Pages

Sunday, May 27, 2012

Seluk-beluk Belajar Bisnis Online Gratis

Bisnis merupakan salah satu pekerjaan yang dapat menghasilkan nafkah baik sebagai penghasilan pokok maupun penghasilan tambahan. Dalam menjalankan usaha bisnis tersebut, sekarang ada yang disebut sebagai bisnis konvensional dan bisnis online. Bisnis online masih terbagi lagi menjadi bisnis online berbayar dan bisnis online gratis.

Disebut bisnis konvensional karena tatalaksana bisnis tersebut masih dilakukan dengan cara konvensional. Berdagang di pasar, di toko, maupun jual-beli lainnya dengan metode tatap muka dikatakan sebagai bagian dari bisnis konvensional. Bisnis online menggunakan perangkat komputer dan internet sebagai salah satu sarana guna memperlancar proses bisnis tersebut. Baik bisnis online berbayar maupun bisnis online gratis sama-sama tak lepas dari media internet tersebut.

Komputer dan internet memang mulai hadir dan selanjutnya berkembang begitu pesat di negara Indonesia tercinta ini sejak 1990-an. Fasilitas yang dihadirkan oleh internet memungkinkan semua orang dari berbagai kalangan dan usia belajar untuk memanfaatkannya di segala lini kehidupan sehari-hari . Termasuk memanfaatkannya untuk bisnis online gratis dan berbayar.

Manfaat Bisnis Online Gratis Maupun Berbayar

Internet bukan hanya membantu meringankan tugas-tugas kita tetapi lebih dari itu internet telah mengubah kebiasaan dan gaya hidup setiap sosok manusia. Dalam dunia bisnis dan perdagangan, internet juga memegang peranan yang sangat penting. Dengan metode pemasaran online baik berbayar maupun termasuk dalam bisnis online gratis, kita dapat dengan mudah memasarkan barang dagangan dalam berbagai jenis dan kebutuhannya.

Beberapa manfaat dari bisnis online gratis maupun berbayar:

1. Manfaat Bisnis Online Gratis Maupun Berbayar - Menambah Nilai Gengsi dari Barang-barang yang Diperdagangkan

Dengan memiliki toko online sendiri, baik berbayar maupun gratis maka akan menambah nilai gengsi dari barang-barang yang diperdagangkan. Hal tersebut tentu saja akan mendongkrak omzet penjualan di bisnis online gratis maupun berbayar Anda.

2. Manfaat Bisnis Online Maupun Berbayar - Meningkatkan Pelayanan Terhadap Pelanggan

Dengan memiliki toko online maka lebih mudah bagi kita untuk melayani pelanggan. Bisnis online gratis dan berbayarpun semakin maju dengan pesat.

3. Manfaat Bisnis Online Maupun Berbayar - Jaringan Lebih Luas

Dengan memanfaatkan layanan online untuk berbisnis, Anda bisa memperkenalkan barang dagangan ke seluruh dunia melalui mesin pencari informasi terkenal seperti yahoo dan google. Bisnis online gratis maupun berbayar pasti akan memudahkan Anda.

4. Manfaat Bisnis Online Gratis Maupun Berbayar - Toko Online Tak Pernah Tutup

Memiliki bisnis online gratis maupun berbayar memungkinkan kita membuka toko selama 24 jam penuh. Bagaimana tidak, barang yang kita tawarkan tetap akan dapat dilihat oleh calon konsumen baik siang maupun malam hari. Waktu kita tidur pun, barang kita masih tetap diperdagangkan.

5. Manfaat Bisnis Online Gratis Maupun Berbayar - Informasi Mudah Tersampaikan

Memanfaatkan layanan bisnis online gratis memudahkan dalam pemberian informasi terkini kepada pelanggan serta dapat mengelola, memproses order, dan bertransaksi di manapun kita berada. Dengan bisnis online gratis maupun berbayar, maka kita mudah untuk memproses jual-beli di manapun berada. Apalagi dengan adanya ipad maupun Blackberry yang memungkinkan kita online dimanapun, bahkan di kendaraan yang sedang berjalan.

6. Manfaat Bisnis Online Gratis Maupun Berbayar - Hemat Biaya

Anda akan lebih menghemat biaya karena tidak banyak menggaji karyawan dan memasang iklan untuk berpromosi, semua bisa dilakukan sendiri dengan mudah. Bisnis online gratis memudahkan kita dalam menjual produk, tanpa memasang iklan, dan tentu saja tanpa banyak mengeluarkan biaya untuk karyawan.

7. Manfaat Bisnis Online Gratis Maupun Berbayar - Calon Pembeli Lebih Variatif

Calon pembeli potensial yang terus bertambah dari waktu ke waktu. Bisnis online gratis maupun berbayar yang kita lakukan memiliki pangsa pasar yang terus berkembang pesat dari waktu ke waktu. Pengguna internet di Indonesia maupun seluruh penjuru dunia semakin bertambah sehingga memungkinkan penjualan produk semakin meningkat pula.

8. Manfaat Bisnis Online Gratis Maupun Berbayar - Lokasi Penjualan Tanpa Batas

Tanpa adanya batasan lokasi penjualan menjadi hal yang menguntungkan dari bisnis online gratis maupun berbayar. Tidak seperti berjualan di pasar, berjualan melalui bisnis online gratis maupun berbayar memungkinkan kita menjual barang sampai ke luar pulau dan luar negeri.

9. Manfaat Bisnis Online Gratis Maupun Berbayar - Pembayaran Lebih Praktis

Pembayaran bisa dilakukan dengan atm bank, transfer, internet banking, atau international payment seperti paypall dan egold. Dengan bisnis online gratis dan berbayar maka pembayaran bisa dilakukan dengan berbagai cara yang aman dan menguntungkan.

Langkah Membuat Bisnis Online Gratis Maupun Berbayar

Dalam membangun sebuah bisnis online gratis maupun berbayar, maka kita memerlukan beberapa cara dan langkah yaitu:

1. Langkah Membuat Bisnis Online Gratis Maupun Berbayar - Penentuan Nama Domain

Untuk awal membentuk toko online dalam bisnis online gratis dan berbayar adalah menentukan nama toko kita tersebut. Syarat-syarat pembuatan nama domain yaitu:

Gunakan nama domain yang pendek saja (maksimal tiga kata), sebaiknya mengandung kata yang mudah diingat.Mengandung kata yang umum digunakan.

Penggunaan domain termudah untuk bisnis online gratis maupun berbayar biasanya berakhir dengan .com, karena tidak memerlukan bukti identitas tertentu untuk membelinya. Selain itu domain .com memang diperuntukkan untuk tujuan komersial atau berdagang. Sedangkan domain yang berakhiran .co.id memerlukan identitas tertentu untuk membelinya misalnya SIUP, NPWP, dan syarat-syarat lainnya.

2. Langkah Membuat Bisnis Online Maupun Berbayar - Sewa Hosting

Dalam memilih penyedia jasa hosting untuk memperlancar bisnis online gratis atau berbayar kita maka ada hal-hal yang harus diperhatikan, yaitu:

Fitur dan fasilitas yang tersedia. Fitur dan fasilitas yang penting untuk diperhatikan, antara lain: Quota atau ukuran media penyimpanannya besar- Uptime, servernya stabil dan cepat (SLA-service level agreement >98%)Database yang disediakan tidak dibatasi- Ada sub domainPerbandingan Harga. Pilih harga yang sesuai dengan fasilitas hostingnya, jangan hanya tergiur harga murah.Banyaknya jumlah pelanggan. Cari yang jumlah pelanggannya banyak yang menandakan pelayanannya baik.Lokasi server. Cari yang lokasi servernya berada di negara yang merupakan target marketing kita.Support/Dukungan. Cari yang menyediakan support/dukungan 24 jam non stop.Ketersediaan alamat yang jelasUsia Perusahaan, semakin lama dia berdiri diharapkan semakin baik pelayanannya.Kesesuaian dengan kebutuhan kita3. Langkah Membuat Bisnis Online Gratis Maupun Berbayar - CMS Ttoko On-line

CMS adalah perangkat lunak toko online yang akan kita gunakan untuk menampilkan produk dan melakukan transaksi penjualan on-line. CMS toko on-line atau CMS e-commerce merupakan platform toko on-line yang menggunakan cara pengelolaan yang praktis dan instan. Dalam menjalankan bisnis online gratis, kita juga mencoba menggunakan jasa CMS yang gratis pula.

Inilah beberapa CMS yang bisa digunakan secara gratis:

Magento. Salah satu platform CMS toko on-line yang paling berkembang dan menawarkan tiga pilihan bagi penggunanya yaitu: edisi komunitas untuk yang gratis dan edisi professional serta enterprise untuk yang berbayar. Fiturnya cukup lengkap untuk membangun toko on-line standard.Prestashop. Fitur lengkap pada CMS prestashop antara lain: fungsi menampilkan produk pilihan, membedakan nama pemasok dan nama merk, tag produk, fungsi untuk attachment file, fungsi untuk retur produk, fungsi permintaan membungkus dalam bentuk bingkisan, dan dilengkapi fungsi pengaktifan SEF (Search Engine Friendly).OpenChart. Dibangun dengan menggunakan bahas pemrograman PHP dan bersifat bebas untuk didistribusikan, digunakan, dan dimodifikasi. Ketersediaan fitur sangat lengkap mulai dari proses pemesanan melalui keranjang belanja, hingga proses pembayaran dan pengiriman sudah tersedia.

Untuk tambahan referensi berikut ada nama-nama CME lain yang terbuka dan juga bisa dipakai untuk membuat platform toko on-line, tentunya untuk bisnis online gratis kita yaitu:

Jommla Virtuel MartCommerceCuberCartQuickCartZen-CartWordpressWpCommerceFatFreeCart4. Langkah Membuat Bisnis Onlline Gratis Maupun Berbayar - Manfaatkan Media Iklan Gratis

Beberapa media iklan gratis untuk kita yang membangun bisnis online gratis:

Media situs periklanan, antara lain: www.bekas.comwww.freeadslink.comwww.sphyshoop.comwww.iklangede.comwww.iklanbaris.comwww.tokobagus.com Media Blog, antara lain: Blogger. Blogger dimiliki oleh google, jadi untuk membuat blogger kita harus membuat email dulu di google, kemudian kita masuk ke sarana pembuatan blog di sana. Alamat yang disediakan ditambah dengan .blogspot.com.Multiply. Multiply merupakan blog yang disediakan oleh jejaring sosial multiply sehingga penggunanya bisa membuat blog pribadi di sana dan dilihat oleh sesama pengguna multiply yang lain atau bisa diiklankan di media iklan. Multiply bisa dibuat secara gratis dan memang sesuai untuk yang hendak berjualan secara online. Akhiran alamat blog yang menggunakan sarana multiply tentu saja .multiply.com.Wordpress.Merupakan penyedia sarana blog yang banyak fitur-fiturnya sehingga kita bisa berekspresi lebih luas dan berkreasi dengan lebih bebas di sana. Wordpress menyediakan sarana tambahan untuk menampilkan foto, video, dan berita dengan lebih mudah dan lengkap.Media Forum Jual-Beli. FJB atau forum jual beli merupakan sarana bertemunya para penjual dan pembeli di pasar online untuk bertransaksi melalui forum. Berbagai macam barang dan jasa dijual di sana mulai yang baru sampai yang bekas. Media forum jual beli sangat sesuai digunakan untuk bisnis online gratis kita. Salah satu FJB yang terkenal adalah www.kaskus.us, dengan jumlah member yang sangat besar dan postingan informasi mencapai ratusan juta produk barang dan jasa menjadikan kaskus sebuah pasar yang sangat besar di internet.Media Jejaring Sosial www.facebook.comwww.twitter.com

Sumber artikel...

Popular Posts

 
Copyright (c) 2010 usaha-aku.blogspot.com. Design by WPThemes Expert

Themes By Buy My Themes, Gifts for GirlFriend And Skull Belt Buckles.