokasi berada dalam lokasi yang berbeda tentu akan menimbulkan kesulitan tersendiri. Untuk itu ada dua alternatif yang bisa dilakukan. Alternatif pertama adalah menempatkan lokasi usaha berada di tengah-tengah semua faktor produksi. Alternatif kedua adalah memilih lokasi usaha pada faktor produksi yang paling dominan, seperti mendekati lokasi bahan baku, tenaga kerja atau juga mendekati konsumen.

 

Kreatif

Salah satu kunci penting dalam mencapai keberhasilan di bidang wirausaha adalah kreativitas. Tanpa adanya kreativitas yang tinggi, maka seseorang hanya akan menjadi seorang yang terbawa arus saja tanpa pernah mampu menjadi diri mereka sendiri.

Kisah kisah para pengusaha sukses, selalu saja diwarnai dengan imajinasi mereka yang menciptakan kreativitas yang tidak pernah terpikirkan oleh orang lain. Akibatnya, mereka mampu menciptakan sesuatu hal yang baru yang pada akhirnya menjadi sebuah tren baru di tengah masyarakat.

Lalu bagaimana menciptakan kreativitas? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memunculkan kreativitas. Yang pertama adalah dengan memperluas wawasan dalam melihat segala hal baru yang ada di sekitar kita. Dengan demikian, kita akan terbiasa untuk berpikir tentang segala sesuatu yang berbeda yang belum pernah ada sebelumnya.

Selain itu proses kreatif bisa digali dengan cara memupuk keberanian untuk berani mewujudkan semua pemikiran yang ada di otak kita. Tanpa ada keberanian, semua ide dan gagasan yang mungkin sebenarnya brilian hanya akan tersimpan dalam otak kita saja. Dan ini adalah masalah klasik yang banyak dihadapi oleh para wirausahawan kita sekarang ini.

Oleh karena itu, kita perlu menumbuhkan keberanian tersebut. jangan takut pada komentar orang lain yang menertawakan ide kita. Namun jadikanlah tertawaan tersebut sebagai semangat untuk membuktikan bahwa ide kita tidak salah.



Sumber artikel...

»»  Selengkapnya...

Mengenal Pengantar Bisnis

Pengantar bisnis adalah salah satu bagian ilmu yang harus dikenali oleh para calon wirausahawan sebelum mereka masuk ke dunia usaha. Pengetahuan ini menjadi salah satu materi dasar yang diperkenalkan kepada mahasiswa yang mengambil jurusan ilmu manajemen.

Di dalam materi pengantar bisnis, seseorang akan diperkenalkan tentang konsep-konsep dasar dalam manajemen. Mengingat salah satu kunci untuk bisa menjadi seorang wirausahawan yang sukses adalah memahami tentang konsep manajemen yang baik. Sehingga pada nantinya bisnis yang mereka jalankan bisa berjalan dengan tertib, dan memiliki visi serta misi yang jelas dalam proses pengembangannya.

 

Pilihan Wirausaha

Dunia wirausaha yang sekarang sedang banyak digeluti adalah bidang kuliner. Banyak pengusaha muda yang tertarik mengembangkan bisnis ini karena keuntungan yang dihasilkan lebih menjanjikan. Diantaranya adalah margin keuntungan dari bisnis kuliner yang bisa mencapai 100 persen dari modal biaya.

Selain itu, dalam sebuah bisnis kuliner tidak ada aturan yang mewajibkan seorang pengusaha harus menjual produk mereka dalam batasan harga yang ditentukan. Seperti harga semangkuk bakso. Tidak ada kewajiban dari semua pedagang bakso untuk menjual semangkuk bakso mereka dengan harga yang sama. Semua pedagang memiliki hak untuk menjual bakso mereka dengan harga yang mereka inginkan.

Inilah yang membedakan dengan bisnis di bidang lain. Seperti bisnis bahan bangunan, dimana harga untuk satu kantung semen harga jualnya tidak bisa melebihi harga jual yang sudah dipatok pemerintah. Selain itu, apabila ada selisih harga dengan pedagang lain, maka konsumen akan beralih membeli ke tempat yang menjual dengan harga lebih murah.

Mengapa dalam kasus harga semangkuk bakso dan harga satu kantung semen berbeda? Hal ini disebabkan dalam kasus semangkuk bakso, produk yang dijual tidak memiliki standarisasi sebagai patokan. Dari sisi regulasi pun, tidak terdapat konsensus yang mengatur tentang harga jual bakso. Dari sudut pandang konsumen, nilai yang mereka bayar bukan sekadar ditentukan pada produk yang mereka konsumsi yaitu semangkuk bakso.

Namun, sebagai sebuah produk yang sudut kepuasannya absurd, maka konsumen akan memiliki kemauan untuk membayar sebuah produk dengan harga lebih tinggi selama produk tersebut mampu memuaskan mereka. Dalam hal ini, seorang konsumen tentu akan rela membayar harga bakso di sebuah hotel dengan harga berlipat ganda daripada semangkuk bakso yang dijual di kaki lima. Sebab, dengan menyantap bakso di sebuah hotel, akan memberikan nilai lebih bagi si konsumen dari sisi gengsi daripada jika mereka makan bakso yang sama di pinggir jalan.

Lalu bagaimana harga sekantung semen yang tidak bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi? Selain masalah regulasi pemerintah, persepsi masyarakat tentang semen adalah sama. Baik itu semen yang dijual di sebuah supermarket maupun semen yang dijual di toko bangunan kecil pinggir jalan. Tidak ada nilai lebih yang bisa didapatkan dengan membeli semen di supermarket dibandingkan dengan membeli semen di toko bangunan.

Oleh karena itu, konsumen akan cenderung memilih toko yang menjual semen lebih murah, karena tidak ada perbedaan nilai yang bisa didapatkan dengan membeli semen di lokasi tertentu. Selain itu, pada dasarnya kualitas semen adalah sama. Dengan demikian, bisa dikatakan harga jual semen adalah harga yang memiliki unsur sensitivitas di kalangan konsumen. Sehingga, konsumen akan rela mengorbankan waktunya untuk membeli semen di tempat yang lebih jauh hanya untuk mendapatkan selisih beberapa ratus rupiah saja.

 

Kegagalan Bisnis

 Kegagalan bisnis merupakan resiko yang akan dihadapai oleh semua orang yang memutuskan terjun ke dalam dunia wirausaha. Selain faktor takdir, kegalan bisnis bisa disebabkan kurangnya pemahaman tentang pedoman yang diajarkan pada teori pengantar bisnis.

Melaksanakan teori yang diajarkan dalam pengantar bisnis, memang bukan jaminan sebuah bisnis bisa memperoleh keberhasilan. Namun paling tidak pedoman tersebut akan meminimalisir resiko yang akan dihadapi oleh seorang wirausahawan. Sehingga, apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, bisa cepat diketahui serta dicarikan jalan keluarnya.

Beberapa hal yang kerap menjadikan kegagalan dalam memulai sebuah bisnis di antaranya adalah :

  • Kesalahan dalam pemilihan lokasi. Dalam memilih lokasi sebuah usaha, selain harus mempertimbangkan jenis usaha yang akan dibuka, perlu juga mempertimbangkan masalah kepadatan. Usaha yang kita jalankan, bisa tidak diketahui oleh masyarakat jika dibuka pada tempat yang terlalu padat. Sehingga perhatian masyarakat pada tempat usaha kita menjadi sangat minimalis.

Demikian juga, membuka sebuah usaha di tempat yang berada di kawasan jalur cepat lalu lintas juga tidak efektif. Sebab, perhatian pengguna jalan akan lebih terfokus pada konsentrasi di jalan raya daripada harus melihat ke pinggir jalan. Lebih baik, buka usaha di pinggir jalan yang bukan termasuk sebagai wilayah jalur cepat berkendara. Misalnya di jalan komplek perumahan atau di jalan kabupaten.

  • Menjalankan bisnis di tengah lautan berdarah. Maknanya adalah, bisnis yang kita jalankan sudah memiliki banyak pesaing. Dimana dalam proses persaingan tersebut sudah menggunakan strategi yang kurang sehat dan berpotensi untuk menciptakan kehancuran. Seperti strategi harga murah yang bisa berdampak pada tipisnya margin keuntungan yang tidak sesuai dengan biaya modal yang dikeluarkan.
  • Kurang fokus. Bisnis yang dijalankan secara tidak fokus akan berdampak pada proses pelaksanaan yang hanya berjalan setengah. Akibatnya, tidak ada nilai kompetensi yang ditawarkan pada konsumen. Hal ini menjadikan konsumen kurang mendapatkan nilai lebih pada saat mengkonsumsi produk yang Anda jual.
  • Kurang selaras dengan budaya lokal. Salah satu contohnya adalah menjual produk yang tidak sesuai dengan keyakinan yang dianut oleh konsumen di sekitar kita membuka usaha. Misalnya, warung makan yang menjual bahan yang diharamkan di tengah pemukiman yang mayoritas penduduknya beragama Islam.


Sumber artikel...

»»  Selengkapnya...

Manajemen Bisnis Modern dan Islam

Manajemen bisnis merupakan sebuah dasar yang perlu diketahui dan dipahami serta dijalankan oleh setiap pihak yang hendak menjalankan kegiatan bisnis. Karena tanpa memahaminya, maka sebuah usaha yang dijalankan tidak akan berjalan sebagaimana mestinya, serta tidak mencapai hasil yang optimal.

Hal ini karena dalam sebuah bisnis, pemikiran yang perlu dikedepankan bukan sekadar tentang bagaimana menjual sebuah produk sebanyak mungkin. Dan juga tentang bagaimana bisa meraup keuntungan yang sebesar-besarnya. Dalam bahasan manajemen bisnis modern, ada pemikiran yang lebih luas daripada sekadar kedua komponen tersebut.

Dalam manajemen bisnis modern, kita harus mengenal tentang kebutuhan konsumen. Hal ini merupakan hal yang mutlak mengingat dari konsumenlah kita akan bisa mendapatkan keuntungan dari bisnis yang dijalankan. Selain itu, konsumen merupakan komponen penting yang akan menentukan apakah sebuah bisnis bisa terus berjalan secara kontinyu atau hanya berumur sesaat saja.

Manajemen Bisnis Modern

Dalam pemahaman manajemen bisnis modern, ada enam hal pokok yang menjadi sorotan utama untuk dikaji. Kesemuanya memiliki keterkaitan yang saling berhubungan dan tidak bisa dipisahkan satu sama lainnya. Dan apabila kita ingin meraih kesuksesan dari sebuah bisnis, kita harus memahami dan menjalankan keenam komponen tersebut.

Keenam komponen dalam manajemen bisnis modern tersebut diantaranya adalah :  

  • Kepuasan Pelanggan (customer satisfaction)

Pelanggan yang puas merupakan kunci penentu apakah sebuah bisnis bisa berhasil atau tidak. Jika konsumen bisa puas dengan bisnis yang kita tawarkan, mereka bukan hanya akan kembali kepada kita. Melainkan, mereka akan menjadi media promosi yang efektif dengan mengajak orang lain untuk menjadi konsumen kita juga.

  • Pelayanan Yang Unggul (service Excellent)

Sebuah bisnis mungkin bisa ditiru oleh pihak lain. Namun, dengan adanya pelayanan yang baik, akan bisa menjadi pembeda antara produk yang kita tawarkan dengan apa yang ditawarkan oleh pesaing.

  • Kemampuan

Komponen ini menyangkut tentang kapabilitas kita dalam melakukan bisnis. Dengan adanya kemampuan atas bisnis yang dijalankan, merupakan salah satu indikasi bahwa produk yang dihasilkan pun akan berkualitas.  

  • Efisiensi

Efisiensi menyangkut proses yang dijalankan dengan cermat dan meniadakan aktivitas yang dianggap kurang perlu dilakukan.

  • Transparansi/ kejujuran

Dengan adanya kejujuran, akan menimbulkan kepercayaan dari konsumen atas produk yang kita tawarkan. Hal ini merupakan cara untuk menjaga keberlangsungan kerjasama transaksi antara produsen dan konsumen.

  • Persaingan yang Sehat

Persaingan yang sehat akan menyebabkan keberhasilan bagi semua pihak serta menguntungkan konsumen. Jika persaingan dilakukan dengan tidak sehat, yang akan terjadi adalah sikap saling menjatuhkan dan berdampak pada kehancuran dari semua pihak yang bersaing tersebut.

 

Manajemen Islami

Sebagai salah satu agama besar di dunia, Islam sudah menunjukkan sistem bisnis yang menggunakan konsep manajemen bisnis modern. Hal ini sebagaimana yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad yang juga merupakan seorang pebisnis yang sukses.

Dari semua konsep manajemen bisnis modern yang saat ini dikembangkan, pada dasarnya merupakan aplikasi dari apa yang pernah dilakukan Nabi Muhammad pada saat melakukan kegiatan perdagangan. Kunci dari semua konsep tersebut adalah sikap jujur.

Dengan kejujurannya, Nabi Muhammad mampu merangkum semua konsep manajemen bisnis yang ada. Sebab, sikap jujur Nabi mampu membawa konsumen merasa puas, dan percaya dengan produk yang ditawarkan oleh Nabi Muhammad.

Salah satunya, Nabi Muhammad selalu menyampaikan kepada pelanggannya tentang apa saja kelemahan dan kekurangan dari produknya. Selain itu, Nabi Muhammad juga cukup jujur dalam memberikan harga jual atas barang dagangannya. Hal ini menjadikan barang yang dijualnya lebih murah daripada pedagang lain. Serta pelanggan bisa tahu tentang keuntungan serta kerugian jika membeli barang yang didagangkan oleh Nabi Muhammad tersebut.



Sumber artikel...

»»  Selengkapnya...

Tips Usaha Laundry

Usaha laundry termasuk salah satu jenis usaha bisnis yang kini banyak dijadikan pilihan oleh calon wirausahawan. Bisnis ni berkembang demikian pesat, khususnya di wilayah perkotaan yang penduduknya lebih dinamis. Hal ini menyebabkan banyak orang di kota yang tidak sempat lagi mengurusi kebutuhan mereka mencuci baju.

Kondisi inilah yang kemudian dijadikan sebuah peluang bisnis oleh sebagian orang. Mereka menawarkan jasa usaha laundry, sehingga mereka yang memerlukan jasa pelayanan pencucian pakaian bisa terpenuhi kebutuhannya. Apalagi, secara umum banyak masyarakat yang tinggal di kota merasa kesulitan dalam menyelesaikan masalah pencucian pakaian ini.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya. Seperti masalah waktu yang tidak banyak karena tersita untuk menyelesaikan urusan kantor. Selain itu, semakin sulitnya ketersediaan air bersih di wilayah kota, menjadikan banyak orang yang merasa enggan untuk mencuci pakaian mereka dengan air yang kurang bersih. Ketersediaan lahan pun kerap menjadi kendala saat mereka hendak menjemur pakaian. Pun, tingginya angka pencemaran udara tak jarang menjadikan pakaian yang dijemur pun kerap terkena dampak polusi tersebut.

Inilah mengapa banyak orang yang tinggal di kota lebih memilih menyerahkan masalah pencucian pakaian mereka pada usaha laundry. Sebab, selain lebih praktis dan bersih, dengan mencuci pakaian di laundry, maka bisa lebih menghemat karena tidak perlu membayar tenaga pembantu rumah tangga untuk mencucikan pakaian mereka.

Salah satu peluang lain yang bisa didapat dengan membuka usaha laundry adalah para mahasiswa. Terutama jika kita membuka usaha laundry ini di wilayah yang padat oleh mahasiswa yang berasal dari perantauan dan hidup di tempat kost. Mereka merupakan pangsa pasar potensial yang bisa digarap saat ini.

Hal ini terkait dengan gaya hidup mahasiswa pada saat ini yang cenderung enggan merepotkan diri dengan urusan mencuci pakaian mereka. Selain karena dianggap tidak praktis, kehidupan kampus pada saat ini pun cukup menyita waktu para mahasiswa sehingga mereka kerap tidak sempat untuk mencuci pakaian dan memilih menyerahkannya ke jasa laundry.

Tips Usaha Laundry

Dengan kondisi ini, peluang yang terbuka bagi mereka yang ingin membuka usaha laundry cukup besar. Apalagi modal yang dibutuhkan untuk membuka sebuah tempat usaha laundry tidak terlalu besar. Dengan beberapa tips yang tepat, kiranya pilihan untuk membuka sebuah usaha laundry bisa membawa keuntungan yang cukup menjanjikan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuka sebuah usaha laundry. Diantaranya adalah :

  1. Pemilihan lokasi menentukan sebuah proses keberhasilan usaha ini. Lebih baik memilih lokasi usaha laundry ini di kawasan yang padat penghuni, terutama penghuni yang tidak menetap seperti kawasan kost-kost mahasiswa.
  2. Promosi. Promosi ini diperlukan agar konsumen mengetahui bahwa ada sebuah usaha laundry di tempat tersebut. Akan lebih baik jika promosi ini mampu menarik perhatian konsumen atau eye catching.
  3. Sebuah usaha laundry yang paling diutamakan oleh konsumen adalah keharuman pakaian yang dicuci. Oleh karena itu, jangan pelit dalam menaburkan pengharum pakaian, namun harus tetap memperhatikan biaya produksi.
  4. Jangan mengumbar janji. Jangan pernah mengucapkan janji kepada konsumen tentang berapa lama penyelesaian sebuah cucian, jika kita tidak mampu menyelesaikan tepat waktu. Sebab hal itu akan mengundang kekecewaan konsumen.
  5. Berikan layanan antar jemput untuk wilayah tertentu. Hal ini demi memfasilitasi pelanggan yang tidak memiliki waktu untuk datang ke tempat cucian untuk mengantar atau mengambil cucian mereka.


Sumber artikel...

»»  Selengkapnya...

Pinjaman Modal Usaha dari KUR BRI

Sebuah usaha akan berjalan sesuai dengan harapan jika ditopang oleh modal yang kuat dan kinerja maksimal dari pengelolanya. Permasalahan yang sering muncul justru ketika hendak mengawali usaha tersebut. Banyak calon pengusaha baru yang mengalami kendala dan terbentur oleh modal untuk memulai sebuah usaha. Lantas, bagaimana caranya memulai usaha jika modal saja kita tak punya?

Bagi calon pengusaha yang memiliki kendala dalam hal modal usaha, saat ini tak perlu lagi merasa khawatir. Banyak pihak perbankan yang menyediakan pinjaman modal usaha bagi nasabah atau calon pengusaha baru. Salah satu perbankan yang memiliki concern terhadap permasalahan modal bagi para pengusaha kecil dan calon pengusaha lainnya adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Tentang KUR BRI

Ya, BRI memang memiliki komitmen untuk membantu mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia lainnya. Salah satu bentuk komitmen BRI terhadap masyarakat adalah dengan dibukanya sebuah Kredit Usaha Rakyat (KUR), yang tak lain dan tak bukan bertujuan untuk memberikan bantuan kepada masyarakat berupa kredit untuk modal modal usaha bagi koperasi dan UMK.

Pihak BRI sadar bahwa permasalahan pelik yang sering dialami pengusaha kecil adalah masalah permodalan untuk mengembangkan usahanya. Oleh karena itu, pihak BRI sangat berharap bahwa keberadaan KUR ini dapat benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat, koperasi, dan pengusaha kecil untuk mendapatkan modal awal dalam memulai sebuah usaha atau mengembangkan usaha yang sudah dirintis.

Pihak bank biasanya agak sulit untuk memberikan kredit modal usaha bagi kelompok pengusaha kecil yang dianggap belum bankable. Banyak pertimbangan yang harus dipikirkan bank untuk memberikan pinjaman pada kelompok ini, UMK dianggap memiliki risiko cukup tinggi bagi bank yang memberikan pinjaman.

Namun, kemudahan akses untuk mendapatkan kredit modal usaha ini diharapkan akan meningkatkan akses pembiayaan dan dapat mengembangkan UMKM dan koperasi. Selain itu, pemberian KUR ini diharapkan dapat mempercepat pengembangan sektor riil dan pemberdayaan UMKM dan koperasi.

KUR pada dasarnya merupakan modal kerja dan kredit investasi yang telah disediakan secara khusus untuk unit usaha produktif melalui program penjaminan kredit. Setiap calon peminjam, baik perseorangan, koperasi, maupun kelompok UMK, dapat mengakses program KUR ini dengan kredit maksimal 500 juta rupiah.

Tingkat bunga maksimum 16 persen per tahun. Presentase kredit yang dijamin oleh pihak bank biasanya sebesar 70 persen dalam masa pinjaman sekitar 3 sampai 5 tahun. Setidaknya, ada tiga skim yang dapat dilayani oleh KUR ini, yakni sebagai berikut.

1. KUR Ritel

KUR Ritel modal usaha dengan plafond 5 juta rupiah sampai 500 juta rupiah dapat dilayani di semua kantor cabang BRI dan kantor cabang pembantu.

2. KUR Mikro

Untuk KUR Mikro dengan plafond di bawah 5 juta rupiah dapat dilayani oleh BRI unit.

3. KUR Linkage

KUR Linkage, ditujukan untuk BKD, KSP/USP, BMT, LKM lain dapat dilayani di Kantor Cabang dan Kantor Cabang Pembantu. Plafon kredit KUR Linkage ini 5 juta rupiah sampai 500 juta rupiah. Sementara pinjaman maksimal dari LKM ke end user, adalah 5 juta rupiah.

Ketentuan Umum Pengajuan KUR

Berikut ini adalah ketentuan-ketentuan umum bagi para calon pengusaha yang hendak mengajukan pinjaman modal usaha KUR.

  • Calon debitur: iundividu (perorarangan/badan hukum), kelompok, koperasi yang melakukan usaha produktif yang layak.
  • Lama usaha: minimal 6 bulan.
  • Besar kredit: maksimal 500 juta rupiah.
  • Bentuk kredit: KMK menurun–maksimal 3 tahun; KI–maksimal 5 tahun.
  • Suku bunga: efektif maksimal 16 persen.
  • Perijinan: s/d 100 juta rupiah: SIUP, TDP dan SITU arau Surat Keterangan Usaha dari lurah/kepala desa; >100 juta rupiah: Minimal SIUP atau sesuai ketentuan yang berlaku.
  • Legalitas: individu (KTP dan KK); kelompok (surat pengukuhan dari instansi terkait atau surat keterangan dari kepala desa atau kelurahan atau akta notaris); koperasi atau badan usaha lain (sesuai ketentuan yang berlaku).
  • Agunan: pokok (dapat hanya berupa agunan pokok apabila sesuai keyakinan bank); tambahan: Agunan lain, seperti tanah/bangunan/kendaraan (tidak wajib dipenuhi).


Sumber artikel...

»»  Selengkapnya...

Tips Usaha Makanan

Usaha makanan pada saat ini merupakan salah satu jenis usaha yang banyak dilirik oleh para pengusaha. Baik itu jenis makanan yang berat seperti hidangan yang menyajikan makanan pokok, atau sekedar makanan untuk kegiatan selingan. Hal ini berakibat pada saat ini kita tidak akan kesulitan untuk menemukan berbagai jenis makanan yang sesuai dengan selera kita.

Fenomena ini disebabkan beberapa hal. Salah satunya adalah karena jenis usaha makanan ini menjanjikan keuntungan yang sangat besar dengan kebutuhan modal yang kecil. Selain itu, dalam bisnis makanan seperti ini, seorang pengusaha tidak memiliki kewajiban untuk mematok besar keuntungan yang mereka inginkan secara seragam dengan pengusaha lainnya.

Selain tidak adanya regulasi yang mengatur tentang harga jual sebuah makanan, seseorang pun cenderung rela membayar sebuah makanan dengan harga lebih mahal. Dengan catatan makanan yang mereka santap bisa memenuhi selera mereka. Itulah mengapa dalam sebuah usaha makanan, harga sebuah bakso di kaki lima tidak akan sama dengan harga semangkuk bakso yang dijual di sebuah restoran.

Bandingkan dengan usaha lain, seperti toko bangunan misalnya. Seorang pedagang toko bangunan tidak akan mungkin menjual satu kantong semen dengan harga lebih mahal dari toko lainnya. Selain karena memang sudah ada harga acuan, pembeli pun cenderung lebih memilih toko yang berani menjual dengan harga semen lebih murah. Sebab, kualitas semen antara satu toko dengan toko lainnya pastilah sama. Ini yang membedakan dengan sebuah usaha makanan.


Tips Usaha Makanan

Dalam sebuah usaha, tentu harus melalui perhitungan yang cermat. Sebab, tanpa adanya perhitungan bisa jadi justru akan menyebabkan bisnis yang kita jalankan bukan meraup keuntungan, namun merugi. Demikian pula dalam usaha makanan ini, yang walau pun memiliki prospek cerah namun tetap harus melalui pertimbangan matang.

Hal ini diperlukan guna menghindari kerugian yang tidak diinginkan. Selain itu, agar usaha yang dijalankan bisa berjalan dengan efisien serta meraih apa yang diinginkan. Beberapa tips yang bisa dijalankan dalam memulai sebuah usaha makanan diantaranya adalah :

  1. Mengenali lokasi. Hal ini penting untuk menentukan jenis makanan yang hendak dijual. Di wilayah kampus atau perkantoran, sebaiknya menjual makanan pokok seperti warung makan atau restaurant. Sedangkan untuk kawasan wisata, lebih baik menjual makanan khas daerah.
  2. Menjaga kesegaran. Biasanya, banyak pedagang makanan yang melakukan daur ulang masakan yang belum laku pada hari sebelumnya. Hal ini perlu dihindari. Pastikan makanan yang Anda sajikan selalu dalam kondisi baru dan bukan hasil daur ulang masakan.
  3. Kebersihan. Sebuah usaha makanan harus menjaga kebersihan lokasi usahanya. Sebab, dengan kebersihan maka citra sebagai lokasi yang higienis dan sehat bisa terwujudkan.
  4. Unik. Salah satu usaha makanan akan cepat dikenal oleh masyarakat apabila mampu menyajikan menu yang unik dan belum pernah dikenal sebelumnya oleh masyarakat. Sebab, masyarakat pada saat ini cukup mudah tergoda untuk mencoba sebuah menu yang terlihat unik dan baru.
  5. Eye Catching. Sebuah usaha makanan, harus mudah terlihat agar konsumen tahu bahwa di lokasi tersebut ada sebuah tempat makan yang perlu dikunjungi dan dicoba. Salah satunya dengan membuat papan nama yang cukup mencolok.


Sumber artikel...

»»  Selengkapnya...

Tips Wirausaha Modal Kecil

Wirausaha modal kecil merupakan idaman dari semua orang yang hendak terjun ke dunia bisnis. Hal ini khususnya diimpikan oleh mereka yang memiliki keterbatasan modal, namun berniat untuk hidup mandiri tanpa terbelenggu oleh dunia pekerjaan formal.

Minat untuk terjun ke wirausaha modal kecil sangat diminati oleh masyarakat akhir-akhir ini. Ada beberapa alasan mengapa pilihan tersebut kian digemari, bahkan ada yang menjadikannya sebagai salah satu orientasi saat mereka usai menamatkan pendidikannya di bangku sekolah. Kondisi ini jauh berbeda dengan orientasi para pemuda di era 90an, yang bercita-cita untuk bekerja di perusahaan tertentu pasca kelulusan.

Salah satu penyebab pergeseran orientasi ini adalah adanya gejolak ekonomi dunia yang menyebabkan banyak perusahaan besar harus melakukan rasionalisasi pada usaha mereka. Diantaranya dengan membatasi jumlah karyawan yang diaplikasikan dengan pengurangan jumlah tenaga kerja, serta mengurangi perekrutan karyawan baru.

Akibatnya, banyak muncul pengangguran baru di tanah air. Sebagian dari mereka kemudian memilih untuk menciptakan lapangan usaha sendiri dengan memilih wirausaha modal kecil. Fenomena ini khususnya mulai banyak dijumpai sejak krisis ekonomi pada tahun 97an.

 

Alasan Memilih Wirausaha

Menjadi seorang wirausahawan, kini bukan lagi sebuah pilihan yang memalukan. Hal ini terlihat dari makin banyaknya generasi muda yang memilih untuk tidak mencari pekerjaan di perusahaan yang ada. Mereka justru memantapkan tekad dan keinginan dengan berkreasi melalui berbagai ide untuk menciptakan lapangan usaha yang sesuai dengan kemampuan serta kecukupan modal yang tersedia.

Kondisi ini tentu sangat menggembirakan. Sebab, secara tidak langsung pemilihan sikap untuk mandiri di kalangan generasi muda ini bisa membantu pemerintah mengurangi angka pengangguran. Dampak lain yang bisa dirasakan adalah terbukanya lapangan pekerjaan yang lebih luas.

Namun secara umum, ada beberapa alasan yang mendasari seseorang memilih jalur wirausaha modal kecil sebagai pilihan hidup mereka. Beberapa alasan tersebut diantaranya adalah :

  1. Adanya kemerdekaan waktu bekerja karena tidak terikat dengan peraturan yang ada sebagaimana jika kita bekerja pada sebuah perusahaan. Aturan dan disiplin yang diterapkan, ditentukan dan disesuaikan dengan kebutuhan pelaku wirausaha tersebut tanpa harus tergantung pada pihak lain.

  2. Peluang untuk menentukan tingkat penghasilan sesuai keinginan kita. Seorang wirausahawan, berhak menentukan margin keuntungan atas usaha yang mereka jalankan. Tidak ada aturan dalam permainan bisnis, mengenai berapa tingkat keuntungan yang boleh diraup oleh seorang wirausahawan. Contohnya adalah dalam menentukan harga jual semangkuk bakso. Seorang pedagang bakso yang sudah memiliki banyak penggemar, berhak menjual semangkuk baksonya dengan harga Rp. 10.000 per mangkuk. Meski pun secara umum, harga semangkuk bakso rata-rata adalah Rp. 5.000. Inilah yang dimaksud dengan kebebasan menentukan tingkat penghasilan.

  3. Tidak seimbangnya antara ketersediaan lapangan kerja dengan jumlah pencari kerja. Setiap tahunnya, ratusan ribu lulusan sarjana dihasilkan oleh berbagai perguruan tinggi, sementara di sisi lain, jumlah perusahaan yang membutuhkan pekerja baru tidak terlalu banyak.

  4. Adanya peluang yang belum digarap sehingga menjadi sebuah kesempatan besar untuk menjadi pelopor bisnis tersebut. Contohnya adalah bisnis makanan siap saji yang sempat menjadi salah satu bisnis favorit di kalangan calon wirausahawan.

Selain keempat alasan tersebut, masih banyak pula alasan lain yang dimiliki oleh para wirausahawan sehingga mereka lebih memilih untuk terjun ke dunia bisnis daripada harus masuk ke dunia kerja. Diantaranya adalah faktor keturunan, yaitu untuk melanjutkan bisnis keluarga yang sudah berjalan. Biasanya, alasan ini ditemui pada mereka yang memang memiliki latar belakang keluarga pengusaha.

 

Tips Wirausaha

Bagi mereka yang ingin terjun ke dalam wirausaha modal kecil, tentu harus memiliki persiapan yang matang. Hal ini mengingat adanya keterbatasan modal yang penggunaannya harus cermat dan tepat guna mengurangi pemborosan.

Ada beberapa strategi yang bisa digunakan guna meraih sukses dalam dunia wirausaha modal kecil. Beberapa strategi tersebut diantaranya adalah :

  • Fokus

Fokus maksudnya dalam berbisnis kita harus menentukan pilihan yang pasti. Jangan sampai kita terjebak untuk mencoba berbisnis dalam banyak hal yang tidak saling berkaitan. Dengan demikian kita bisa menguasai sebuah bisnis secara mendalam, bukan sekedar setengah-setengah saja.

  • Unik

Sesuatu yang unik akan menimbulkan rasa tertarik dari orang lain. Dengan cara ini, bisnis yang terlihat unik akan memudahkan menarik minat konsumen. Jika konsumen sudah tertarik untuk masuk ke dalam bisnis yang kita bangun, maka yang perlu kita lakukan akan lebih mudah untuk mempengaruhi konsumen agar menjadi pelanggan tetap kita.

  • Murah

Salah satu strategi untuk memenangkan persaingan adalah dengan memasang harga murah pada produk yang kita tawarkan. Murah di sini bukan berarti kita harus merugi. Namun, kita harus menciptakan sistem yang bisa menjadikan harga akhir produk kita lebih rendah daripada harga yang ditawarkan pesaing. Seperti dengan mengurangi rantai distribusi, menekan biaya produksi, atau juga dengan meminimalisir margin keuntungan yang hendak diraih.

 

Memilih Wirausaha

 Menentukan jenis wirausaha modal kecil pun kita harus tepat. Hal ini guna meminimalisir kendala yang mungkin terjadi sehingga bisa menghindarkan inefisiensi dalam bisnis tersebut. Untuk memilih jenis usaha, yang harus dilakukan diantaranya adalah :

  1. Pilihlah bisnis yang sesuai keahlian kita. Dengan demikian, bisnis yang kita jalankan bisa menawarkan kompetensi kepada pelanggan.

  2. Ajaklah mitra jika kita belum yakin dengan pilihan bisnis kita.

  3. Jangan terbawa tren bisnis yang sedang marak, karena hal tersebut hanya akan menyebabkan perkembangan bisnis kita lambat.

  4. Segera berhenti atau berganti bisnis jika sudah mulai nampak gejala kerugian. Hal ini mengingat keterbatasan modal yang dimiliki agar jangan sampai menimbulkan kerugian yang besar


Sumber artikel...

»»  Selengkapnya...

Sablon Kaos Manual Vs Sablon Digital

“Wah…. sablon kaosnya lucu banget. Bikin di mana tuh?” Begitulah setidaknya tanggapan seseorang teman yang melihat desain atau gambar unik , lucu, atau menggelikan yang tertera pada sebuah t-shirt atau kaos. Ungkapan itu bisa jadi meluncur secara spontan dari mulut teman Anda karena sablon kaos yang menempel di kaos yang sedang dipakai.

Ya, dengan sablon kaos Anda bebas berekspresi dalam memilih desain atau gambar yang dikehendaki untuk kemudian ditempel pada kaos pilihan. Anda bisa memilih desain yang unik, lucu, langka, atau bisa juga memasang “muka” Anda di kaos kesayangan. Semuanya terserah Anda.

Yang perlu Anda lakukan hanya membawa kaos polos terbaik ke tempat yang memang menyediakan jasa sablon kaos, lalu pilih desain terbaik agar nantinya hasil sablon kaos tersebut menjadi istimewa. Yang jadi pertanyaan, bagaimanakah cara menempelkan desain yang telah dipilih pada baju. Berikut adalah dua cara beserta kekurangan dan kelebihan proses memasang sablon pada kaos.

Sablon Kaos Manual vs Sablon Digital

Secara umum untuk menyablon sebuah kaos terdapat dua cara yang bisa dilakukan. Pertama adalah dengan melakukan sablon manual, yakni menyablon dengan menggunakan bahan kimia, layaknya pengafdrukan foto zaman dulu. Kedua, dengan menggunakan sablon digital, yakni menggunakan mesian khsus yang dapat menghantarkan panas. 

Menyablon manual bisa dibilang masih tertinggal dengan menyablon secara digital. Terdapat beberapa kelemahan pada proses sablon manual itu, di antaranya prosesnya lebih rumit karena harus melalui beberapa tahapan lagi, seperti mempersiapkan screen terlebih dahulu dan melakukan pengafdrukan sebelum bisa mulai menyablon.

Sementara menyablon secara digital, kita hanya perlu memanaskan mesin, lalu memilih desain, dan bisa langsung memulai proses penempelan. Simpel. Selain itu, jika dipakai untuk keperluan usaha, sablon manual memiliki beberapa kekurangan dibanding dengan sablon digital. Kekurangan tersebut, di antaranya sebagai berikut.

  1. Tidak praktis sehingga tidak mungkin bisa mengikuti pameran yang kerap diadakan di sebuah mall.
  2. Adanya penggunaan bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan. Misalnya adanya gangguan kulit karena bahan kimia yang dipakai bersentuhan denga kulit.
  3. Prosesnya memakan waktu yang lumayan lama karena hasilnya tidak langsung kering .
  4. Untuk banyaknya jumlah cetakan, sablon manual hanya bisa dicetak di satu bahan. Selain itu, jika menggunakan mesin single, modul tidak bisa diganti.
  5. Harganya terbilang mahal dibandingkan dengan sablon digital.

Peralatan Sablon Manual vs Sablon Digital

Jika sablon digital hanya memerlukan peralatan berupa mesin sablon yang banyak dijual di pasaran, maka tidak demikian dengan peralatan untuk sablon manual. Ada beberapa peralatan yang harus disediakan untuk dapat melakukan sablon manual. Alat tersebut, di antaranya sebagai berikut.

  1. Screen, yakni gasa yang biasanya terbuat dari polyester atau nylon.
  2. Rakel, yakni alat sapu yang terbuat dari karet sintesis.
  3. Obat afdruk, biasanya berupa cairan kental atau emulsion.
  4. Alat pemoles obat afdruk, biasanya terbuat dari mika atan bisa juga menggunakan kuas.
  5. Bantalan hitam untuk mengepress film pada screen.
  6. Tinta atau cat sablon.

Nah, jika Anda berencana untuk membuat sebuah usaha sablon, setidaknya pertimbangkan terlebih dulu jenis penyablonan mana yang sebaiknya dipilih agar hasilnya maksimal dan tidak mengecewakan.



View the original article here



Peliculas Online

»»  Selengkapnya...

Popular Posts

 
Copyright (c) 2010 usaha-aku.blogspot.com. Design by WPThemes Expert

Themes By Buy My Themes, Gifts for GirlFriend And Skull Belt Buckles.