Pages

Wednesday, May 30, 2012

Tip Memilih Jasa Penerjemah yang Baik

Jasa penerjemah merupakan salah satu bisnis di bidang jasa yang dewasa ini semakin diminati oleh masyarakat, terutama masyarakat kelas atas yang berprofesi sebagai pebisnis atau pengusaha dengan teritorial yang luas, termasuk ke mancanegara. Biasanya, jasa penerjemah digunakan untuk mempermudah pihak pebisnis yang satu dengan pebisnis yang lain dalam wilayah teritorial yang berbeda. Bisnisnya pun bermacam-macam, ada yang berbisnis dengan memperjualbelikan barang, ada juga yang berbisnis dengan memberikan penawaran di bidang jasa.

Jasa penerjemah ini biasanya dilakukan oleh kalangan tertentu yang sering berhubungan dengan pihak dari negara lain yang tidak termasuk ke dalam bahasa internasional karena berbisnis dengan menggunakan bahasa Inggris lazim dilakukan tanpa penerjemah. Namun, ada juga yang mempergunakan jasa penerjemah karena si pihak tersebut tidak memiliki kemampuan dalam berbahasa Inggris sehingga memerlukan pihak lain sebagai medium untuk dapat berkomunikasi dengan pihak lainnya.

Tak hanya itu, jasa penerjemah juga biasanya dijadikan sebagai asisten pribadi oleh seseorang yang bergerak di dunia public speaking, seperti halnya para petinggi negara atau pejabat negara yang sering bertugas ke luar negeri. Jasa penerjemah di sini tidak hanya berfungsi untuk menerjemahkan apa yang dibicarakan oleh si pihak pembicara kepada lawan bicara, tapi juga lebih merupakan sebagai juru bicara si penyewa jasa apabila si penyewa jasa sama sekali tidak memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik.

Jasa Penerjemah dari Instansi yang Baik

Untuk mendapatkan hasil komunikasi yang baik, para pengusaha atau penyewa jasa penerjemah selalu mencari penerjemah yang baik pula sehingga tidak akan terjadi kesalahpahaman saat berkomunikasi antara kedua belah pihak. Beberapa pengusaha lebih memilih jasa penerjemah yang disediakan oleh beberapa instansi bahasa asing yang ada di Indonesia untuk mendapatkan juru bicara yang dianggap mampu menjadi medium bagi komunikasinya kelak.

Akan tetapi, ada juga beberapa pihak pebisnis yang lebih memilih untuk mengaudisi atau membuka lamaran secara independen agar bisa mendapatkan jasa penerjemah sesuai dengan yang diharapkan si penyewa jasa.

Dalam memilih jasa penerjemah pada cara pertama, pihak penyewa bisa dengan mudah mendapatkan jasa penerjemah yang baik karena hal tersebut dapat dilihat dari range harga yang biasanya sesuai dengan kualitas penerjemah itu sendiri. Jika range harga jasa penerjemah terbilang mahal, maka pihak penyewa pun akan mendapatkan jaminan untuk bisa mendapatkan penerjemah yang baik sehingga tidak perlu khawatir apabila menemui kesulitan kelak.

Semakin mahal harga yang ditawarkan oleh pihak instansi yang menyewakan jasa penerjemah, semakin bagus pula kualitas yang dimiliki si penerjemah. Sebaliknya, semakin murah harga yang ditawarkan oleh pihak instansi, maka jangan heran kalau sewaktu-waktu pihak penyewa menemukan kesulitan saat berkomunikasi dengan pihak lawan bisnisnya.

Namun, instansi yang baik tidak akan semata-mata memberikan range harga untuk menyewakan jasa penerjemah. Biasanya, ada prosedur yang harus dipatuhi oleh kedua belah pihak (pihak instansi dan pihak penyewa jasa) agar keduanya tidak mengalami kerugian.

Pertama, carilah instansi yang menyewakan jasa penerjemah dengan akreditasi yang sudah dikenal masyarakat di wilayah penyewa (bahkan internasional). Akreditasi tersebut dapat dijadikan sebagai parameter untuk mengetahui kualitas dari jasa penerjemah yang akan disewa sehingga jika ada kekurangan dari pihak instansi maupun penerjemah, pihak penyewa dapat langsung mengajukan permintaan atau penawaran lain.

Kedua, jika memiliki kemampuan yang besar secara finansial, maka pilihlah jasa penerjemah dengan harga tertinggi karena kualitas yang ditawarkan dengan harga tinggi tidak akan mengecewakan si penyewa, terutama jika pihak instansi merupakan lembaga dengan akreditasi yang terkenal dan mumpuni. Akan tetapi, jika keuangan penyewa tidak mencukupi untuk bisa membayar jasa penerjemah dengan harga tertinggi, maka pilih saja harga yang sesuai dengan kemampuan si penyewa asalkan tetap melakukan tips pertama, yakni mencari instansi dengan akreditasi yang terkenal baik secara kualitas.

Selanjutnya, pihak penyewa juga harus cermat saat menyewa jasa penerjemah karena instansi yang baik akan mengajukan surat kontrak atau minimalnya pernyataan bahwa jasa penerjemah yang telah disewa tidak disewakan lagi kepada pihak penyewa yang lain sehingga penerjemah yang telah disewa secara penuh menjadi hak penyewa pertama sepenuhnya.

Di dalam kontrak yang diajukan pun ada beberapa poin yang biasanya harus dipatuhi oleh kedua belah pihak, baik pihak penyewa maupun pihak instansi yang menyewakan jasa penerjemah. Kontrak ini biasanya dilindungi oleh hukum sehingga jika ada kekeliruan yang tidak bisa diselesaikan dengan jalan damai atau kekeluargaan, maka kedua pihak bisa menyelesaikannya dengan jalan hukum.

Cara pembayaran jasa penerjemah pun macam-macam. Ada yang dibayar secara tunai saat pemesanan jasa penerjemah, ada juga yang dibayar secara berangsur selama pemakaian jasa penerjemah dengan terlebih dahulu memberikan uang muka sebagai tanda jadi kontrak kedua belah pihak.

Jika semua hal tersebut sudah dipenuhi oleh sebuah instansi, maka jangan ragu untuk menyewa jasa penerjemah. Apalagi jika ada instansi yang memberikan jaminan uang kembali apabila penerjemah yang disewa tidak bisa memuaskan keinginan komunikasi yang baik bagi penyewa.

Open Recruitment Jasa Penerjemah Pribadi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mendapatkan jasa penerjemah dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu mencari dari instansi bahasa asing yang sudah terakreditasi dengan baik atau dengan membuka open recruitment secara pribadi sehingga bisa mendapatkan penerjemah yang sesuai dengan keinginan penyewa.

Untuk mendapatkan jasa penerjemah dengan cara yang kedua, dibutuhkan tip-tip serta pengetahuan yang lebih banyak dibandingkan dengan memilih penerjemah melalui cara pertama. Pasalnya, dengan memilih sendiri jasa penerjemah, pihak penyewa juga setidaknya harus memiliki dasar yang cukup dalam memahami bahasa asing. Jika tidak, pihak penyewa akan mudah dibodohi oleh pihak yang menyewakan jasa penerjemah dengan harga yang tidak sesuai dengan kemampuan.

Hal pertama yang harus dilihat oleh pihak penyewa saat memilih jasa penerjemah secara personal adalah kemampuan bahasa asing yang mumpuni. Hal tersebut bisa dilihat dari ijazah terakhirnya, riwayat pendidikan yang baik (khususnya dalam bidang bahasa), serta sertifikat dan prestasi lain yang menunjukkan bahwa orang tersebut mampu menjadi penerjemah yang baik.

Bahkan jika banyak pihak yang menawarkan diri menjadi jasa penerjemah, ada baiknya jika pihak penyewa memilih penerjemah yang memiliki kemampuan berbahasa asing lebih dari tiga. Bahasa-bahasa asing yang sekarang ini sering digunakan selain bahasa Inggris adalah bahasa Mandarin, Jerman, dan Arab.

Kedua, pihak penyewa juga minimalnya harus memiliki dasar ilmu psikologi untuk bisa mengetahui kepribadian pihak jasa penerjemah sehingga dari kepribadian tersebut dapat dipastikan bahwa penerjemah akan menjadi asisten pribadi yang jujur, loyal, dan tidak mengambil keuntungan dari hal-hal yang tidak diharapkan oleh pihak penyewa.

Terakhir, pihak penyewa harus mengetahui rata-rata harga minimum dan maksimum yang ditetapkan oleh instansi yang juga menyewakan jasa penerjemah. Hal ini berfungsi untuk menjaga agar pihak penyewa tidak terlalu jauh mengambil harga sewa yang beredar di masyarakat.

Jika ketiga hal tersebut sudah dimiliki oleh calon jasa penerjemah, jangan lupa untuk tetap membuat surat perjanjian kontrak yang berisi hukum-hukum atau permintaan dan penawaran tertentu yang telah disepakati oleh kedua belah pihak dengan menggunakan materai sebagai penanda hukum yang berlaku jika sewaktu-waktu muncul konflik antara keduanya. Bersikap baiklah terhadap penerjemah yang dipakai sehingga mempermudah pihak penyewa untuk melakukan penyewaan lagi di lain waktu dan kesempatan jika membutuhkan jasa penerjemah lagi.



View the original article here



Peliculas Online

»»  Selengkapnya...

Sunday, May 27, 2012

Seluk-beluk Belajar Bisnis Online Gratis

Bisnis merupakan salah satu pekerjaan yang dapat menghasilkan nafkah baik sebagai penghasilan pokok maupun penghasilan tambahan. Dalam menjalankan usaha bisnis tersebut, sekarang ada yang disebut sebagai bisnis konvensional dan bisnis online. Bisnis online masih terbagi lagi menjadi bisnis online berbayar dan bisnis online gratis.

Disebut bisnis konvensional karena tatalaksana bisnis tersebut masih dilakukan dengan cara konvensional. Berdagang di pasar, di toko, maupun jual-beli lainnya dengan metode tatap muka dikatakan sebagai bagian dari bisnis konvensional. Bisnis online menggunakan perangkat komputer dan internet sebagai salah satu sarana guna memperlancar proses bisnis tersebut. Baik bisnis online berbayar maupun bisnis online gratis sama-sama tak lepas dari media internet tersebut.

Komputer dan internet memang mulai hadir dan selanjutnya berkembang begitu pesat di negara Indonesia tercinta ini sejak 1990-an. Fasilitas yang dihadirkan oleh internet memungkinkan semua orang dari berbagai kalangan dan usia belajar untuk memanfaatkannya di segala lini kehidupan sehari-hari . Termasuk memanfaatkannya untuk bisnis online gratis dan berbayar.

Manfaat Bisnis Online Gratis Maupun Berbayar

Internet bukan hanya membantu meringankan tugas-tugas kita tetapi lebih dari itu internet telah mengubah kebiasaan dan gaya hidup setiap sosok manusia. Dalam dunia bisnis dan perdagangan, internet juga memegang peranan yang sangat penting. Dengan metode pemasaran online baik berbayar maupun termasuk dalam bisnis online gratis, kita dapat dengan mudah memasarkan barang dagangan dalam berbagai jenis dan kebutuhannya.

Beberapa manfaat dari bisnis online gratis maupun berbayar:

1. Manfaat Bisnis Online Gratis Maupun Berbayar - Menambah Nilai Gengsi dari Barang-barang yang Diperdagangkan

Dengan memiliki toko online sendiri, baik berbayar maupun gratis maka akan menambah nilai gengsi dari barang-barang yang diperdagangkan. Hal tersebut tentu saja akan mendongkrak omzet penjualan di bisnis online gratis maupun berbayar Anda.

2. Manfaat Bisnis Online Maupun Berbayar - Meningkatkan Pelayanan Terhadap Pelanggan

Dengan memiliki toko online maka lebih mudah bagi kita untuk melayani pelanggan. Bisnis online gratis dan berbayarpun semakin maju dengan pesat.

3. Manfaat Bisnis Online Maupun Berbayar - Jaringan Lebih Luas

Dengan memanfaatkan layanan online untuk berbisnis, Anda bisa memperkenalkan barang dagangan ke seluruh dunia melalui mesin pencari informasi terkenal seperti yahoo dan google. Bisnis online gratis maupun berbayar pasti akan memudahkan Anda.

4. Manfaat Bisnis Online Gratis Maupun Berbayar - Toko Online Tak Pernah Tutup

Memiliki bisnis online gratis maupun berbayar memungkinkan kita membuka toko selama 24 jam penuh. Bagaimana tidak, barang yang kita tawarkan tetap akan dapat dilihat oleh calon konsumen baik siang maupun malam hari. Waktu kita tidur pun, barang kita masih tetap diperdagangkan.

5. Manfaat Bisnis Online Gratis Maupun Berbayar - Informasi Mudah Tersampaikan

Memanfaatkan layanan bisnis online gratis memudahkan dalam pemberian informasi terkini kepada pelanggan serta dapat mengelola, memproses order, dan bertransaksi di manapun kita berada. Dengan bisnis online gratis maupun berbayar, maka kita mudah untuk memproses jual-beli di manapun berada. Apalagi dengan adanya ipad maupun Blackberry yang memungkinkan kita online dimanapun, bahkan di kendaraan yang sedang berjalan.

6. Manfaat Bisnis Online Gratis Maupun Berbayar - Hemat Biaya

Anda akan lebih menghemat biaya karena tidak banyak menggaji karyawan dan memasang iklan untuk berpromosi, semua bisa dilakukan sendiri dengan mudah. Bisnis online gratis memudahkan kita dalam menjual produk, tanpa memasang iklan, dan tentu saja tanpa banyak mengeluarkan biaya untuk karyawan.

7. Manfaat Bisnis Online Gratis Maupun Berbayar - Calon Pembeli Lebih Variatif

Calon pembeli potensial yang terus bertambah dari waktu ke waktu. Bisnis online gratis maupun berbayar yang kita lakukan memiliki pangsa pasar yang terus berkembang pesat dari waktu ke waktu. Pengguna internet di Indonesia maupun seluruh penjuru dunia semakin bertambah sehingga memungkinkan penjualan produk semakin meningkat pula.

8. Manfaat Bisnis Online Gratis Maupun Berbayar - Lokasi Penjualan Tanpa Batas

Tanpa adanya batasan lokasi penjualan menjadi hal yang menguntungkan dari bisnis online gratis maupun berbayar. Tidak seperti berjualan di pasar, berjualan melalui bisnis online gratis maupun berbayar memungkinkan kita menjual barang sampai ke luar pulau dan luar negeri.

9. Manfaat Bisnis Online Gratis Maupun Berbayar - Pembayaran Lebih Praktis

Pembayaran bisa dilakukan dengan atm bank, transfer, internet banking, atau international payment seperti paypall dan egold. Dengan bisnis online gratis dan berbayar maka pembayaran bisa dilakukan dengan berbagai cara yang aman dan menguntungkan.

Langkah Membuat Bisnis Online Gratis Maupun Berbayar

Dalam membangun sebuah bisnis online gratis maupun berbayar, maka kita memerlukan beberapa cara dan langkah yaitu:

1. Langkah Membuat Bisnis Online Gratis Maupun Berbayar - Penentuan Nama Domain

Untuk awal membentuk toko online dalam bisnis online gratis dan berbayar adalah menentukan nama toko kita tersebut. Syarat-syarat pembuatan nama domain yaitu:

Gunakan nama domain yang pendek saja (maksimal tiga kata), sebaiknya mengandung kata yang mudah diingat.Mengandung kata yang umum digunakan.

Penggunaan domain termudah untuk bisnis online gratis maupun berbayar biasanya berakhir dengan .com, karena tidak memerlukan bukti identitas tertentu untuk membelinya. Selain itu domain .com memang diperuntukkan untuk tujuan komersial atau berdagang. Sedangkan domain yang berakhiran .co.id memerlukan identitas tertentu untuk membelinya misalnya SIUP, NPWP, dan syarat-syarat lainnya.

2. Langkah Membuat Bisnis Online Maupun Berbayar - Sewa Hosting

Dalam memilih penyedia jasa hosting untuk memperlancar bisnis online gratis atau berbayar kita maka ada hal-hal yang harus diperhatikan, yaitu:

Fitur dan fasilitas yang tersedia. Fitur dan fasilitas yang penting untuk diperhatikan, antara lain: Quota atau ukuran media penyimpanannya besar- Uptime, servernya stabil dan cepat (SLA-service level agreement >98%)Database yang disediakan tidak dibatasi- Ada sub domainPerbandingan Harga. Pilih harga yang sesuai dengan fasilitas hostingnya, jangan hanya tergiur harga murah.Banyaknya jumlah pelanggan. Cari yang jumlah pelanggannya banyak yang menandakan pelayanannya baik.Lokasi server. Cari yang lokasi servernya berada di negara yang merupakan target marketing kita.Support/Dukungan. Cari yang menyediakan support/dukungan 24 jam non stop.Ketersediaan alamat yang jelasUsia Perusahaan, semakin lama dia berdiri diharapkan semakin baik pelayanannya.Kesesuaian dengan kebutuhan kita3. Langkah Membuat Bisnis Online Gratis Maupun Berbayar - CMS Ttoko On-line

CMS adalah perangkat lunak toko online yang akan kita gunakan untuk menampilkan produk dan melakukan transaksi penjualan on-line. CMS toko on-line atau CMS e-commerce merupakan platform toko on-line yang menggunakan cara pengelolaan yang praktis dan instan. Dalam menjalankan bisnis online gratis, kita juga mencoba menggunakan jasa CMS yang gratis pula.

Inilah beberapa CMS yang bisa digunakan secara gratis:

Magento. Salah satu platform CMS toko on-line yang paling berkembang dan menawarkan tiga pilihan bagi penggunanya yaitu: edisi komunitas untuk yang gratis dan edisi professional serta enterprise untuk yang berbayar. Fiturnya cukup lengkap untuk membangun toko on-line standard.Prestashop. Fitur lengkap pada CMS prestashop antara lain: fungsi menampilkan produk pilihan, membedakan nama pemasok dan nama merk, tag produk, fungsi untuk attachment file, fungsi untuk retur produk, fungsi permintaan membungkus dalam bentuk bingkisan, dan dilengkapi fungsi pengaktifan SEF (Search Engine Friendly).OpenChart. Dibangun dengan menggunakan bahas pemrograman PHP dan bersifat bebas untuk didistribusikan, digunakan, dan dimodifikasi. Ketersediaan fitur sangat lengkap mulai dari proses pemesanan melalui keranjang belanja, hingga proses pembayaran dan pengiriman sudah tersedia.

Untuk tambahan referensi berikut ada nama-nama CME lain yang terbuka dan juga bisa dipakai untuk membuat platform toko on-line, tentunya untuk bisnis online gratis kita yaitu:

Jommla Virtuel MartCommerceCuberCartQuickCartZen-CartWordpressWpCommerceFatFreeCart4. Langkah Membuat Bisnis Onlline Gratis Maupun Berbayar - Manfaatkan Media Iklan Gratis

Beberapa media iklan gratis untuk kita yang membangun bisnis online gratis:

Media situs periklanan, antara lain: www.bekas.comwww.freeadslink.comwww.sphyshoop.comwww.iklangede.comwww.iklanbaris.comwww.tokobagus.com Media Blog, antara lain: Blogger. Blogger dimiliki oleh google, jadi untuk membuat blogger kita harus membuat email dulu di google, kemudian kita masuk ke sarana pembuatan blog di sana. Alamat yang disediakan ditambah dengan .blogspot.com.Multiply. Multiply merupakan blog yang disediakan oleh jejaring sosial multiply sehingga penggunanya bisa membuat blog pribadi di sana dan dilihat oleh sesama pengguna multiply yang lain atau bisa diiklankan di media iklan. Multiply bisa dibuat secara gratis dan memang sesuai untuk yang hendak berjualan secara online. Akhiran alamat blog yang menggunakan sarana multiply tentu saja .multiply.com.Wordpress.Merupakan penyedia sarana blog yang banyak fitur-fiturnya sehingga kita bisa berekspresi lebih luas dan berkreasi dengan lebih bebas di sana. Wordpress menyediakan sarana tambahan untuk menampilkan foto, video, dan berita dengan lebih mudah dan lengkap.Media Forum Jual-Beli. FJB atau forum jual beli merupakan sarana bertemunya para penjual dan pembeli di pasar online untuk bertransaksi melalui forum. Berbagai macam barang dan jasa dijual di sana mulai yang baru sampai yang bekas. Media forum jual beli sangat sesuai digunakan untuk bisnis online gratis kita. Salah satu FJB yang terkenal adalah www.kaskus.us, dengan jumlah member yang sangat besar dan postingan informasi mencapai ratusan juta produk barang dan jasa menjadikan kaskus sebuah pasar yang sangat besar di internet.Media Jejaring Sosial www.facebook.comwww.twitter.com

Sumber artikel...

»»  Selengkapnya...

Thursday, May 24, 2012

Pentingnya Laporan Keuangan Perusahaan

Pembuatan laporan keuangan perusahaan merupakan hal yang wajib dilakukan oleh mereka yang bergerak dalam dunia usaha. Semua usaha yang ingin dikelola dengan baik, harus memiliki sebuah catatan yang berisi informasi mengenai semua aktivitas keuangan mereka.

Bukan hanya perusahaan yang sudah berskala besar yang memiliki kewajiban untuk membuat laporan keuangan perusahaan. Sebab, perusahaan kecil sekalipun sebenarnya dianjurkan untuk membuat laporan keuangan perusahaan mereka. Karena pada dasarnya laporan keuangan yang dibuat tersebut pada nantinya akan bermanfaat untuk diri mereka sendiri.

Laporan keuangan perusahaan sendiri didefinisikan sebagai kumpulan laporan yang menyajikan informasi mengenai aktivitas keuangan perusahaan. Dimana dalam laporan tersebut disajikan beberapa informasi mengenai laporan Laba rugi, Laporan kepmilikan modal, laporan arus kas, neraca dan juga catatan menganai laporan keuangan tersebut.

Dari definisi tersebut, bisa ditarik sebuah kesimpulan bahwa pada intinya, laporan keuangan perusahaan adalah sebuah gambaran mengenai serangkaian aktivitas keuagan yang berlangsung pada sebuah perusahaan. Dimana setiap aktivitas yang terjadi tersebut dicatat berdasar pos-pos laporan keuangan yang sesuai dengan jenis aktivitas tersebut.

Selanjutnya, dari berbagai pencatatan kegiatan tersebut dibuatlah ringkasan menggunakan cara yang tepat yang dinyatakan melalui satuan nilai uang. Dari hasil ringkasan tersebut, kemudian dibuatlah penafsiran atas hasil laporan keuangan itu dengan tujuan yang beraneka ragam.

Dari informasi yang tersaji pada laporan keuangan tersebut, maka kita bisa mengetahui informasi serta gambaran atas kondisi keuangan suatu perusahaan. Termasuk pula, kita bisa mendapatkan informasi mengenai hasil usaha sebuah perusahaan pada suatu periode dan perputaran keuangan perusahaan pada periode tertentu.

Tujuan pembuatan laporan keuangan perusahaan adalah sebagia bentuk tanggung jawab dari pengelola perusahaan kepada pemilik perusahaan. Pemilik perusahaan ini bisa dikategorikan sebagai individu atau juga sebagai kelompok yang berada dalam kumpulan pemilik modal atau saham. Dengan laporan ini, para pemilik modal pada akhirnya bisa mendapatkan informasi atas kinerja yang sudah dilakukan para pengelola perusahaan tersebut.

 

Tujuan Laporan Keuangan Perusahaan

 

Pada dasarnya, setiap aktivitas yang dilakukan dalam sebuah perusahaan memiliki tujuan tersendiri. Demikian pula dalam proses pembuatan laporan keuangan perusahaan, memiliki beberapa tujuan. Tujuan tersebut mencakup tujuan keluar perusahaan serta yang paling utama adalah tujuan ke dalam perusahaan itu sendiri.

Untuk tujuan ke dalam perusahaan, laporan keuangan ini akan memiliki manfaat untuk pihak manajemen serta seluruh karyawan yang ada dalam perusahaan tersebut. Sementara, untuk tujuan keluar perusahaan dimaksudkan bagi pihak luar yang memiliki kepentingan serta memiiliki hak untuk mendapatkan laporan keuangan tersebut. Pihak luar tersebut antara lain pemegang saham, pemilik surat berharga atau juga pihak kreditur atau bank.

Secara umum, laporan keuangan perusahaan merupakan media informasi keuangan sebuah perusahaan. Baik untuk informasi keuangan yang disusun pada kondisi khusus atau juga laporan yang disusun pada masa tertentu secara rutin. Untuk laporan yang disusun pada kondisi khusus ini, pembuatannya bisa dilakukan mendadak yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahan.

Dari penjabaran diatas, dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa secara umum laporan keuangan perusahaan berfungsi sebagai media informasi. Khususnya dalam menginformasikan mengenai kondisi keuangan sebuah perusahaan agar diketahui oleh pihak-pihak yang berkepentingan dan memiliki hak untuk itu.

Jika diuaraikan, ada tujuh tujuan dari penyusunan laporan keuangan perusahaan. Ketujuh manfaat laporan keuangan perusahaan tersebut adalah :

  1. Sebagai media informasi atas jenis dan jumlah aktiva yang dimiliki oleh perusahaan dalam suatu periode.
  2. Menginformasikan jenis dan tingkat jumlah pendapatan yang bisa diraih oleh perusahaan pada periode tertentu.
  3. Menunjukkan posisi utang serta modal perusahaan beserta dengan rincian jenisnya yang dimiliki perusahaan pada periode tertentu.
  4. Menunjukkan jumlah beban yang menjadi kewajiban perusahaan untuk dibayar pada periode tertentu.
  5.  Menunjukkan apabila terjadi perubahan pada sisi aktiva maupun pasiva dan modal yang dimiliki perusahaan.
  6. Sebagai media untuk mengetahui kinerja yang sudah dilakukan perusahaan selama periode waktu tertentu.
  7. Menunjukkan informasi apabila ada terjadi catatan dalam laporan keuangan perusahaan tersebut.

 

Pihak Yang Membutuhkan Laporan Keuangan

 

Secara umum, ada dua pihak yang membuthkan laporan keuangan perusahaan yaitu dari pihak internal perusahaan dan dari pihak eksternal perusahaan. Untuk pihak interal perusahaan, laporan keuangan perusahaan ini dibutuhkan misalnya pemilik perusahaan, pihak manajemen dan pimpinan perusahaan. Sementara untuk pihak dari luar perusahaan yang memiliki kepentingan atas laporan keuangan perusahaan ini antara lain investor, kreditur dan juga pemerintah.

Untuk pemilik perusahaan, laporan keuangan ini dibutuhkan agar merkea bisa mendapatkan informasi tentang kinerja manajemen perusahaan dalam mengelola perusahaan milik mereka tersebut. Dengan demikian, pemilik perusahaan bisa memiliki alat untuk menilai prestasi karyawan mereka dan mendapatkan gambaran tentang bagaimana perkembangan perusahaan di waktu yang akan datang. Namun yang lebih penting lagi adalah dengan laporan keuangan ini pemilik perusahaan bisa memperkirakan mengenai jumlah laba yang akan didapat pada periode ternteu. Selain itu bagi perusahaan yang sudah terdaftar dalam bursa saham, laporan keuangan ini bisa digunakan untuk mendapatkan informasi mengenai perkembangan saham perusahaan.

Untuk pihak manajemen perusahaan sendiri, laporan keuangan perusahaan tersebut digunakan sebagai dasar untuk membuat arahan kebijakan perusahaan. Di sisi lain, dari laporan tersebut bisa diketahui tingkat efektivitas biaya yang dikeluarkan perusahaan dalam setiap aktivitasnya. Laporan keuangan bisa pula digunakan sebagai alat ukur kinerja setiap individu yang sudah memiliki tugas dan wewenang masing-masing. Dan yang paling utama adalah dengan laporan keuangan perusahaan ini, setiap karyawan bisa mengetahui seberapa besar nilai penghargaan yang akan mereka terima atas kinerja yang mereka berikan pada perusahaan.

Untuk investor, laporan keuangan ini digunakan sebagai media untuk menilai tingkat kesehatan sebuah perusahaan. Dengan demikian mereka akan bisa mendapatkan data mengenai peluang serta resiko yang dimiliki apabila mereka menanamkan modal pada perusahaan tersebut. Sebuah perusahaan yang memiliki laporan keuangan baik dan sehat, tentu akan lebih mudah dalam mendapatkan investor dibandingkan perusahaan yang laporan keuangannya tidak disusun dengan baik dan mencerminkan kesehatan perusahaan tersebut.

Laporan keuangan perusahaan juga dibutuhkan oleh para kreditor sebagai pihak ekternal perusahaan. Kreditur adalah pihak yang akan membantu sebuah perusahaan dalam memenuhi kebutuhan modal perusahaan dengan sistem pinjaman. Dengan melihat pada laporan keuangan perusahaan, maka kreditur bisa menentukan seberapa tingkat kesehatan perusahaan. Sehingga mereka bisa mengetahui tingkat resiko atas pinjaman yang mereka lakukan pada perusahaan tersebut. Resiko ini terkait dengan kemampuan perusahaan dalam mengembalikan pinjaman pada pihak kreditur. Apabila tingkat resiko tinggi, dimana kemampuan perusahaan mengembalikan pinjaman rendah, biasanya permohonan utang oleh perusahaan akan ditolak oleh kreditur. Sebaliknya apabila kreditur menilai perusahaan memiliki posisi keuangan yang sehat dan tingkat kemampuan pengembalian hutang yang tinggi, maka permohonan penambahan modal tersebut akan dikabulkan.

Sementara bagi pemerintah melalui laporan keuangan perusahaan mereka akan bisa menghitung nilai pajak yang harus dibayarkan perusahaan. Selain itu, laporan keuangan perusahaan juga akan membantu pemerintah dalam menyusun rencana pembangunannya.



Sumber artikel...

»»  Selengkapnya...

Tuesday, May 22, 2012

Mengembangkan Bisnis Waralaba Murah Saat Ekonomi Semakin Sulit

Waralaba murah menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat dalam memperbaiki kehidupan ekonominya pada saat ini. Waralaba murah merupakan sebuah sistem bisnis dengan kelebihan tertentu yaitu dapat membantu seorang pemula membuka usaha sendiri dengan modal serta keterbatasan kemampuan dalam dirinya di dunia bisnis.

Seorang pemula bisnis akan terbantu oleh sistem bisnis ini untuk menghadapi berbagai hambatan berbisnis. Bisnis waralaba murah menutupi keterbatasan seseorang dalam wawasan dan pengalaman dalam berbisnis maupun manajemen pengembangannya. Meski bisnis waralaba murah tidak meraih keuntungan sebesar bisnis waralaba kategori mahal, kedua kategori bisnis waralaba tersebut bergantung pada personal pengembang dan penerapan manajemennya.

Terkadang bisnis waralaba murah dapat menghasilkan untung serta kesuksesan lebih besar daripada bisnis waralaba kategori mahal. Wajar saja jika masyarakat semakin tertarik memutuskan memilih jenis bisnis waralaba murah.

Modal yang dibutuhkan dalam bisnis waralaba murah termasuk modal tidak besar dan dapat dijangkau bagi Anda yang tertarik dan memiliki minat untuk mendirikan serta mengembangkannya. Misalnya bisnis makanan (ringan atau berat), non-makanan misal aksesori maupun minuman.

Namun, jika Anda tertarik membuka restoran seperti KFC, Mac Donald, atau sejenisnya akan berbeda dengan jenis waralaba ini. Selain modal, efisiensi penggunaan teknologi dalam waralaba juga memiliki peranan penting. Teknologi tersebut dapat berupa teknologi elektronik maupun non-elektronik. Kemajuan teknologi elektronik yang semakin pesat dan canggih merupakan salah satu pendorong berkembang dan suksesnya waralaba di dalam pemasaran/marketingnya.

Memahami Bisnis Waralaba Murah

Masyarakat senantiasa berupaya untuk meningkatkan taraf hidupnya dengan berbagai cara dan berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Sebelum mencoba bisnis waralaba murah, sebenarnya harus diketahui terlebih dahulu maksud bisnis tersebut dan kelebihan-kelebihannya. Berikut penjelasan yang sekiranya dapat kita ketahui sebagai tambahan wawasan dan informasi mengenai bisnis waralaba murah ini.

Bisnis waralaba memiliki dua kategori yaitu waralaba murah dan mahal. Kategori tersebut sesuai dengan modal/investasi yang dikeluarkan oleh pihak yang menerima waralaba (terwaralaba), begitupula sebaliknya. Terwaralaba termasuk pihak/orang yang memiliki ketertarikan membuka bisnis waralaba, maka mereka memiliki kewajiban dalam pembelian lisensi/izin pemakaian nama. Pembelian lisensi/izin penggunaan nama tersebut sering dinamakan franchise fee/initial fee. Hal tersebut mempengaruhi kategori bisnis waralaba pilihan terwaralaba dalam mengembangkan bisnis waralabanya.

Waralaba murah ataupun mahal termasuk bisnis yang mengalami perkembangan dari tahun ke tahun di dalam masyarakat. Franchise merupakan sebutan terkenal untuk waralaba dalam dunia bisnis. Maksud dari istilah franchise yaitu suatu bentuk pemberian lisensi/izin usaha kepada pihak lain (posisinya sebagai penerima waralaba) dari suatu perusahaan ataupun perorangan.

Dapat diartikan, waralaba merupakan suatu pengaturan bisnis menggunakan sistem pemberian hak pemakaian nama/merek dagang dalam penjualan produk/jasa berdasarkan standardisasi kesepakatan membuka usaha dari pewaralaba kepada terwaralaba (pihak independen) dengan nama/merek dagang berada di bawah nama/merek dagang pewaralaba. Pewaralaba merupakan pihak yang memberikan waralaba, sedangkan terwaralaba yaitu pihak yang menerima waralaba.

Setiap usaha/bisnis terkadang mengalami laba maupun rugi. Begitupula bisnis waralaba, baik waralaba murah ataupun mahal. Namun hal tersebut tidak menjadikan masyarakat pantang menyerah dalam berupaya mencari jalan meningkatkan taraf hidupnya.

Masyarakat memilih bisnis waralaba sebagai alternatif usaha karena waralaba memiliki beberapa kelebihan, di antaranya kerugian bisnis/usahanya berisiko lebih kecil dibandingkan jenis bisnis lainnya, terwaralaba tidak kesulitan dalam mengelola dan mengembangkannya karena pengalaman khusus terwaralaba dalam berbisnis waralaba tidak dibutuhkan, keuntungan terwaralaba didapatkan dari promosi serta program pengembangan bisnis/usaha pewaralaba, dan kelebihan lainnya.

Memilih waralaba murah sebagai alternatif bisnis akan memberikan berbagai keuntungan dan kemudahan mencapai kesuksesan dalam berwiraswasta. Bisnis ini dipilih dengan alasan dan pertimbangan yang berbeda-beda. Namun, terdapat beberapa cara dalam memilih dan memutuskan waralaba dengan tepat dan sesuai kemampuan, di antaranya mencari dan berupaya mendapatkan informasi serta pengetahuan mengenai perusahaan yang dapat dijadikan pewaralaba kemudian menyesuaikannya dengan kemampuan serta minat.

Informasi dan pengetahuan yang telah diperoleh melalui berbagai sumber, baik online maupun non-online akan membantu untuk mengetahui produk apa yang dihasilkan, bagaimana sistem pengembangan serta bagaimana strategi pemasaran bisnis perusahaan pewaralaba tersebut. Informasi maupun pengetahuan tersebut menjadi landasan ketika mengambil keputusan memilih dan menentukan bisnis waralaba ataukah lainnya sesuai dengan kemampuan serta minat pemula bisnis.

Ketika waralaba murah menjadi pilihan bisnis bagi seorang pemula bisnis, hal pertama dan utama yang sebaiknya dilakukan yaitu menentukan bagaimana konsep usaha/bisnis waralaba tersebut dengan tepat. Adapun hal-hal yang dapat dipertimbangkan diantaranya modal usaha/bisnisnya, berapa banyak akan merekrut karyawan, jaringan waralabanya, suplai produk untuk penjualan, pemilihan lokasi pendirian waralaba (lokasi tepat dan strategis), dukungan operasional secara kontinyu dan berkesinambungan, serta hal lainnya (informasi mengenai hal tersebut dapat diperoleh dari berbagai sumber).

Efisiensi Kemajuan Teknologi dalam Menjalankan Waralaba Murah

Waralaba murah termasuk bisnis/usaha dengan kelebihan dan kekurangan yang keduanya saling terkait. Segala kekurangannnya dapat dihindari dengan sikap optimis, serius dan sungguh-sungguh dari terwaralaba hingga dapat mencapai kelebihan dan kesuksesan dalam bisnis ini. Sikap serius dan sungguh-sungguh dari tewaralaba dalam menjalankan bisnis ini merupakan kunci utama meski sarana/prasarana lainnya juga ikut menunjang perkembangannya.

Salah satu faktor penting sebagai penunjang waralaba murah maupun mahal, yaitu teknologi. Saat ini, teknologi terus mengalami kemajuan dan kecanggihan, salah satunya teknologi elektronik utamanya media online seperti internet.

Awalnya teknologi internet hanya dikuasai kaum akademisi ataupun pihak-pihak tertentu dalam berbagai bidang kehidupan. Namun, perkembangannya dapat diamati dari tahun ke tahun. Teknologi ini digunakan dan dimanfaatkan masyarakat secara luas. Segala informasi dan beberapa tambahan pengetahuan/wawasan dalam maupun luar negeri di berbagai bidang dapat dicari dan didapatkan melalui teknologi ini. Teknologi internet menjadi salah satu bagian penting dalam pemasaran/marketing waralaba.

Selain teknologi internet, penggunaan laptop, facebook, twitter, handphone maupun Blackberry Massager juga memiliki peran penting dalam waralaba murah. Penggunaan teknologi tersebut mampu menekan dan meminimalisir biaya pengiklanan produk. Kemajuan teknologi tersebut membantu efisien waktu maupun energi. Pemanfaatan dan pengoptimalan teknologi dalam waralaba juga menguntungkan bagi pemilik maupun karyawannya.

Efisiensi kemajuan teknologi dalam waralaba utamanya kategori murah merupakan hal penting dalam pengembangan proses penjualan produknya, mempermudah hubungan kerjasama dengan bisnis atau pihak kerjasama lainnya, dan mempermudah evaluasi bisnis dengan mengamati perkembangan analisa pasarnya. Selain hal tersebut, efisiennya teknologi dalam bisnis waralaba juga dapat mempermudah proses controlling penerima waralaba (franchisee).

Peran strategis dan efisiennya kemajuan teknologi penting diketahui dan diikuti perkembangannya. Penggunaan dan pengoptimalan teknologi dengan tepat sesuai fungsinya akan membantu dan menguntungkan bisnis waralaba kapan pun dan dalam kondisi seperti apa pun.

Menentukan Pilihan Mitra Bisnis Waralaba Murah

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan mitra dalam berwaralaba.

  • Waralaba murah tersebut minimal telah berjalan selama tiga tahun dengan tim manajemen kuat dan kompeten di bidangnya meliputi direktur, manajer serta utamanya karyawan.
  • Waralaba murah juga harus mempunyai karakteristik tersendiri atau unik dibandingkan waralaba lainnya, misalnya dalam identitas dagang. Hal tersebut tergantung pada tepatnya memilih pasar (adanya standardisasi dalam memilih lokasi) untuk menawarkan produk (barang/jasa). Hal penting lain dan harus diperhatikan yaitu adanya perlindungan hukum/legalitas hukum sehingga menjadi waralaba terpercaya dan aman untuk mengembangkan usahanya.
  • Waralaba murah harus memiliki kejelasan kualitas control/ quality control dalam administrasinya, memiliki franchise support (staf/karyawan pendukung lapangan) profesional serta terlatih. Waralaba ini juga harus memiliki sarana dan prasarana canggih serta kemampuan fasilitas pengembangan produk baru untuk konsumen dilakukan secara terus menerus dan kontinyu.

Beberapa hal tersebut harus diperhatikan bagi seorang pemula bisnis waralaba utamanya. Mereka memutuskan untuk memilih mengembangkan waralaba murah dengan segala risikonya. Namun demikian, seorang pemula dapat menambah beberapa cara lain menuju kesuksesan melalui berbagai sumber lainnya.

Semoga dengan segala tambahan informasi maupun pengetahuan yang telah didapatkan mengenai waralaba murah ini, seorang pemula bisnis waralaba akan memiliki tambahan informasi maupun pengetahuan sehingga dapat membantu mempertimbangkan jenis usaha/bisnis apa yang sesuai minatnya selama ini.



Sumber artikel...

»»  Selengkapnya...

Saturday, May 19, 2012

Era Butik Online Murah

Butik online murah akhir-akhir ini mulai mewabah. Butik online murah adalah istilah yang sangat sering terdengar akhir-akhir ini. Anda tentu sangat mengerti kalau butik adalah tempat belanja yang terkesan mewah dan mahal. Barang-barang yang ada di butik biasanya tidak bisa dijumpai di tempat lain, apalagi pasar. 

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, butik diartikan sebagai “toko pakaian eksklusif yang menjual pakaian modern, yang sesuai dengan mode mutakhir, dengan segala kelengkapannya (terutama untuk wanita)”. Jadi, butik online murah tentunya tidak jauh berbeda maksudnya. Hanya saja butiknya menjual barang dengan harga murah dan transaksi dilakukan secara online.

Butik online murah sekarang ini sedang mewabah. Butik online murah dianggap sebagai cara mudah untuk mendapatkan barang yang diinginkan. Akan tetapi, barang-barangnya tidak lagi eksklusif seperti pengertian awalnya. Apa yang dijual di suatu butik online murah, biasanya dijual di tempat lainnya. Hanya ada sedikit selisih harga. 

Tidak sulit mencari butik online murah di dunia maya. Yang penting, komputer Anda dilengkapi dengan kemampuan untuk menjelajah via internet. Komputer yang sudah terhubung dengan internet akan sangat memudahkan Anda. Tinggal mengetik kata kunci “butik online murah” atau “online shop”, informasi butik online murah siap Anda genggam. Itu hanyalah sekadar contoh.

Apa saja yang disediakan oleh butik online murah? Wah, sangat beragam tentu saja. Bahkan butik online murah di internet bisa menyajikan barang yang lebih lengkap dibanding butik pada umumnya. Di internet, Anda bisa membeli baju, sepatu, hingga obat jerawat. Semuanya tersaji lengkap. Anda hanya perlu memilih apa yang diinginkan atau dibutuhkan. 

Dunia internet memang sudah berkembang demikian pesat. Informasi benar-benar ada dalam genggaman penggunanya. Apa pun keterangan yang dibutuhkan, Anda tinggal mengetik. Lalu klik. Beragam informasi pun muncul di layar komputer. Anda tinggal memilih mana yang sekiranya tepat untuk menjawab kebutuhan. Begitu juga dengan butik online murah. Dengan memasuki web atau blog yang tepat, Anda akan berhadapan dengan aneka pilihan.

Ada butik online murah yang menjual sepatu sekaligus menerima pesanan sesuai keinginan Anda. Ada juga yang khusus menyediakan baju dan keperluan anak balita. Ada butik yang khusus menyediakan tas-tas bermerek dengan harga selangit. Tak ketinggalan aneka butik yang menjual baju serta pernak-pernik yang dibutuhkan kaum hawa. Jika tidak kuat iman, niscaya dompet akan jebol karena terpesona dengan beragam gambar yang ada. 

Tata Cara Belanja di Butik Online Murah

Sulitkah belanja di butik online murah? Tentu saja belanja di butik online murah tidaklah sulit. Sangat gampang, malah. Itulah sebabnya banyak yang merasa ketagihan untuk berbelanja di sini. Tidak perlu harus keluar dari rumah atau kantor. Tidak repot menjinjing belanjaan. Tidak pula repot harus berdesak-desakan di butik atau pasar. Anda hanya perlu duduk, memilih gambar mana yang sesuai dengan selera, memeriksa ukuran dan warna yang tersedia, lalu tinggal memesan. 

Biasanya butik online murah berhubungan dengan pelanggannya lewat email atau telepon. Bila ada akun facebook-nya, Anda tinggal mengirim inbox atau berkomentar di bawah foto barang yang ditaksir. Biasanya pemilik butik akan segera memberi respons pada Anda. Anda bisa juga menghubungi langsung lewat telepon atau SMS. Nomornya biasanya tercantum di akunnya.

Oh ya, biasanya butik online murah tidak mengadakan tawar-menawar harga. Kecuali Anda menjadi reseller atau agen yang berarti harus membeli dalam jumlah banyak. Kadang kala, pembelian lebih dari satu item dibebaskan ongkos kirim. Loh, mengapa harus dibebankan dengan ongkos kirim?

Tentu saja harus! Karena biasanya butik online murah tersebar di seluruh Indonesia. Kecuali jika kemudian Anda tahu bahwa butik tersebut sekota dengan Anda dan letaknya tidak jauh dari rumah, Anda bisa mengambil sendiri ke tempatnya. Tapi tentu saja Anda harus meluangkan waktu untuk itu, bukan?

Jika berada di luar kota, Anda pun tidak perlu merasa khawatir. Tanyakan dulu kepada penjual, berapa total biaya yang harus Anda transfer. Harga barang masih harus ditambah dengan ongkos kirim. Beda kota tentu saja beda pula besar ongkosnya. Dan itu harus ditanggung oleh calon pembeli.

Setelah Anda melakukan transfer uang ke rekening penjual sesuai dengan harga barang, selanjutnya Anda harus mengkonfirmasi. Jika tidak, penjual tidak akan tahu siapa saja yang sudah transfer karena banyaknya pembeli yang melakukan hal yang sama.

Setelah konfirmasi, biasanya barang akan dikirim hari itu juga jika memungkinkan. Kecuali Anda melakukan transfer atau konfirmasi setelah lewat tengah hari, barang baru akan dikirim keesokan harinya. Umumnya para pemilik butik online murah menggunakan jasa titipan kilat dan bukan kantor pos untuk mengirim barang ke pembelinya.

Oh ya, umumnya transaksi dengan butik online modern ini hanya melalui transfer dana di bank. Sangat jarang yang menggunakan kartu kredit. Namun, sebelum membeli suatu barang, sebaiknya Anda sangat berhati-hati. Karena tidak sedikit butik online shop yang menipu pembelinya. Jumlahnya pun tidak sedikit, kadang hingga mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah. Ini jika barang yang dijual berupa barang elektronik seperti laptop atau komputer, misalnya. Dan banyak yang sudah menjadi korban.Kehati-hatian memang mutlak saat Anda memutuskan untuk berbelanja lewat internet.

Butik online murah yang Anda taksir harus diteliti lebih jauh. Anda bisa browsing di internet tentang butik tersebut. Atau bertanya lebih detail pada orang yang sudah berbelanja lewat internet. Pilih butik online murah yang terpercaya. Testimoni pelanggan pun tidak dapat sepenuhnya dijadikan pegangan karena bisa dipalsukan dengan mudah.

Jangan mudah tergiur dengan penawaran murah karena bisa jadi itu adalah salah satu tanda adanya penipuan. Bhinneka adalah salah satu toko online yang terpercaya. Mereka menjual aneka jenis barang elektronik. 

Kelebihan dan Kekurangan Butik Online Murah

Tentu banyak yang ingin tahu apa saja keuntungan dan kerugian berbelanja di butik online murah, bukan? Yang jelas, jika berbelanja via internet Anda akan menghemat banyak waktu. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Anda tidak lagi repot memilih-milih barang atau berdesak-desakan di antara calon pembeli lainnya. Jelas memangkas waktu yang terbuang, kan?

Barang pun akan diantar ke alamat Anda beberapa hari kemudian. Anda juga berkesempatan untuk memilih sendiri barang yang diinginkan di antara sekian banyak pilihan. Artinya, Anda memiliki kesempatan untuk memilih yang terbaik di antara yang ada.

Satu lagi, tidak jarang butik online murah menyediakan barang-barang unik. Misalnya saja baju dari Korea dengan model yang menawan. Atau tas-tas menarik yang tidak banyak terdapat di pasaran. Bisa juga pernak-pernik lucu untuk bayi yang sulit untuk dicari di kota Anda. Intinya, butik online murah memberikan kemudahan dan kenyamanan pada seseorang untuk berbelanja tanpa meninggalkan tempat duduknya. Semua dilakukan secara online.

Jika ada kelebihan, tentu ada pula kelemahannya, bukan? seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, butik online murah rentan dengan tindakan penipuan. Itulah sebabnya seorang konsumen sangat disarankan untuk selalu berhati-hati dalam melakukan transaksi di internet.

Pastikan semua informasi yang Anda dapat seputar produk dan butiknya adalah valid. Jika ada sedikit saja keraguan, jangan diteruskan. Beralihlah ke butik lain yang menyediakan barang sejenis. Jika Anda tertipu, akan sangat sulit untuk menemukan jejak pelakunya.

Kelemahan lain dari butik online murah adalah ketidaksesuaian gambar dengan barangnya. Di gambar, sebuah gaun mungkin terlihat sangat indah. Aslinya, warnanya tidak seindah gambar, misalnya. Atau modenya kurang menarik setelah dilihat langsung. Belum lagi masalah ukuran yang tidak tepat. Jika sampai barang yang sudah dibeli ini tidak terpakai, alangkah sayangnya!



Sumber artikel...

»»  Selengkapnya...

Wednesday, May 16, 2012

Menentukan Proses Produksi

Produksi adalah salah bagian dari konsep manajemen sebuah perusahaan di samping bagian keuangan, pemasaran dan sumber daya manusia. pada bagian ini, bertugas untuk menciptakan produk yang akan dijual oleh perusahaan oleh divisi pemasaran.

Dalam menciptakan produknya, bagian produksi bekerja sama dengan bidang marketing untuk mendapatkan informasi tentang produk apa yang diminati oleh pasar. Sebab, dalam konsep sebuah perusahaan, salah satu moto yang digunakan bukan menjual barang yang bisa diproduksi. Namun sebaliknya, produksilah sebuah barang yang bisa dijual kepada pasar.

Dari riset yang dilakukan oleh divisi marketing, maka bagian produksi akan menciptakan sebuah produk. Tentunya hal ini setelah berkoordinasi dengan bagian keuangan sebagai penyedia anggaran dan divisi sumber daya manusia untuk mendapatkan tenaga kerja yang memiliki kompetensi.

Selain membuat barang yang bisa diproduksi, divisi produksi juga memiliki peran lainnya. Seperti menghitung kapasitas produksi yang bisa dihasilkan, menentukan persediaan bahan baku, menghitung stok barang di gudang. Selain itu, divisi produksi juga berperan dalam menentukan sistem distribusi agar bisa efisien dan efektif.


Menentukan Proses Produksi

Dalam penentuan proses produksi, ada empat hal yang dijadikan pertimbangan sebuah perusahaan. Pertimbangan tersebut didasarkan pada pencapaian efisiensi biaya, agar biaya produksi bisa ditekan dan mampu menghasilkan keuntungan yang optimal.

Keempat hal yang dijadikan pertimbangan tersebut di antaranya adalah :

  1. Kedekatan dengan bahan baku. Jika proses produksi dilakukan di daerah yang dekat dengan wilayah yang menyediakan bahan baku, akan memberikan efisiensi pada dua hal. Yang pertama adalah biaya angkut bahan baku dan kedua biaya penyimpanan bahan baku.

  2. Mendekati pasar. Dengan memilih lokasi produksi yang dekat dengan lokasi yang menjadi sasaran pemasaran produk, diharapkan akan mampu memenuhi kebutuhan pasar secara cepat. Sehingga pada nantinya tidak terjadi kekosongan persediaan barang di pasar.

  3. Lokasi yang memiliki sumber tenaga kerja murah. Sebagai salah satu faktor produksi, tenaga kerja harus dipertimbangkan dalam penghitungan biaya produksi. Dengan memilih wilayah produksi yang sumber daya manusianya masih murah, akan menekan pengeluaran ongkos produksi. Contohnya ketika Sony memilih Vietnam sebagai pabrik mereka, karena di sana gaji pegawai lebih rendah daripada Indonesia.


Berada di tengah. Dengan memilih lokasi produksi yang berada di tengah-tengah antara lokasi bahan baku, pasar dan juga sumber daya manusia maka diharapkan akan menciptakan biaya produksi yang cukup ringan pada ketiga komponen tersebut.



Sumber artikel...

»»  Selengkapnya...

Saturday, May 12, 2012

Membuat Perencanaan Bisnis

Tujuan Perencanaan

Setiap pelaku usaha atau wiraswastawan pasti ingin usaha yang ditekuninnya bisa berjalan dan berkembang dengan lancar. Selain itu juga berharap agar bisa bertahan dalam waktu yang lama bahkan kalau bisa selamanya. Agar bisa mencapai tujuan tersebut perlu dibuat perencanaan terhadap bisnis yang dijalankan. Ini perlu dilakukan terutama sekali bagi yang baru saja membuka usaha atau terjun ke dalam bisnis.

Tujuan dari perencanaan ini adalah agar semua program atau target yang kita buat bisa tercapai dalam waktu yang juga telah ditentukan sebelumnya. Selain itu juga untuk menghindari terjadinya kesalahan ketika sistem operasi usaha sudah berjalan. Namun bila masih terjadi kesalahan juga bisa segera diselesaikan dengan baik sehingga usaha tersebut bisa berjalan dengan lancar kembali.


Membuat Perencanaan

Membuat perencanaan bisnis itu tidak boleh sembarangan. Namun harus dipikirkan secara matang sehingga apa yang kita cita-citakan pada usaha yang kita jalankan tersebut bisa tercapai. Berikut ini ada beberapa hal yang mesti dipertimbangkan ketika membuat suatu program atau perencanaan usaha dan bisnis.

  1. Konsep perusahaan

    Sebelum memutuskan untuk membuka suatu usaha, kita harus membuat konsep perencanaan pada jenis usaha yang mau dijalankan. Apakah merupakan perusahaan produksi, jasa, penjualan dan lain-lain. Disarankan agar jenis usaha yang mau tekuni sesuai dengan minat, keinginan serta bakat yang dimiliki.


  2. Pendanaan

    Masalah pendanaan adalah salah satu hal yang paling penting yang harus dipikirkan ketika membuat perencanaan bisnis. Sesuaikan dana yang dimiliki dengan jenis usaha yang mau dijalankan serta semua pengeluaran untuk biaya operasional ketika usaha tersebut belum mampu mendatangkan keuntungan.


  3. Target waktu

    Perencanaan untuk masalah ini meliputi waktu atau durasi perusahaan bisa berkembang serta mandiri 100%. Yang dimaksud dengan mandiri di sini adalah sudah mampu berjalan tanpa dukungan dana dari pemilik usaha lagi karena sudah bisa menghasilkan laba atau keuntungan. Hal ini punya hubungan yang sangat erat dengan masalah pendanaan seperti yang telah dijelaskan pada nomor dua.


  4. Target pemasaran

    Hal ini juga harus dipikirkan dengan matang dalam membuat perencanaan bisnis. Siapa saja golongan orang atau masyarakat yang bisa menjadi konsumen terhadap produk dari usaha kita. Apakah ibu rumah tangga, bapak-bapak, remaja, anak-anak dan seterusnya. Ini juga harus disesuaikan dengan jenis usaha yang dijalankan serta produknya.


  5. Konsep pemasaran dan promosi

    Setelah tahu target konsumen yang dibidik langkah selanjutnya dalam membuat perencanaan usaha atau bisnis adalah membuat  konsep pemasaran dan promosi yang paling cocok untuk digunakan. Apakah melalui iklan di media cetak, menyebarkan brosur, mengadakan pameran, kunjungan langsung dari rumah ke rumah dan seterusnya.


  6. Persaingan

    Masalah ini juga sangat penting untuk dibuat perencanaan. Karena bila nanti usaha kita sudah bisa berkembang dan maju tentu hal ini akan memberi inspriasi atau ide pada pihak lain untuk membuat usaha sendiri yang jenis dan konsepnya sama dengan yang kita miliki. Kejadian ini tentu akan membuat pintu persaingan menjadi terbuka lebar. Jadi bagaimanapun juga kita harus mampu menghadapi persaingan ini.


Demikianlah beberapa konsep perencanaan bisnis yang bisa dilakukan bila mau membuka usaha baru. Selamat berjuang semoga sukses.



Sumber artikel...

»»  Selengkapnya...

Wednesday, May 9, 2012

Arti Penting Visi dan Misi Perusahaan

Visi dan misi perusahaan merupakan salah satu unsur kelengkapan yang harus ada dan dimiliki oleh sebuah perusahaan yang sehat. Sebab, kedua komponen ini menjadi arah dan dijadikan pedoman atas semua proses pengambilan keputusan yang hendak dilakukan perusahaan tersebut.

Secara definisi, visi dan misi perusahaan adalah dua hal yang saling berbeda. Namun, dalamm pelaksanaannnya kedua hal tersebut saling melengkapi dan mengisi sehingga menjadikan sebuah perusahaan bisa memiliki karakter yang kuat serta proses kerja yang terarah.

Secara umum visi perusahaan diartikan sebagai sebuah susunan kalimat dimana di dalamnya berisi mengenai cita-cita atau harapan yang ingin diraih perusahaan dalam jangka waktu yang akan datang. Dengan kata lain, visi adalah sebuah pernyataan dari perusahaan, ingin menjadi seperti apa dan bagaimana pada waktu mendatang.

Dalam pelaksanaan secara nyata, visi diwujudkan melaluipenciptaan produk atau pelayanan yang diberikan kepada konsumen, kebutuhan yang bisa diatasai, segmen pasar yang hendak dicapai serta nilai yang akan didapatkan serta masukan dan harapan masa mendatang.

Visi harus bisa menunjukkan keefektifannya agar mudah dipahami oleh semua orang yang ada dalam perusahaan tersebut. visi yang efektif akan memiliki karakteristik seperti :

  1. Bisa dibayangkan atau imaginable
  2. Mampu menarik perhatian semua orang yang ada dalam perusahaan tersebut
  3. Sifatnya realitis serta mampu untuk diraih
  4. Bersifat jelas.
  5. Aspiratif serta mampu beradaptasi atas perubahan yang ada.
  6. Mudah untuk dimengerti.

Lantas apa manfaat yang bisa didapatkan sebuah perusahaan dengan membuat visi bagi perusahaan mereka? secara umum ada tiga keuntungan yang bisa didapatkan perusahaan dengan membuat visi tersebut. Ketiga hal tersebut antara lain :

  1. Sebagai media untuk menyatukan tujuan, arah serta sasaran perusahaan.
  2. Sebagai landasan perusahaan guna memanfaatkan dan mengalokasikan sumber daya yang mereka miliki beserta proses pengendaliannya.
  3. Untuk membentuk serta membangun budaya perusahaan atau corporate culture.

 

Misi Perusahaan

 

Selain visi, perusahaan juga harus menentukan misi yang ingin mereka raih dalam proses kerja mereka. Secara umum, misi diartikan sebagai sebuah penyebab mengapa perusahaan tersebut ada. Sehingga misi adalah landasan atas terbentuknya sebuah perusahaan.

Menurut Peter F Drucker, misi diartikan sebagai sebuah alasan mendasar atas munculnya sebuah organisasi. dengan demikian, melalui misi perusahaan kita bisa melihat batas serta tujuan aktivitas dari bisnis yang dilakukan perusahaan tersebut, sehingga penetapan misi juga menjadi sebuah usaha untuk merealisasikan sebuah aktiviitas dimana suatu perusahaan akan menciptakan produk dan jasa yang kualitasnya memenuhi kebutuhan, keinginan serta harapan dari konsumennya.

Dalam misi sebuah produk atau jasa yang diciptakan perusahaan, harus mampu menentukan mengenai pasar dan segmen yang akan dilayani. Demikian juga mengenai sistem penciptaan produk dan jasa, harus bisa ditentukan melalui misi perusahaan. Dengan kata lain, misi bisa dijadikan media untuk perusahaan memilih cara kerja mereka dalam upaya menghasilkan produk atau jasa untuk kepuasan pelanggan.

Seorang tokoh manajemen, Wheelen menyebutkan definisi tersendiri mengenai makna misi. Menurut Wheelen, misi adalah sebuah susuan kalimat, yang didalamnya berisi mengenai tujuan atau juga alasan keberadaan sebuah perusahaan. Dimana di dalam misi tersebut berisi mengenai hal-hal apa saja yang harus dipenuhi oleh perusahaan kepada konsumen, baik dalam bentuk produk maupun jasa sesuai dengan jenis perusahaan tersebut.

Dari beberapa pemahaman mengenai definisi misi di atas dapat diketahui bahwa misi menjadi suatu kompas yang akan memandu perusahaan dalam menentukan arah serta menunjukkan jalan yang benar dalam dunia bisnis yang dihadapi perusahaan pada saat tertentu.  Misi perusahaan ini dibuat dengan tujuan untuk menginformasikan kepada semua pihak yang terkait dengan perusahaan atau stakeholder, baik dari dalam perusahaan maupun luar perusahaan. Informasi yang ingin diberikan adalah mengenai alasa sebuah perusahaan beridiri dan kemana tujuan perusahaan setelah didirikan tersebut.

Dengan kondisi ini, sebuah misi yang baik harus bisa disampaikan dalam sebuah bahasa serta kesepakatan yang bisa dipahami serta dirasakan oleh semua komponen  yang berhubungan dengan perusahaan tersebut. Tujuannya, agar semua stakeholder tersebut bisa turut berperan serta dan bahu membahu untuk membantu perusahaan meraih misi yang hendak dicapai.

Dalam menyusun sebuah misi perusahaan, terdapat beberapa hal yang harus dilalui. Beberapa tahapan tersebut diantaranya adalah :

  1.  
    1. Melakukan proses penggalian ide dengan mengumpulkan beberapa kata yang dianggap paling mampu menunjukkan kondisi perusahaan.
    2. Memprioritaskan serta fokus kepada beberapa kata yang dianggap paling penting.
    3. Melakukan kombinasi kata-kata yang sudah dipilih dalam bentuk kalimat atau paragraf yang bisa menjadi gambaran misi suatu perusahaan.
    4. Mengolah kata-kata tersebut sehingga menjadi sebuah kalimat yang paling tepat yang mampu menunjukkan kondisi perusahaan tersebut.

Selain harus ditentukan melalui proses yang cukup detail, sebuah misi perusahaan harus mampu terlihat bagus. Hal ini karena mengingat fungsi dari misi perusahaan yang akan menjadi pedoman bagi perusahaan untuk menentukan strateginya. Beberapa hal yang harus dilakukan untuk bisa membuat misi perusahaan yang terlihat bagus antara lain :

  • Misi harus dibuat dalam bahasa yang luas. Dengan kata lain mampu diterapkan dalam jangka waktu yang lama sejak misi tersebut dibuat.
  • Disampaikan dalam bahasa yang spesifik sehingga mampu menjadi media komunikasi.
  • Misi harus bersifat jelas dan fokus pada keunggulan yang dimiliki suatu perusahaan.
  • Misi tidak boleh mengandung jargon atau kalimat yang tidak memiliki makna.

 

Hubungan Visi dan Misi Perusahaan Dengan Strategi

 Setelah visi dan misi perusahaan selesai disusun, kedua hal tersebut harus menjadi pedoman bagi perusahaan untuk menentukan strategi perusahaan. Hal ini tidak boleh dibolak-balik, dimana strategi perusahaan disusun terlebih dahulu baru kemudian menentukan visi dan misi perusahaan.

Apabila hal ini terjadi maka strategi yang dibuat biasanya menjadi kurang efektif sebab akan menyebabkan pengkotak-kotakan pada komitmen serta arah dan tujuan semua orang yang berada di perusahaan. Kondisi ini disebabkan, semua orang akan memiliki visi dan misi yang tidak sama dalam melihat perusahaan mereka tersebut.

Dalam proses pengkomunikasian visi, peran seorang pemimpin akan sangat penting dalam hal ini. proses penyampaian visi dan misi perusahaan oleh seorang pemimpin dapat dilakukan dengan cara :

  1. Edukasi, yaitu dengan menciptakan pemahaman semua orang pada visi dan misi perusahaan tersebut.
  2. Authentication, yaitu dengan menciptakan keyakinan kepada semua orang bahwa antara kata dan perbuatan harus ada keselarasan dan kesesuaian.
  3. Motivasi, yaitu menciptakan kemauan dalam jiwa karyawan, bahwa dalam setiap perbuatan yang mereka lakukan harus selaras dengan apa yang menjadi tujuan dan komitmen perusahaan.
  4. Repetition, yaitu proses penyampaian visi dan misi bisa lebih muda dipahami apabila disampaikan berkali-kali.
  5. Multiple Forum, yaitu dengan menyampaikan visi dan misi perusahaan bukan hanya pada satu media saja. Namun, dalam berbagai media, visi dan misi perusahaan ini harus selalu disampaikan. Seperti pada rapat, memo atau juga pada papan pengumuman perusahaan.


Sumber artikel...

»»  Selengkapnya...

Saturday, May 5, 2012

Tips Jual Beli Barang Bekas Apa pun di Internet

Jual barang bekas sekarang menjadi tren di dunia maya. Tidak sedikit pengguna internet yang mulai melirik barang bekas sebagai produk alternatif akibat mahalnya harga barang baru. Calon pembeli tak kalah cerdik dalam membidik barang bekas. Dengan sedikit riset, barang bekas dengan kualitas jempolan bisa diperoleh dengan harga miring.

Dengan potensi yang demikian, tak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba jual beli barang bekas di internet. Apa saja dapat dijual. Asalkan barang tersebut masih memiliki kualitas yang lumayan. Jangan ragu dan risau. Dengan sedikit tips dan triks berikut, Anda dapat menjual barang bekas apa pun di internet dengan mudah dan cepat.

Riset Sebelum Jual Barang Bekas

Sebelum menjalankan aktivitas jual beli barang bekas, alangkah lebih baiknya untuk melakukan riset. Apakah guna riset ini? Dengan sebuah riset Anda akan mengetahui bagaimana peta jual beli barang bekas di internet. Peta apa sajakah itu? Beragam. Mulai produk barang bekas itu sendiri, harga, hingga kompetitor Anda. Jangan berpikir hanya Anda yang memiliki keinginan untuk menjual barang bekas. Selain Anda, mungkin ada ribuan orang yang memiliki niat serupa.

Lantas riset apa yang harus dilakukan? Pertama, galilah informasi tentang produk barang bekas dalam aktivitas jual beli online. Kira-kira barang bekas apakah yang sering dijual di internet. Riset produk sangat penting. Misalkan, banyak orang yang menjual novel (bekas) berarti produk tersebut masih laris di pasaran dan tinggi peminatnya.

Kemudian telusuri pula permintaan konsumen. Kira-kira, mereka menginginkan produk bekas apa yang ingin dijual. Bagaimana caranya? Perhatikan kotak komentar di berbagai situs atau blog jual beli barang bekas. Tak jarang request sering muncul di sini. Riset produk tak hanya dapat dilakukan di blog atau situs jual beli barang bekas. Anda dapat memanfaatkan Twitter dan Facebook atau juga forum.

Riset yang kedua adalah soal harga. Salah satu kelemahan dalam jual beli barang bekas adalah saat menentukan harga. Jika Anda masih awam, harap berhati-hati dalam membanderol barang bekas yang akan dijual. Jangan terlalu mahal, namun jangan pula terlalu murah. Jika terlalu mahal, pelanggan akan kabur. Tapi jika terlalu murah, mereka akan mengira produk barang bekas Anda murahan.

Perhatikan harga barang bekas yang dibanderol kompetitor Anda. Cermati harganya. Ciptakan kisaran harga. Anda dapat memberikan harga lebih murah atau lebih mahal dari harga di pasaran. Namun, jangan sampai perbedaannya terlalu jauh. Jika ingin memberikan harga mahal sertakan bonus dalam paket penjualan. Istilahnya orang Jawa; nguwongke uwong atau memanusiakan manusia.

Dan riset yang terakhir adalah soal kompetitor. Sekarang, banyak orang yang berkecimpung dalam jual beli barang bekas di internet sehingga Anda tidak sendiri. Perhatikan penjual lain, mereka menawarkan produk apa. Jika mereka menyediakan barang bekas A, Anda dapat menirunya. Namun, berjualanlah di lokasi lain. Jangan di tempat yang sama.

Cara lainnya dalam aktivitas jual beli barang bekas, Anda dapat melakukan sedikit variasi. Misalkan saja jika penjual A menyediakan barang B. Anda dapat menyediakan barang yang sama. Namun, berikanlah nilai plus dengan bonus atau kelengkapan lain. Misalnya dalam kemasan atau paket pengiriman. Dengan cara ini, pelanggan akan merasa diistimewakan. Dan mereka akan berfikir jika Anda adalah penjual yang berbeda dengan penjual lain di internet.

Pendek kata, riset ini sangat penting. Lakukan riset, riset, dan riset sebelum terjun ke dunia jual beli barang bekas. Jika Anda adalah orang baru dalam jual beli ini, mungkin awalnya akan sulit. Namun apabila telah mengerti sistem dan celahnya, maka di kedepannya Anda akan mengerti. Untuk mengetahui sistem serta celah tersebut, sebuah riset mutlak dilakukan. 

Kemas Barang Bekas Sebelum Jual

Barang bekas secara kasar bisa dikatakan barang ‘sisa’ atau second. Sisa dipakai orang. Entah itu rusak atau penggunanya memiliki produk yang lebih baru. Jika orang mendengar kata bekas, maka akan langsung memandang sebelah mata. Menilai barang bekas tersebut pasti rongsokan yang telah lama ‘terkubur’ di gudang. Untuk menghilangkan anggapan ini Anda harus melakukan sedikit trik sebelum memutuskan untuk jual beli barang bekas.

Triks sederhana tersebut adalah soal pengemasan. Barang baru biasanya dikemas. Entah itu dengan kardus atau plastik. Mengapa Anda tak mengemas barang bekas tersebut sebelum menjualnya? Cara pengemasannya pun tak perlu mewah. Sederhana saja, misalnya cukup bungkus dengan plastik atau kertas. Tata dengan rapi. Dan bila perlu hiasi dengan pernak-pernik lain. Pita misalnya. Cara ini ampuh untuk ‘memanipulasi’ mata calon pembeli dalam jual beli barang bekas.

Tapi ingat, kemas barang bekas tersebut setelah transaksi. Jangan saat transaksi dilakukan. Jika pembeli ingin mencobanya, bisa repot bukan? Jual beli barang bekas online memang di internet. Namun, jika pembeli ingin COD atau Cash On Demand (bayar di tempat), mereka pasti ingin mencobanya dulu bukan? Maka kemas barang bekas tersebut saat akan pengiriman atau pengambilan.

Jual Merek Bukan Produknya

Barang bekas dengan kualitas apa pun tetap saja bekas. Jadi, jangan kaget jika calon pembeli akan menawar dengan harga murah. Dengan demikian, Anda harus menjual merek bukan produknya. Misalkan saja dalam jual beli barang bekas Anda ingin menjual sebuah laptop Apple. Jangan sebut tipenya, sebut saja Apple. Tuliskan harga. Dan calon pembeli pasti akan berpikir, Apple adalah merek handal dan harganya sangat tinggi. Pasti barang bekas tersebut bukanlah barang bekas sembarangan.

Penulisan judul sangat berpengaruh untuk memantik ketertarikan pembeli dalam jual beli barang bekas. Contoh jual laptop Apple di atas juga sangat provokatif. Jika pembeli mulai tertarik bertanya, baru Anda menyebutkan tipe dan spesifikasinya. Yang penting mereka tertarik dulu untuk mampir dan bertanya. Bila perlu tulislah judul yang bombastis dan disertai dengan paket penjualan. Misalnya, bonus dan kelengkapan lain.

Tips Jual Beli Online

Pada uraian di atas, telah dijabarkan bagaimana tips dan trik sebelum memulai jual beli barang bekas di internet. Sekarang, tinggal menentukan lokasi jual beli tersebut. Tempat manakah yang tepat untuk melakukan jual beli barang bekas? Banyak. Setidaknya, ada empat tempat strategis dan cocok digunakan sebagai lokasi.

Tempat pertama adalah blog. Mengapa harus blog? Blog mudah digunakan dan gratis dalam penggunaan. Dan tak sedikit blog yang sekarang beralih fungsi menjadi tempat jual beli online. Kedua adalah jejaring sosial. Updates status di Facebook dan berkicau di Twitter dapat dilakukan sambil berjualan. Sematkan toko online jual beli barang bekas Anda.

Ketiga adalah forum. Gunakan Kaskus di sub forum FJB Kaskus. Tak ada yang membantah jika situs ini adalah lokasi jempolan dalam aktivitas jual beli. Dan yang terakhir adalah situs iklan atau pasar online. Ada nama Tokobagus dan Berniaga. Di kedua pasar online tersebut Anda dapat membuat sebuah gerai barang bekas secara gratis. Bagaimana dengan marketingnya, butuh iklan, kan? Gunakan situs iklan jual beli gratis. Ada ratusan situs iklan gratis di internet yang bisa dimanfaatkan sebagai amunisi marketing.

Dengan pelbagai tips dan triks di atas, bukan tak mungkin Anda dapat dengan mudah untuk menjual barang bekas di internet. Selamat mencoba.



Sumber artikel...

»»  Selengkapnya...

Wednesday, May 2, 2012

Fotografer Freelance, Kantongi Laba Dari Moment Istimewa

"Dengan bermodalkan sebuah kamera sebagai senjata utamanya, para pemula bisa menawarkan bisnis jasa fotografer freelance dengan kisaran harga yang cukup beragam."

bisnis mahasiswa 200x156 Fotografer Freelance, Kantongi Laba Dari Moment IstimewaMerintis sebuah usaha memang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Termasuk juga ketika kita masih duduk di bangku kuliah dan menekuni sebuah hobi yang ternyata tidak hanya memberikan kesenangan bagi diri kita pribadi, namun juga bisa mendatangkan untung besar bila kita bisa jeli memanfaatkannya sebagai peluang usaha. Contohnya saja seperti bidang fotografi yang belakangan ini mulai banyak dicari para konsumen.


Meskipun sekarang ini peredaran kamera digital kian marak dan mulai ditawarkan dengan kisaran harga yang sangat terjangkau, namun keinginan masyarakat untuk mengabadikan moment spesialnya dengan ditangani langsung oleh fotografer handal tidaklah surut. Kondisi inilah yang bisa Anda manfaatkan dengan baik, sehingga setiap bulannya Anda bisa mengantongi laba yang cukup besar dari bisnis jasa fotografer freelance yang Anda jalankan.


Konsumen
Dalam menjalankan bisnis jasa fotografer freelance, sasaran pasar yang bisa Anda bidik sangatlah luas. Mulai dari konsumen individu yang menyelenggarakan event pernikahan, acara ulang tahun, foto keluarga, atau bisa juga konsumen lainnya yang menginginkan foto cantik dan unik untuk keperluan pre-weddingnya. Selain itu, tak jarang beberapa fotografer menjalin kerjasama dengan sekolah-sekolah ataupun kampus yang sering mengadakan event tahunan (semisal acara wisuda), serta menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan besar yang membutuhkan jasa pemotretan untuk mengambil gambar produk guna menunjang kegiatan promosi perusahaan tersebut.


artikel sumber

»»  Selengkapnya...

Menggunakan Infonet Untuk Memenuhi Kebutuhan Pasar

"Seminar Creative Industry On Net: Be A Creative Enterpreneur bertujuan memberikan wawasan pentingnya internet dalam pengembangan & pemberdayaan industri kreatif"

Seminar Be A Creative Enterpreneur 200x147 Menggunakan Infonet Untuk Memenuhi Kebutuhan Pasar Pada hari Jumat (20/4), tim PowerUp Teknik Informatika Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta, menggelar seminar yang bertajuk “Creative Industry On Net: Be A Creative Enterpreneur”. Seminar yang bertempat di Atrium Didaktos UKDW tersebut, dihadiri lebih kurang 50 orang peserta yang berasal dari kalangan akademisi dan para pelaku UKM. Menghadirkan Bapak S. Jabat Kaban (pakar UKM dan founder bisnisUKM.com) sebagai pembicara utamanya, seminar tersebut bertujuan untuk memberikan wawasan terkait pentingnya pemanfaatan internet dalam pengembangan dan pemberdayaan industri kreatif.

Mengawali seminar pada siang hari itu, Bapak Jabat Kaban langsung mengajak para peserta untuk terlibat interaksi aktif terkait tema pada hari itu. “Saat ini dunia sudah berubah, perkembangan teknologi dan informasi menyebabkan tatanan bisnis juga ikut berubah, artinya ketika Anda tidak memahami perubahan tersebut, dengan masih menjalankan pola-pola bisnis yang oldies/ tua, maka hal itu sama saja tidak ada artinya,” jelas Bapak Jabat Kaban. Kontan, penyataan Bapak Jabat Kaban itu langsung menimbulkan rasa penasaran dalam benak para peserta seminar.

Bapak Jabat Kaban 200x161 Menggunakan Infonet Untuk Memenuhi Kebutuhan Pasar Internet yang telah merubah dunia saat ini. Berbagai informasi dari belahan dapat kita raih sekarang juga, apapun yang kita cari, kapanpun kita mau, internet telah membantu menyediakan segalanya. “Seperti halnya dalam hal bisnis, keberhasilan bisnis bukan lagi faktor modal, kekuasaan, ataupun keturunan. Untuk mencapai sukses, salah satu kunci utamanya adalah bagaimana Anda mampu menguasai informasi dan intenet (INFONET) untuk memenuhi kebutuhan pasar (konsumen),” jelas Bapak Jabat Kaban. Penjelasan yang disampaikan Bapak Jabat Kaban seakan membuka pikiran para peserta seminar bahwa kini dengan internet segala sesuatunya dapat diakses dengan mudah, cepat, dan murah.

Belum reda rasa penasaran peserta dengan penjelasan tersebut, Bapak Jabat Kaban kembali mengungkapkan salah satu kunci sukses dalam menjalankan bisnis saat ini. “Chairul Tanjung pernah berkata ‘belilah masa depan dengan harga sekarang!’Artinya jika kita ingin meraih sukses di masa yang akan datang, maka kita harus memulainya dari sekarang, caranya tentu saja dengan mengetahui tren pasarnya.” terang Bapak Jabat Kaban.

Bapak Jabat Kaban dengan Panitia Seminar 200x149 Menggunakan Infonet Untuk Memenuhi Kebutuhan Pasar Selama kurang lebih satu jam, para peserta seolah ‘terbakar’ dengan apa yang disampaikan oleh Bapak Jabat Kaban. Baik akademisi dan para pelaku UKM yang hadir pada seminar tersebut setuju bahwa Internet saat ini merupakan primadona yang bisa dimanfaatkan untuk meraih kesuksesan dalam sebuah usaha.

Tim liputan bisnisUKM



artikel sumber

»»  Selengkapnya...

Sukses Toko Online Dengan Omset Ratusan Juta

"Tidak sedikit pelaku usaha yang bisa mendatangkan omset besar hingga ratusan juta rupiah dari transaksi jual beli yang mereka tawarkan melalui toko online."

toko boneka online 195x200 Sukses Toko Online Dengan Omset Ratusan JutaTeknologi informasi dunia maya yang semakin hari kian berkembang pesat, ternyata mampu mendorong perubahan gaya hidup di sebagian besar kalangan masyarakat. Bahkan melihat kondisi yang ada di sekitar kita, sekarang ini bisa dikatakan masyarakat cenderung lebih dinamis dan menginginkan segala bentuk pelayanan yang serba praktis.

Bila dulu masyarakat lebih senang berbelanja dengan sistem konvensional (datang langsung ke sebuah toko offline untuk melakukan transaksi jual beli), sekarang ini mereka lebih memilih cara yang praktis dengan memesan produk ataupun jasa melalui toko online yang memberikan pelayanan cepat dan mudah kepada para konsumennya selama full 24 jam nonstop. Tidaklah heran bila kondisi ini dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku usaha yang ingin mendapatkan untung besar setiap bulannya melalui bisnis toko online.

Tingginya minat konsumen dan luasnya jangkauan pasar yang bisa diraih, menjadi salah satu daya tarik bagi para pelaku usaha hingga akhirnya mereka mulai merambah dunia maya untuk mengembangkan sayap bisnisnya. Tidak sedikit dari mereka bahkan bisa mendatangkan omset besar hingga ratusan juta rupiah dari transaksi jual beli online yang mereka tawarkan. Contohnya saja seperti Rony Anggono Oktavianto yang sukses mengantongi omset hingga Rp 50 juta per bulan dari usaha boneka yang Ia jalankan 100% melalui media online.

Meskipun Ia memproduksi boneka-boneka lucu itu di sebuah rumah kontrakan, namun dengan memanfaatkan alamat blognya yaitu bonekaku.blogspot.com, sekarang ini Rony bisa memasarkan produk-produknya hingga berbagai penjuru nusantara. Bahkan setiap bulannya, setidaknya Rony bisa mendapatkan pesanan boneka sekitar 2.000–5.000 buah dengan jangkauan pasar yang semakin luas yakni hampir di seluruh daerah Indonesia dan mulai merambah negara Singapura.toko online 200x142 Sukses Toko Online Dengan Omset Ratusan Juta

Selain Rony yang sukses membuka toko online dari sebuah rumah kontrakan, pengusaha sukses lainnya yang mendapatkan omset rata-rata Rp 100 juta per bulan melalui toko online adalah Edi S Kurniawan yang mengembangkan bisnis grosir baju anak dan perlengkapan bayi melalui alamat websitenya Alfiababyshop.com.

Meskipun Ia memiliki lapak dagang di lantai 3A Tanah Abang, namun penjualan yang Ia peroleh setiap bulannya masih belum mencukupi biaya operasional yang dikeluarkannya setiap bulan. Hingga pada akhirnya Ia mencoba melayani pesanan produk via online dan sekarang ini usahanya telah berhasil merangkak naik dengan  perolehan omset setiap bulannya 80% dari pesanan konsumen di toko online dan 20% lainnya dari lapak offline yang Ia miliki di Tanah Abang.

Tidak hanya itu saja, kesuksesan toko online ternyata juga dialami Nano yang berhasil memperoleh omset rata-rata Rp 200 sampai 300 juta per bulan dari bisnis toko online spare part komputer yang mulai Ia rintis pada tanggal 2 Feburari 2010 silam. Melalui websitenya yang diberi nama nanokomputer.com, saat ini 70% omsetnya datang dari konsumen online dan sisanya dari lapak offline yang Ia buka di Manggadua Mall, Jakarta Pusat. Setiap harinya website Nano selalu ramai dikunjungi konsumen dan sedikitnya 10-15 orang diantaranya selalu deal melakukan pemesanan spare part komputer melalui toko online yang Ia bangun.

Ketiga contoh kisah sukses toko online dengan omset ratusan juta ini semoga bisa memberikan tambahan wawasan bagi para pembaca dan menginspirasi seluruh pelaku usaha di Indonesia untuk mulai memanfaatkan perkembangan Infonet untuk mendatangkan omset besar setiap bulannya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.

Sumber gambar :1. http://4.bp.blogspot.com/-CcLNc0mkLGY/Tn1CHA7j94I/AAAAAAAACHg/Tq6GW6ivUC4/s1600/Boneka-HelloKitty.JPG2. http://img4.tokobagus.com/64/05/6490054_18901671.jpg

artikel sumber

»»  Selengkapnya...

Popular Posts

 
Copyright (c) 2010 usaha-aku.blogspot.com. Design by WPThemes Expert

Themes By Buy My Themes, Gifts for GirlFriend And Skull Belt Buckles.