Pages

Sunday, April 29, 2012

Tips Menjadi Wirausaha Mandiri

Salah satu kunci menjadi wirausaha mandiri adalah Work Smart (Bekerja dengan Cerdas) dan Smart Worker (Pekerja yang Cerdas). Sehingga pekerjaan yang akan kita lakukan benar-benar berjalan dengan lancar dan sukses.sesuai yang kita harapkan.

A. Work Smart

Agar dapat bekerja dengan cerdas, maka ada hal-hal yang perlu kita lakukan, yaitu :

1. Definisi The End Of Mind

Sebelum kita memulai bekerja, kita harus mendefinisikan sasaran akhir dari pekerjaan kita. Jadi, sasaran tersebut yang akan kita tuju, sehingga kita tidak akan berhenti bekerja atau mengerjakan yang yang lain sebelum hal itu tercapai.

2. Clear Objectives

Setelah mengetahui sasaran akhir, kita harus memperjelas atau merinci indikator tercapainya sasaran tersebut. Jadi, buat sasaran yang terukur. Misalnya, jika sasarannya keuntungan perusahaan, maka berapa rupiah yang ingin kita capai. Jika sasarannya waktu penyelesaian pekerjaan, maka berapa lama waktu penyelesaian tugas.

3. Better Planning

Selanjutnya untuk mencapai sasaran tersebut kita harus menyusun rencana yang bagus. Cara atau syarat untuk mencapai sasaran tersebut, kita harus mengetahuinya. Jadi, benar-benar dipersiapkan langkah - langkah untuk mencapai sasaran tersebut.

4. Focus

Dari perencanaan yang telah kita susun, pasti ada beberapa pekerjaan yang sangat menentukan kesuksesan dalam pencapaian sasaran atau ada pekerjaan yang mempengaruhi pekerjaan yang lainnya. Untuk itu, kita harus fokus atau memprioritaskan pada pekerjaan tersebut, sebelum melakukan pekerjaan yang lain. Misalnya, ada sebuah proyek Seminar. Pada proyek tersebut hal yang sangat penting adalah pembicara dan tempat acara. Jadi, yang harus dikerjakan dahulu dan harus fokus adalah memastikan pembicara dan tempat acara.

5. Organizing

Setelah itu kita membentuk kepanitiaan dengan melakukan pembagian tugas dan wewenang. Harus ditentukan juga jalur koordinasinya. Dengan begitu, kita dapat melakukan pekerjaan kita dengan efektif dan efisien.

6. Controlling

Kontrol setiap proses pekerjaan, sehingga setiap ada langkah-langkah yang tidak sesuai rencana, maka kita dapat segera mengetahuinya dan memperbaikinya.

7. Team Work

Yang terakhir dan yang paling penting adalah ‘team work’. Setiap orang jika berkumpul untuk melakukan pekerjaan bersama-sama, maka kekuatannya adalah jika semua memiliki tujuan yang sama. Jadi internalisasi tujuan kedalam team work ini harus terus dijaga. Sehingga dapat membentuk ‘team work’ yang solid dan bekerja dengan baik.

B.  Smart Worker

Setelah kita bekerja dengan cerdas, maka langkah selanjutnya adalah kita harus bisa menciptakan pekerja yang cerdas. Adapun pekerja yang cerdas adalah pekerja yang memenuhi kriteria “SMART” berikut ini :

  • Specific, yaitu sasarannya harus jelas dipahami oleh seluruh komponen perusahaan
  • Measurable, yaitu sasarannya harus dapat diukur dengan ukuran tertentu
  • Attractive, yaitu sasarannya harus menantang
  • Realistic, yaitu sasaran kerjanya harus realistis sesuai kemampuan atau resources yang ada
  • Time Table, yaitu waktu pencapaian harus terencana


Sumber artikel...

»»  Selengkapnya...

Thursday, April 26, 2012

Kunci Sukses Usaha Baru

Dunia wirausaha membutuhkan manusia yang memiliki inovasi dan keberanian dalam menciptakan sebuah [kwd]usaha baru[/kwd]. Kreativitas adalah kunci mutlak bagi seseorang untuk bisa meraih sukses dalam persaingan bisnis. Tanpa dibekali kemampuan tersebut, maka seseorang yang masuk ke dalam dunia bisnis tidak akan mampu meraih kesuksesan dan cenderung menjadi bagian kecil dalam dunia usaha.

Padahal di tengah resesi ekonomi dunia seperti sekarang ini, dunia bisnis banyak dijadikan pilihan manusia dalam mendapatkan penghasilan. Ketidakpastian dunia kerja dan semakin sempitnya lapangan pekerjaan yang tersedia, menuntut kreativitas tersendiri bagi semua orang untuk bisa tetap bertahan hidup.

Dan tuntutan untuk mencari kreativitas tersebut, bukan hanya dibebankan pada mereka yang hendak membuka usaha baru. Namun juga ditujukan bagi mereka yang sudah terjun ke dunia usaha untuk tetap berpikir maju dan kreatif. Hal ini ditujukan agar aktivitas bisnis yang sudah dijalankan, bisa tetap berjalan dan bergerak seiring dengan perkembangan zaman.

Karena sebuah usaha bisnis yang tidak dibekali dengan kemampuan dan kemauan untuk mengikuti perkembangan zaman, lambat tapi pasti usaha tersebut akan tersisihkan dan mengalami kehancuran. Seperti pada dunia perdagangan. Hampir semua orang yang bergerak dalam aktivitas perdagangan, selalu dituntut untuk mengenal teknologi internet.

Kondisi ini mengingat pada era sekarang ini, internet sudah menjadi kebutuhan mutlak bagi semua orang. Tidak ada satu sektor kehidupan pun yang terlepas dari jasa internet. Perdagangan berbasis internet atau online shop, demikian subur tumbuh dan berkembang. Apalagi berbagai kemudahan yang ditawarkan dalam proses pendirian sebuah online shop ini, menjadikan banyak orang melirik bisnis tersebut.

Demikian pula, bagi mereka yang bergerak dalam bisnis lain, seperti kontraktor. Pada saat ini, kegiatan penawaran tender proyek nyaris semuanya menggunakan internet. Mulai dari pengumuman proyek, hingga pelaksanaan lelang tender dan juga pengumuman persyaratan untuk mengikuti tender. Semua disampaikan melalui internet. Sehingga, bagi perusahaan kontraktor yang tidak memiliki pengalaman di bidang internet, mereka tidak akan lagi mampu mendapatkan tender seperti para pesaingnya.

 

Keluar Dari Persaingan

 Persaingan yang terlalu ketat, seringkali membawa dampak yang kurang baik dalam perkembangan sebuah usaha. Untuk mereka yang memiliki modal kuat dan sudah memiliki posisi, bukan hal sulit untuk terus bersaing dalam kancah persaingan. Hal ini karena mereka akan selalu mampu mengikuti apa yang menjadi permainan pasar dalam upaya memenangkan pertempuran bisnis tersebut.

Hal ini berbeda dengan mereka yang memiliki keterbatasan modal serta masih belum terlalu lama masuk ke dunia usaha tersebut. Bisa dipastikan kelompok inilah yang akan menjadi korban pertama kali dalam sebuah persaingan bisnis. Tidak jarang, sebelum usaha yang mereka jalankan mendapatkan keuntungan atau minimal meraih titik impas, usaha yang dijalankan harus mengalami kebangkrutan.

Di dalam konsep bisnis, persaingan yang terjadi dalam sebuah usaha digambarkan sebagai sebuah lautan. Dimana warna lautan tersebut akan ditentukan seberapa banyak pelaku bisnis yang bermain dalam sebuah sektor usaha tersebut.  

Sebuah usaha baru yang belum banyak terdapat pesaing, akan digambarkan sebagai sebuah lautan biru. Dimana dalam lautan tersebut, kondisinya masih sangat sehat dan kondusif untuk tumbuh dan berkembangnya sebuah usaha. Sehingga, sektor bisnis ini layak untuk dimasuki dan menjadi pilihan seseorang untuk masuk ke dalamnya.

Sebaliknya, sebuah usaha yang sudah dipenuhi para pelaku bisnis serta diwarnai persaingan yang kurang sehat, akan digambarkan sebagai sebuah lautan merah. Warna merah ini diibaratkan sebagai warna darah, karena persaingan usaha yang terjadi sudah dalam taraf yang kurang sehat. Dampaknya, akan terjadi persaingan yang berujung pada penurunan harga jual produk.

Semua perusahaan akan berlomba-lomba menurunkan harga produk demi meraih simpati calon konsumen. Jika ini dibiarkan dalam jangka waktu lama, akan menjadi sebuah jalan menuju kematian aktivitas usaha. Karena penurunan harga jual produk, akan berdampak pada semakin turunnya angka keuntungan. Lebih parah lagi, jika pada akhirnya perusahaan hanya mengejar angka penjualan dan mengabaikan nilai keuntungan.

Pada kondisi ini, sebuah persaingan usaha bisa dikatakan dalam kondisi yang sudah berdarah-darah. Sebab, proses yang terjadi bukan lagi sekedar bagaimana mendapatkan konsumen dan mengangkat angka penjualan produk. Namun sudah mengarah pada bagaimana mematikan pesaing dengan cara apapun, termasuk menjual produk di bawah harga produksi. Tentunya, ini bukan sebuah kondisi yang sehat untuk masuk ke dalam persaingan di sektor tersebut.

 

Berubah

 Salah satu kunci untuk meraih keberhasilan dalam menjalankan sebuah usaha baru adalah keterbukaan pikiran untuk mau mengikuti perubahan. Dengan cara ini, kita akan berada dalam posisi fleksibel dalam mengikuti kemana arah usaha yang positif. Jika kita hanya berdiam diri dan merasa puas dengan strategi lama yang pernah dijalankan, hampir dipastikan kita akan mengalami kehancuran dan kegagalan berbisnis.

Mereka yang hendak menjalankan sebuah usaha baru, tidak perlu ragu untuk berani berpikir berbeda. Salah satu filosofi yang bisa dipilih adalah “jangan berlari di mana bola berada, tapi berlarilah kemana bola akan bergulir”. Konsep ini mengajarkan kepada kita, untuk jangan sekadar memilih sebuah sektor usaha yang pada saat ini nampak mengggiurkan.

Namun sebaliknya, kita harus bisa memilih posisi pada sebuah usaha yang dalam jangka waktu mendatang akan menghasilkan peluang besar. Untuk pemahaman ini, sudah banyak contoh kasus yang bisa kita lihat.

Tengok saja dalam bisnis air mineral dalam kemasan. Pada awal kemunculannya di tahun 80an, penggagas bisnis air mineral dalam kemasan ini bahkan sempat disebut sebagai pengusaha gila. Hal ini karena dirinya berani menjual harga air putih yang nyaris sama harganya dengan harga bensin pada saat itu.

Namun, pada saat ini kita sudah melihat bukti bahwa air minum dalam kemasan menjadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat. Kondisi ini seiring dengan menurunnya kualitas air tanah dan juga peningkatan kesadaran akan kualitas kesehatan masyarakat.



Sumber artikel...

»»  Selengkapnya...

Sunday, April 22, 2012

Pentingnya Motivasi untuk Pengembangan Diri

Satu aspek penting dalam kehidupan kita adalah motivasi untuk menghadapi kehidupan ini. Hal ini karena untuk kehidupan yang bersemangat, maka harus ada sesuatu yang mampu membangkitkan keinginan untuk mencapai tujuan hidup. Inilah yang selanjutnya kita sebut sebagai motivasi hidup. Dengan motivasi inilah, maka tumbuh dan berkembang semangat untuk menghadapi dan menyelesaikan setiap permasalahan yang ada di dalam kehidupan.

Dalam konteks lainnya, motivasi  ini selanjutnya kita terapkan dalam sebuah visi dan beberapa misi agar semakin mudah dalam mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Visi dan misi inilah yang selanjutnya menjadi kendaraan bagi kita untuk mencapai tujuan hidup. Dan, dalam aspek kewirausahaan, motivasi merupakan aspek penting untuk dapat mengembangkan kemampuan yang ada dalam diri sehingga muncul sebagai kompetensi khusus diri.

Kompetensi diri ini selanjutnya menjadi branding-self bagi kita sehingga  semua orang mengenal dan mengakui eksistensi kita di masyarakat. Dengan kompetensi diri inilah, maka kita dapat ikut berperan aktif dalam kehidupan dan ikut secara aktif menentukan arah kehidupan yang kita jalani.


Mengembangkan Diri Berbasis Buku

Sebenarnya, ketika kita membicarakan masalah motivasi, maka kita mengenal ada 2 (dua) jenis motivasi, yaitu motivasi dari diri sendiri dan motivasi dari orang lain. Tentunya dengan jenis motivasi ini, maka kita dapat mengetahui dan merasakan bahwa keduanya mempunyai peranan penting dalam memberikan dukungan pencapaian keberhasilan hidup, khususnya dalam kegiatan kewirausahaan.

Jika motivasi dari diri sendiri merupakan motivasi yang tumbuh dan berkembang dari dalam diri sendiri sebagai bentuk kesadaran atas pentingnya ikut serta dalam percaturan kehidupan, maka motivasi dari orang lain merupakan kesinergisan kita dengan orang lain. Dan, salah satu motivasi dari luar dapat kita peroleh dari membaca buku tentang motivasi. Dengan buku motivasi inilah, maka kita dapat mengambil banyak pelajaran untuk dapat mengembangkan diri kita.

Buku motivasi merupakan sumber literasi yang cukup signifikan untuk mengembangkan diri.  Kita dapat membaca banyak informasi yang mampu mencerahkan hati dan diri kita sehingga kondisi kondisi negative yang ada dalam diri kita dapat kita anulir dengan menggantikannya dengan kondisi kondisi positif. Inilah yang selanjutnya kita harapkan dapat menjadi kebiasaan yang mendukung  upaya pencapaian tujuan hidup.


Pentingnya motivasi dalam berwirausaha

Dan, dalam dunia bisnis wirausaha, motivasi memegang peranan dalam prosentase pencapaian keberhasilan usaha. Hal ini karena tidak semua orang mempunyai keberanian dalam memutuskan diri menggeluti dunia wirausaha. Banyak orang yang merasa ragu atas kemampuannya dalam kegiatan wirausaha. Oleh karena itulah, maka penting sekali keberadaan motivasi untuk berwirausaha.

Sementara itu, keberadaan motivasi dalam berwirausaha tidak lain adalah untuk dapat mengembangkan diri secara maksimal berbasis pada kemampuan usaha. Setiap orang, sebenarnya mempunyai kemampuan untuk berusaha, tetapi dalam konteks usaha komersial, masih banyak orang yang meragukan kemampuan dirinya.

Pengembangan diri ini kita lakukan sebagai langkah konkrit untuk menghadapi kehidupan ini dengan lebih baik. Seperti kita ketahui, perkembangan pola dan kondisi kehidupan sedemikian pesat sehingga jika tidak diimbangi dengan pengembangan diri, maka kita dapat terlindas oleh roda kehidupan.

Oleh karena itulah, maka setiap orang harus mempunyai keyakinan atas kemampuan yang dimilikinya. Tanpa keyakinan tersebut, maka segala kegiatan tidak dapat maksimal. Dan, dalam hal inilah, peranan motivasi diharapkan dapat memberikan dorongan dan dukungan semangat.

Dengan memperhatikan uraian yang telah dipaparkan, maka setidaknya kita mempunyai keyakinan diri bahwa sebenarnya unuk menjalani kegiatan wirausaha bukanlah hal yang  menakutkan. Justru, jika kita memiliki motivasi bagus dalam berwirausaha, maka segalanya sangat mudah untuk dilakukan dan kita dapat memperoleh hasil yang maksimal.

Oleh karena itu, maka untuk dapat menjalani bisnis wirausaha, kita harus mempunyai motivasi yang tinggi dan hal tersebut dapat kita peroleh dengan membaca buku motivasi yang dapat kita beli di toko buku. Dengan buku-buku motivasi, khususnya terkait dengan wirausaha, maka kita dapat mengembangkan diri dalam dunia usaha dan menjadikan kita sebagai wirausahawan berhasil. Mengapa kita meragukan hal tersebut? Segera lakukan untuk mendapatkan hal terbaik bagi kehidupan kita.



Sumber artikel...

»»  Selengkapnya...

Thursday, April 19, 2012

Tips Jual Blackberry Bekas di Internet

Ingin jual Blackberry bekas? Apa yang biasanya Anda lakukan ketika akan menjual barang bekas apa pun, menawarkannya ke teman, mengiklankan di koran, atau membawanya ke toko barang bekas? Jika Anda terbiasanya dengan internet, maka manfaatkanlah aktivitas tersebut untuk jual Blackberry bekas Anda. Sebab bisa saja Anda dapat memeroleh tawaran harga lumayan dari pemburu Blackberry bekas di dunia maya.

Lantas apa yang harus dilakukan? Sekarang, buatlah sebuah list apa saja aktivitas Anda di internet. Chatting, email, jejaring sosial, nongkrong di forum, nge-blog, melihat iklan, atau sekadar mencari informasi? Di semua kegiatan tersebut dapat dimanfaatkan dalam jual Blackberry bekas. Tinggal Anda menyelipkan sebuah iklan terselubung atau bahkan iklan langsung di semua aktivitas di atas.

Jual Blackberry via Chatting

Pesan instan atau chatting dapat dimaksimalkan untuk aktivitas jual beli. Termasuk jual Blackberry bekas. Caranya tinggal mengubungi teman-teman Anda yang online dalam pesan instan tersebut. Jangan asal kirim massal info jual Blackberry bekas. Namun, hubungi satu demi satu dari mereka. Tawarkan Blackberry bekas tersebut.

Jika Anda mengirim pesan massal atau yang populer dengan nama broadcast message, bisa jadi Anda dapat dikira spamer. Cara ini sangat tidak dianjurkan. Sangat tidak sopan. Teman-teman Anda bukanlah sebuah tempat sampah. Sapa mereka satu demi satu. Utarakan niat Anda dalam jual Blackberry bekas.

Kita bermain untung-untungan saja. Jika Anda memiliki 100 teman online di pesan instans, masa tidak ada salah satu dari mereka yang tertarik? Mungkin saja mereka tidak tertarik, namun siapa tahu di antara teman mereka ada yang tertarik. Dan teman tersebut bisa mengabarkan berita jual Blackberry bekas Anda ke temannya.

Jual Blackberry via Email

Untuk jual Blackberry bekas via email caranya hampir serupa dengan via chatting. Jangan asal mengirim email. Kirimlah email ke alamat email yang benar-benar Anda kenal. Pilih kontak email yang akan dikirimkan kabar niat Anda jual Blackberry bekas. Tuliskan dalam bahasa personal. Maksud dan tujuan mengapa Anda jual Blackberry bekas tersebut. Jangan lupa sertakan harga dan foto Blackberry ini. Jangan hanya satu foto. Jika perlu sertakan video biar mereka benar-benar yakin. Tak hanya foto Blackberry saja. Sertakan foto kelengkapannya. Seperti kardus atau perangkat bawaan lain.

Yang perlu diingat dalam jual Blackberry via email, selalu pantau terus email Anda. Buka email tersebut. Kunjungi setiap saat. Cek selalu jika ada pesan masuk. Apabila ada yang membalas email jual Blackberry dan Anda tak segera meresponnya, bisa saja calon pembeli tersebut akan kecewa dan tidak ingin melanjutkan transaksi.

Jual Blackberry via Jejaring Sosial

Beraktivitas sosial di dunia maya juga dapat dimanfaatkan sebagai media untuk jual Blackberry bekas. Anda dapat menawarkan ke teman yang kebetulan butuh Blackberry bekas, atau hanya sekadar menuliskan status dengan menyematkan iklan terselubung ingin jual Blackberry bekas.

Misalkan saja, Anda ingin jual Blackberry via Facebook. Tulis saja niat Anda tersebut. Lengkapi dengan foto dan gambar Blackberry bekas ini. Tulis harganya, spesifikasinya, dan perangkat lainnya. Jangan membanderol terlalu mahal. Namun jika ingin harganya tetap tinggi, sertakan keterangan jika harga masih bisa ditawar. Apabila berkicau lewat Twitter, caranya juga hampir serupa. Sertakan foto untuk memertegas maksud Anda dalam jual Blackberry bekas. Ingat jumlah karakter Twitter sangat terbatas sehingga jangan boros dalam penulisan.

Anda juga dapat langsung menuju user yang kebetulan membutuhkan atau ingin mencari Blackberry bekas. Manfaatkan menu search Twitter. Cari tweet yang berkaitan dengan kebutuhan Balckberry bekas. Jika ketemu, balas tweet tersebut dengan niat Anda untuk jual Blackberry bekas. Yang patut diperhatikan adalah jangan salah membalas tweet meski memiliki kaitan dengan Blackberry bekas. Balaslah tweet tersebut apabila memang mengandung kalimat yang membutuhkan atau ingin mencari orang yang jual Blackberry bekas. Jika Anda asal nyamber tweet yang tak ada hubungannya dengan keinginan untuk membeli Blackberry bekas, Anda akan dianggap sebagai spamer. Meskipun niat Anda hanyalah ingin jual Blackberry bekas via Twitter.

Jual Blackberry via Forum

Forum adalah tempat yang ramai. Tempat orang berkumpul. Forum di internet sekarang jumlahnya meningkat dan aktivitas apa saja dapat dilakukan di forum, termasuk jual beli. Nah, Anda dapat memaksimalkan salah satu fitur forum (jual beli) untuk jual Blackberry bekas. Salah satunya adalah Kaskus.

Di forum terbesar tanah air ini Anda akan bertemu dengan 3 juta member lebih. Di Kaskus telah tersedia sub kanal khusus yang disediakan bagi membernya yang ingin berdagang online. Cobalah sub forum ini untuk jual Blackberry bekas. Daftar ke Kaskus. Prosesnya sangat mudah dan cepat. Jika sudah, masuk ke sub forum jual beli. Buat sebuah thread baru. Ingat, thread jual bukan thread beli. Tuliskan dengan kalimat yang menarik serta judul yang bombastis. Ingat, yang jual Blackberry bukan Anda saja. Banyak pengguna Kaskus lain yang memiliki niat serupa dengan Anda.

Salah satu cara untuk ‘mengakalinya’ selain membuat judul yang bombastis, yaitu dengan memberikan penawaran khusus. Misalnya dengan bonus atau layanan pengiriman gratis. Jangan lupa untuk mencantumkan kontak Anda agar calon pembeli mudah terhubung. Dengan triks demikian, bisa jadi lapak jual Blackberry bekas Anda akan ramai pengunjung.

Jual Blackberry via Blog

Suka ngeblog? Mengapa tak menggunakan blog sebagai media jual Blackberry bekas. Tulis di blog Anda dengan posting-an yang berupa foto dan gambar terkait Blackberry yang akan dijual. Bila perlu sertakan video. Kemudian sebar postingan tersebut ke jejaring sosial yang Anda miliki. Jangan lupa untuk sesekali mencek blog jual Blackberry tersebut. Siapa tahu di kotak komentar ada yang menulis tentang ketertarikannya. Tinggalkan kontak yang dapat dengan mudah dijangkau calon pembeli. Sebab komunikasi antara Anda dengan calon pembeli tidak hanya dilakukan via blog saja.

Jual Blackberry via Situs Iklan Gratis

Selain dengan pelbagai cara di atas, jual Blackberry bisa dilakukan pula dengan memanfaatkan situs iklan gartis. Tidak sedikit situs iklan gratis yang bertebaran di dunia maya. Salah duanya adalah Tokobagus dan Berniaga. Dua situs tersebut merupakan sentral aktivitas jual beli online. Di keduanya telah disediakan lapak khusus untuk kegiatan jual beli. Termasuk jual Blackberry bekas. Anda tinggal mendaftar di situs tersebut. Prosesnya cukup mudah dan cepat. Situs-situs ini tidak memungut biaya alias gratis.

Ambil foto Blackberry bekas Anda. Usahakan lebih dari satu. Tampak depan, samping, belakang, atas, dan bawah. Ambil juga foto perangkat tambahan. Seperti kardus, charger, headset, dan lain sebagainya. Tinggalkan kontak Anda yang dapat dihubungi calon pembeli yang tertarik dengan lapak jual Blackberry bekas tersebut.

Layaknya blog, selalu kunjungi situs jual beli tersebut secara berkala. Mungkin saja akan ada menuliskan komentar yang menunjukkan ketertarikan pada aktivitas jual Blackberry Anda. Apakah situs ini menerapkan pungli di setiap produk yang terjual? Tentu saja tidak. Anda dapat menjual produk sebanyak-banyaknya asalkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Apakah masih ragu dalam memaksimalkan seluruh aktivitas internet dalam jual Blackberry bekas? Jika iya, tuliskan di kotak komentar keraguan Anda tersebut. Selamat mencoba!



Sumber artikel...

»»  Selengkapnya...

Monday, April 16, 2012

Tips Menjadi Pengusaha Distributor Oli

Apakah menjadi distributor oli merupakan pilihan yang tepat sebagai ladang bisnis? Tanpa pengetahuan tentang oli, jangan coba-coba menjadi distributor oli. Pengetahuan tentang produk itu sangat penting. Kalau masalah cinta pada produk yang akan menjadi wadah berbisnis, itu perkara lain. Cinta itu bagaimanapun bisa ditumbuhkan seiring dengan bergulirnya waktu. Intinya kalaupun jiwa dan cinta belum ke arah menjadi distributor oli tapi peluang ternyata ada pada jalur distributor oli, ambil dulu. 

Jadikan peluang itu sebagai sarana belajar. Nantinya kalau cinta pada oli ternyata terpupuk dengan baik, teruskan. Tapi kalau cinta pada oli itu tidak tumbuh juga, tinggalkan dan cari peluang bisnis lain. Teori mungkin terlihat mudah tapi kenyataannya memang semudah itu. Banyak pengusaha yang putar haluan setelah menjadi distributor oli untuk beberapa saat. Ternyata bisnis oli itu tidak selicin olinya. Tetap saja apapun yang ada di depan mata, ketika peluang itu menjadi distributor oli, hantam dulu.

Apa yang Harus Diketahui Sebelum Menjadi Distributor Oli?

Berbisnis itu tidak gampang. Banyak rintangan. Banyak cobaan. Tapi apakah semua rintangan dan semua cobaan itu harus menenggelamkan keinginan untuk menjadi seorang pebisnis? Bagi seorang pebisnis sejati, hidupnya adalah bisnisnya. Rintangan dan cobaan itu hanyalah bagian dari seni menata hidup. Pun ketika Anda memutuskan untuk menjadi seorang distributor oli.

Beragam bisnis dicoba sebelum menemukan oase bisnis yang sebenarnya. Begitupun dengan langkah awal sebagai distributor oli. Ada beberapa hal yang harus disiapkan.

1. Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menjadi Distributor Oli - Analisis Pasar

Pertama adalah analisis pasar. Apakah ada pasar yang akan mendukung bisnis sebagai distributor oli? Bila jawabannya ada. Berapa banyak kira-kira penyerapan pasar terhadap produk oli yang akan dijual? Kalau cukup banyak dan cukup menguntungkan, barulah memikirkan tempat yang akan digunakan sebagai gudang dan kantor. Setelah itu persiapkan armada angkutan semisal truk Colt diesel, pick up, truk Fuso, dan lain-lain. 

2. Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menjadi Distributor Oli - Siapkan Tenaga Kerja

Kedua, untuk menunjang bisnis sebagai distributor oli tersebut, dibutuhkan bantuan dan pihak lain, seperti, karyawan. Untuk perusahaan yang baru dibuka, mungkin pengrekrutan karyawan dibatasi. Yang dibutuhkan oleh perusahaan distributor oli yang baru adalah tim pemasaran yang selain tahu tentang produk yang akan dipasarkan, juga paham pasar dan bagaimana mendapatkan penawaran di beberapa calon konsumen.

Perang harga mungkin terjadi. Oleh karena itu pelayanan prima menjadi salah satu kunci sukses tidaknya sebuah perusahaan distributor oli. Selain tim pemasaran yang solid, seorang pekerja yang bertanggung jawab pada bidang administrasi juga tidak kalah besar perannya.

Tanpa pembukuan dan pengarsipan yang baik, sebagai distributor oli Anda pasti akan kewalahan, para petugas yang ada di lapangan pasti akan mendapatkan kesulitan yang luar biasa terutama ketika penawaran banyak masuk. Terkadang banyaknya penawaran yang masuk akan menjadi masalah tersendiri. Apalagi konsumen biasanya akan membayar pesanan paling cepat satu bulan berikutnya. 

Bagi perusahaan distributor oli yang baru berdiri, keadaan ini bisa membuat pusing. Untuk mengatasinya, salah satu solusinya adalah dengan melibatkan pihak ketiga. Pihak ketiga ini bisa disebut sebagai pemegang modal untuk jenis penawaran khusus.

Tentu saja ada pembagian keuntungan yang telah disepakati sebelumnya. Prinsip ‘dari pada kalah 100%, mending memberikan kemenangan kepada orang lain tapi masih tetap mencicipi nikmatnya kemenangan’, jangan-jangan menjadi salah satu inspirator orang-orang yang mempraktikkan metode ini dalam perusahaan disributor oli-nya. Tidak jadi masalah prinsip apa yang dipakai asalkan hasilnya halal.

Pengetahuan Sebagai Pengusaha Distributor Oli

Belajar itu tidak ada habisnya. Bagi seorang pebisnis, belajar itu adalah napas. Kalau tidak belajar, itu artinya napas berhenti dan mati. Apa lagi yang harus dipelajari oleh seseorang yang bergerak di perusahaan distributor oli?

Sebagai seorang yang berminat untuk menjadi seorang distributor oli, tentu saja bahasa yang dipakai dalam menerangkan setiap produk oli yang dihasilkan oleh beragam perusahaan baik yang ada di Indonesia maupun perusahaan oli yang berasal dari negara lain.

COO atau Certificate Of Originality yang merupakan satu pembuktian kalau oli yang dipasarkan itu adalah oli asli dan bukan oli tiruan. Adalah satu hal yang sangat merugikan pihak distributor oli manakala ternyata oli yang mereka pasarkan merupkan oli palsu.

Oli palsu ini dapat merusak mesin dengan cepat. Kalau hal ini terjadi, tamatlah perusahaan distributor oli tersebut. Kalaupun tidak tamat, mungkin perusahaan distributor oli Anda akan mati perlahan atau susah untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumennya.

Setelah COO, ada COA atau Certificate Of Analysis. Surat keterangan satu ini biasanya ada pada produk impor. Misalnya, produk-prosuk dari Shell, Mobil, Esso, Total, dan lain-lain. Perusahaan distributor oli harus mengecek semua keterangan yang ada di COA tersebut.

Di COO disebutkan batch Number (tanggal-bulan-tahun produksinya serta kapan kadaluarsanya). Pada COA disebutkan juga cara menangani jenis oli tertentu dan spesifikasinya. Misalnya, SAE (Sociaty Automotive Engineering atau standar kekentalan oli untuk otomotif). Kekentalan ini contohnya dilambangkan dengan SAE 20-50w. Seorang distributor oli mutlak mengetahuinya.

Selain itu, distributor oli juga mutlak mengetahui bahwa juga ada keterangan mengenai density (berat jenis oli), ISO (International Standard Oganisation) yang menunjukkan standar kekentalan oli yang digunakan untuk industri.

Biasanya sebelum memasarkan oli tertentu, perusahaan distributor oli sudah mendapatkan pelatihan dari pihak perusahaan yang memproduksi oli tersebut. Pelatihan tersebut berupa pengetahuan tentang produk, cara pemakaian, kendala yang mungkin terjadi dan cara mengatasinya. Pun cara pemasarannya.

Bila terjadi kendala yang sekiranya tidak bisa diatasi oleh pihak distributor oli, maka pihak produsen oli akan memberikan bantuan teknis yang dibutuhkan. 

Kerja sama yang sangat baik antara perusahaan distributor oli dan perusahaan yang memproduksi oli tersebut akan sangat menentukan apakah bisnis oli akan berjalan dengan lancar atau tidak. Oli yang sangat dibutuhkan dalam menunjang kelancaran sebuah mesin memang harus diperlakukan secara lebih istimewa.

Keuntungan yang menjanjikan cukup bagus. Satu drum oli bisa memberikan keuntungan Rp 200.000 – Rp 300.000. Kalau dalam satu bulan satu perusahaan memesan 100 drum secara regular untuk waktu satu tahun, sudah bisa dihitung berapa keuntungannya. Rp 200.000 dikalikan 100 drum dikalikan 12 bulan. Makmurlah perusahaan distributor oli tersebut. Asal mampu mempertahankan konsumen lama dan terus mendapatkan konsumen baru, pelebaran sayap perusahaan distributor oli tentunya bisa dilakukan.

Masalah Perusahaan Distributor Oli

Masalah yang dihadapi oleh perusahaan distributor oli hampir sama dengan masalah yang dihadapi oleh perusahaan distributor lain. Contohnya, pengangkutan. Bila perusahaan distributor oli tidak mempunyai armada pengangkutan yang cukup handal, pengiriman oli ke konsumen bisa tersendat. Kekecewaan yang dialami oleh konsumen bisa berdampak penurunan pesanan pada periode pemesanan berikutnya. 

Selain pada pengangkutan, perang harga dengan para perusahaan distributor oli lainnya bisa saja terjadi. Adanya pengoplosan oli juga bisa membuat oli asli merana walaupun mungkin tidak terlalu lama. Keadaan ini harus disikapi dengan kematangan gaya berbisnis yang cukup mapan.

Tapi bagi pemula yang baru membuka perusahaan distributor oli, hal ini bisa membuat kepala pecah kalau keadaan emosi tidak stabil. Berteman dengan sesama pengusaha yang emosinya lebih bisa terjaga adalah salah satu penguat jiwa pengusaha.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya membuat kelompok pengusaha distributor oli. Selain persaingan bisa sehat juga untuk saling menjaga kondisi kejiwaan masing-masing ketika terjadi masalah yang cukup pelik.



View the original article here



Peliculas Online

»»  Selengkapnya...

Saturday, April 14, 2012

Mencetak Keuntungan dengan Usaha Sablon

Sablon merupakan sebuah karya seni yang dituangkan dengan media t-shirt. Sablon adalah bagian dari proses produksi pada industri garmen, divisi sablon memberikan sentuhan akhir pada sebuah t-shirt agar lebih bernilai jual dan menarik pembeli. Sablon merupakan gabungan antara karya seni, teknologi dan skill

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang dunia cetak sablon, ada baiknya kita mengerti dahulu tentang deskripsi sablon sebenarnya. Yang dimaksud dengan sablon adalah upaya penggandaan atau pemindahaan objek gambar ke dalam media lain seperti, kertas, kain, t-shirt, kayu dan lain sebagainya. Tujuan sablon adalah upaya untuk menggandakan citra gambar dalam jumlah yang banyak.

Mendesain sebuah gambar dibutuhkan kreativitas dan seni yang tinggi. Proses menggambar pola untuk t-shirt dibutuhkan pemikiran yang matang agar gambar tersebut dapat diterima oleh selera pasar/konsumen.

Proses sablon dari desain gambar/tulisan perlu bantuan komputer agar desain lebih sempurna tanpa ada kesalahan. Sentuhan teknologi tak hanya berhenti pada level desain gambar, saat gambar sudah jadi, masih membutuhkan negative film, proses pengecatan dan lain sebagainya.

Sejarah Sablon

Sablon merupakan teknologi dari cabang cetak mencetak. Konon teknologi sablon ditemukan pertama kali di Negeri Sakura, Jepang. Teknologi sablon sederhana ditemukan oleh Zikukeo Hirose pada 1654-1736. Zikukeo Hirose mengaplikasikan teknik sablon sederhana untuk produksi kain kimono dan yukata.

Pada masa itu, kimono dan yukata yang disablon dihargai sangat mahal. Gambar yang banyak diaplikasikan pada kimono adalah floral khas Jepang, seperti bunga sakura, crisant dan seruni. Pada masa itu masih menggunakan cat pewarna tekstil yang terbuat dari bahan alami.

Teknik sablon kemudian diadaptasi oleh  Barat dan Eropa guna dikembangkan lebih baik dan diaplikasikan pada industri fashion. Semenjak itu, sablon yang mulanya hanya bisa menghasilkan gambar sederhana dengan satu warna saja, lantas dikembangkan menjadi lebih modern. Teknik sablon pun bisa menghasilkan desain-desain yang penuh warna dan sablon pun menjadi bagian penting dari industri fashion dunia.

Sablon pun bisa dijadikan sebagai usaha niaga yang mendatangkan keuntungan banyak, karena sablon dan pakaian merupakan satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan. Usaha sablon tak pernah mengenal musim paceklik. Target pasar usaha sablon begitu luas, dari instansi pemerintah, sekolah, maupun organisasi massa dan partai politik.

Tahapan Tenik Sablon

Teknik sablon sebenarnya bisa dipelajari oleh siapa pun, tahapannya pun tak begitu rumit. Yang dibutuhkan hanya ketelitian dan keseriusan dalam mempelajarinya. Berikut ini tahapan sederhana sablon gambar atau tulisan pada t-shirt.

1. Teknik Sablon - Desain Gambar

Desain gambar atau tulisan merupakan tahapan pertama dari menerjemahkan sebuah gagasan/ide ke dalam gambar atau tulisan. Ide tersebut dirancang sedemikan rupa hingga menjadi sebuah gambar yang sesuai dengan harapan.

Tahapan membuat gambar ini bisa dilakukan secara manual, yakni digambar dengan pensil dan spidol pewarna. Kelemahan menggambar manual yakni selain lama, jika ada kesalahaan harus diulangi dari awal lagi dengan menggunakan lembaran kertas gambar yang baru lagi.

Cara kedua dibantu menggunakan komputer dengan software pendukung desain seperti, Coreldraw, Photoshop dan lain sebagainya. Kelebihan mendesain gambar menggunakan komputer adalah meminimalkan kesalahan citra gambar yang terbentuk sehingga hasilnya sangat bagus dan sempurna. Begitupun kita bisa memiliki aneka warna yang diinginkan. Kelemahan menggunakan komputer hanya pada ketergantungan listrik. Jika jaringan PLN mati, proses desain turut berhenti dan tertunda. 

2. Teknik Sablon - Pencetak Negatif Film

Setelah desain gambar selesai dengan sempurna, maka tahap kedua desain gambar tersebut dicetak dalam format negatif film. Setelah negatif film dicetak masih diproses kedua, langkah berikutnya adalah membuat stensil. Proses ini adalah memindahkan gambar/master pada screen atau stensil. Screen ini terdapat pori-pori kecil untuk memasukkan tinta pada permukaan kain. 

3. Tenik Sablon - Media Sablon

Tahap berikutnya adalah pemilihan media sablon, yakni kain, t-shirt, polo shirt maupun spanduk. Media-media sablon yang terbuat dari kain memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Jenis kain yang sering dipakai untuk media sablon adalah nylon dan katon. Kain yang berbahan nylon sering digunakan untuk spanduk dan umbul-umbul.

T-shirt pun ada yang berbahan nylon. Biasanya untuk seragam sepak bola, seragam partai dan media promosi lainnya. Kelebihan kain nylon adalah harganya murah, sangat elestis, pori-porinya dapat menyerap tinta sablon dengan cepat dan mudah kering. Kelemahan bahan nylon antara lain mudah luntur jika terkena hujan, keringat, warnanya pun cepat pudar, ketika dipakai terasa tak nyaman di badan.

Kain yang terbuat dari katun lebih diminati konsumen karena terbuat dari kapas alami. T-shirt yang terbuat dari katun cepat menyerap tinta sablon, pori-pori kain besar dan tak mudah begeser. Jika dikenakan terasa nyaman di badan dan cepat menyerap keringat. Kain katun sangat fleksibel dipakai pada aneka iklim di dunia.  

4. Tenik Sablon - Penyablonan

Tahap berikutnya adalah proses penyablonan pada permukaan kain. Permukaan kain yang akan disablon harus diratakan terlebih dahulu dengan cara direntangkan pada papan triplek. Kemudian screen yang memuat citra gambar diisi tinta sablon. Setelah itu direkatkan pada permukaan kain.

Agar tinta sablon keluar dari pori-pori, maka harus diratakan dan ditekan menggunakan rakel yang digerakan secara vertikal. Kalau citranya hanya satu warna, maka proses penyablonannya cukup satu kali saja, lantas di jemur hingga kering. Namun jika citra gambar berwarna, maka dibutuhkan dua kali penyablonan dengan screen yang berbeda sesuai dengan kebutuhan warna masing-masing. Namun untuk tahapan penyablonan kedua, menunggu tinta sablon sebelumnya kering terlebih dahulu. 

5. Tenik Sablon - Penjemuran

Tahapan terakhir adalah penjemuran media yang sudah disablon. Penjemuran di bawah terik matahari hasilnya lebih baik dan cepat kering. Namun ketika musim hujan, pengeringan dilakukan di indoor, caranya menggunakan media pembantu yakni petromak. Media sablon diletakkan di sekeliling petromak yang menyala. Kelemahan pengeringan indoor adalah butuh waktu yang lama dan proses pengeringan tinta tak sempurna.

Jenis Sablon

Jagad persablonan menengenal beberapa jenis sablon yang dibedakan dari jenis tinta dan tekniknya. Berikut ini penjelasan jenis-jenis sablon yang ditawarkan kepada konsumen.

1. Sablon Digital

Sablon digital merupakan penemuan dari teknologi cetak secara instan dan cepat. Teknik sablon digital tak memerlukan proses dan peralatan yang banyak seperti sablon manual pada umumnya. Benda yang diperlukan untuk sablon digital adalah printer ink jet dengan tinta khusus, kertas negatif dan setrika.

Cara menyablonnya pun cukup sederhana. Citra gambar yang dipilih konsumen diprint pada kertas negatif, kemudian direkatkan pada media kain/t-shirt. Ratakan hingga benar- benar semua kertas rekat pada permukaan kain, kemudian disterika. Diamkan sejenak kemudian kertas tersebut dilepas. Sablon digital hanya cocok untuk kansumen yang menginginkan order yang sedikit atau bahkan hanya satu saja. Harganya pun relatif murah.

2. Manual Sablon

Teknik ini dikerjakan secara manual dengan menggunakan tangan. Teknik manual masih dipakai karena hasilnya diyakini lebih baik dan rapi. Hasil sablon dari proses manual banyak diminati konsumen daripada sablon digital. Jenis tinta dari sablon manual lebih banyak dan komplit. Jenis tinta yang terdapat di pasaran, antara lain tinta sablon karet, sablon floaking dan sablon UV yang bisa menyala dalam ruang gelap.

Demikianlah sekilas tentang dunia sablon yang bisa dijadikan sebagai sumber pendapatan keluarga. Sablon merupakan bisnis yang tak mengenal sepi, kapan pun pesan datang silih berganti.



Sumber artikel...

»»  Selengkapnya...

Thursday, April 12, 2012

Tips Sukses dalam Dunia Perdagangan

Dunia perdagangan sering kali dianggap sebagai dunia yang banyak menjanjikan kekayaan. Berdagang adalah salah satu cara seseorang untuk mencapai kesuksesan dan kemakmuran hidup sehingga akhirnya banyak orang yang mencoba memasuki dunia perdagangan. Bahkan di dalam salah satu buku juga disebutkan, untuk menjadi orang sukses maka masuk dalam dunia perdagangan adalah satu syaratnya.

Sebenarnya, dunia perdagangan itu tidaklah semudah kelihatannya, seperti melakukan pembelian lalu menjual barang-barang yang dibeli itu serta mendapatkan keuntungan dari selisih harga pembelian dan penjualan. Dunia perdagangan tidak sesederhana itu.

Untuk berhasil dalam dunia perdagangan, diperlukan banyak ilmu dan pengalaman yang membuat kita mampu bertahan dalam setiap permasalahan yang terjadi di dalam dunia perdagangan. Sebut saja persaingan di dalam dunia perdagangan yang kadang kala menggunakan cara-cara tak masuk di akal dan tidak memiliki hati nurani hanya untuk menyingkirkan saingannya di dalam dunia perdagangan itu.

Belum lagi usaha yang tipu menipu untuk menyalahkan pesaingnya. Bahkan di dalam dunia perdagangan banyak pula para pedagang yang melakukan black magic hanya untuk mencapai kesuksesan di dalam dunia perdagangan.

Walaupun dunia perdagangan tidak semudah dan sesederhana kelihatannya, tetapi dunia perdagangan juga tidak akan sesulit seperti kelihatannya. Kita bisa menjadi pedagang yang sukses dalam dunia perdagangan jika kita mengetahui caranya. Ada banyak cara positif yang bisa kita lakukan agar kita bisa terjun di dalam dunia perdagangan dan menjadi orang sukses.

Cara Menjadi Pedagang Sukses di Dunia Perdagangan

1. Menjadi Pedagang Sukses di Bisnis Perdagangan - Tahan Banting dan Pantang Menyerah

Menjadi pedagang yang tangguh di dalam dunia perdagangan haruslah memiliki jiwa yang tahan banting dan pantang menyerah. Akan ada banyak masalah yang bisa saja terjadi di dalam dunia perdagangan tanpa kita kehendaki. Kerugian salah satu kejadian yang paling sering terjadi di dalam dunia perdagangan. Atau ada pula berbagai masalah yang mengakibatkan dunia perdagangan lesu secara umum seperti bencana alam dan kebakaran.

Tanpa memiliki jiwa yang tahan banting dan pantang menyerah, maka para pedagang yang terlibat di dalam dunia perdagangan dan mendapatkan berbagai masalah di dalam usaha dagangnya maka akan dapat tumbang dengan mudah. Dengan keyakinan tersebut maka kita akan mampu kembali berdiri ketika kita terjatuh.

2. Menjadi Pedagang Sukses di Bisnis Perdagangan - Fokus Pada Perkembangan Usaha

Fokus pada perkembangan usaha adalah kunci penting di dalam dunia perdagangan. Ada banyak pedagang yang dalam menjalankan usahanya menjadi tidak fokus karena tergiur berbagai keuntungan yang dijanjikan oleh supplier. Contohnya saja, ketika seorang pedagang bertekat untuk memiliki usaha dalam bidang alat tulis dan kantor, maka fokuslah pada pengembangan usaha alat tulis dan kantor ini.

Jika tidak fokus, maka akan ada banyak lagi barang-barang lain yang masuk sehingga mengakibatkan fokusnya menjadi berkurang pada niat awalnya yang ingin membuat suatu usaha alat tulis dan kantor yang lengkap. Lama-kelamaan usaha yang dijalankannya itu bukan lagi menjadi usaha perdagangan alat tulis dan kantor melainkan termasuk dalam usaha perdagangan toko kelontong yang tidak memiliki spesifikasi barang yang dijualnya.

Untuk itu, pedagang yang ingin sukses di dalam dunia perdagangan haruslah fokus akan pengembangan usahanya di kemudian hari dan tidak mudah tergiur berbagai keuntungan di luar apa yang sudah ditetapkannya.

3. Menjadi Pedagang Sukses di Bisnis Perdagangan - Memiliki Tujuan Pribadi yang Jelas

Setiap pedagang yang menceburkan dirinya di dalam dunia perdagangan pastilah memiliki tujuan yang berbeda-beda. Ada pedagang yang ingin memiliki kehidupan yang mapan dengan segala kebutuhan dirinya dan keluarganya terpenuhi. Ada pula yang masuk ke dalam dunia perdagangan hanya agar memiliki kegiatan untuk mengisi masa pensiunnya.

Berbagai tujuan yang berbeda itu sebenarnya memiliki titik akhir yang sama yaitu pencapaian kesuksesan pada apa yang sudah kita jalankan. Tujuan yang tidak jelas akan membuat langkah yang kita ambil menjadi tidak jelas pula. Tetapi jika tujuan yang kita tetapkan jelas bahwa kita ingin kaya dengan masuk ke dalam dunia perdagangan, maka langkah-langkah selanjutnya yang kita ambil dalam menjalankan usaha kita ini selalu berdasarkan tujuan bahwa kita akan kaya di dalam dunia perdagangan.

4. Menjadi Pedagang Sukses di Bisnis Perdagangan - Bersedia Bekerja Keras

Tidak ada jalan pintas untuk menjadi seorang pedagang yang sukses di dalam dunia perdagangan. Cara yang pasti dan nyata akan membawa seseorang menggapai kesuksesan di dalam dunia perdagangan ini adalah kesediaannya untuk bekerja keras tanpa mengenal lelah sepanjang waktu.

5. Menjadi Pedagang Sukses di Bisnis Perdagangan - Memiliki Rencana Kerja yang Terarah

Pedagang yang sukses di dalam dunia perdagangan pasti memiliki rencana kerja yang terarah. Pedagang yang rencana kerjanya tersusun dengan rapi biasanya sudah menentukan berbagai jadwal kerja yang akan memudahkan dan memperlancar pekerjaannya sebagai pedagang di dunia perdagangan.

Mereka akan memiliki jadwal pembelian barang yang rapi, pengiriman barang ke konsumen tepat waktu, pelayanan pelanggan yang penuh kredibilitas serta rencana pembayaran ke supplier yang sesuai dengan jatuh tempo yang telah ditetapkan. Pedagang yang memiliki rencana kerja yang teratur seperti inilah yang akan bisa menjadi seorang pedagang yang mencapai kesuksesannya di dalam dunia perdagangan.

6. Menjadi Pedagang Sukses di Bisnis Perdagangan - Memegang Teguh Kejujuran

Kejujuran adalah yang paling penting dan paling utama yang akan membuat seorang pedagang dapat mencapai kesuksesannya di dalam dunia perdagangan. Nilai sebuah kejujuran itu sangat mahal harganya karena ketika seorang pedagang berlaku tidak jujur maka kepercayaan pelanggan padanya akan langsung luntur dan tidak akan ada lagi pelanggan yang mau bekerja sama dengan pedagang yang tidak jujur.

Dunia perdagangan memang sangat kejam. Ketika ketidakjujuran seorang pedagang terbuka, maka seluruh orang yang terlibat seolah-olah tahu akan ketidakjujuran yang dilakukan pedagang tersebut. Para pesaing pun tidak akan tinggal diam, mereka akan langsung ikut ambil bagian dalam kesempatan ini. Dan akhirnya pedagang yang tidak jujur itu tidak akan memiliki tempatnya lagi di dalam dunia perdagangan.

7. Menjadi Pedagang Sukses di Bisnis Perdagangan - Mengembangkan Jaringan Usaha

Pedagang yang ingin sukses dalam dunia perdagangan juga harus mampu mengembangkan jaringan usahanya. Pengembangan jaringan usaha di dalam dunia perdagangan sangat penting dilakukan karena kelak dikemudian hari, jaringan inilah yang akan membantu pedagang dalam memperluas usahanya di dalam dunia perdagangan. Pengembangan jaringan bisa dilakukan dengan mengikuti berbagai perkumpulan pengusaha perdagangan atau perkumpulan-perkumpulan sosial lainnya.

8. Menjadi Pedagang Sukses di Bisnis Perdagangan - Terus Belajar

Yang terakhir yang harus dilakukan oleh seorang pedagang yang ingin sukses di dalam dunia perdagangan adalah harus terus belajar. Ilmu pengetahuan akan terus berkembang dari waktu ke waktu. Begitu pula dengan ilmu berdagang di dalam dunia perdagangan. Untuk itulah para pedagang harus terus belajar agar dapat mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan tentang perdagangan sehingga ilmu tersebut dapat berguna dalam pengembangan usaha dagangnya.



Sumber artikel...

»»  Selengkapnya...

Sunday, April 8, 2012

Unsur-Unsur, Tujuan, dan Fungsi Kredit

Pernahkah Anda mendengar istilah kredit? Tentu saja jawabannya sering. Dalam kehidupan sehari-hari, kita kerap menjumpai istilah kredit. Baik dalam proses jual beli maupun dalam bentuk pinjaman uang ke bank. Namun, tahukah Anda mengenai definisi kredit? Secara sederhana, kredit adalah sebuah transaksi atau perjanjian yang pembayarannya ditangguhkan.

Definisi Kredit

Istilah kredit sebenarnya berasal dari bahasa Latin, yatiu credere, yang berarti ‘kepercayaan’. Sementara itu, berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, kredit berarti pinjaman sampai batas jumlah tertentu yang diizinkan oleh bank atau badan lain. Menurut asal katanya, kredit berarti ‘kepercayaan’. Oleh sebab itu, kepercayaan menjadi salah satu faktor terpenting dalam sebuah proses kredit.

Unsur-Unsur Kredit

Berikut ini merupakan unsur-unsur yang terdapat dalam kredit.

1. Kepercayaan

Keyakinan pihak bank selaku pemberi kredit terhadap prestasi yang diberikan kepada nasabah debitur untuk melunasi cicilan sesuai jangka waktu yang telah ditentukan.

2. Jangka Waktu

Adanya jangka waktu yang telah disepakati bersama mengenai pemberian kredit oleh pihak bank dan pelunasan kredit oleh pihak nasabah debitur.

3. Prestasi

Prestasi boleh dikatakan sebagai objek berupa bunga atau imbalan yang telah disepakati bank dan nasabah debitur.

4. Risiko

Untuk menghindari risiko buruk dalam perjanjian kredit, diadakan pengikatan angunan atau jaminan yang dibebankan pada pihak nasabah debitur atau peminjam.

Tujuan Kredit

Berikut ini merupakan beberapa tujuan kredit.

  • Bank selaku pemberi kredit mendapatkan keuntungan berupa bunga, biaya administrasi, imbalan, provisi, dan biaya-biaya lain yang dibebankan pada nasabah debitur atau peminjam.
  • Usaha nasabah debitur atau peminjam akan meningkat. Dengan pemberian kredit investasi maupun kredit modal, peminjam diharapkan dapat meningkatkan usahanya.
  • Banyaknya kredit yang disalurkan bank mampu meningkatkan pelaksanaan pembangunan di sektor ekonomi. Dengan demikian, pemberian kredit dapat membantu tugas pemerintah.

Fungsi Kredit

Selain memiliki tujuan, kredit memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut.

  • Meningkatkan daya guna uang.
  • Meningkatkan jumlah peredaran uang serta lalu lintas uang.
  • Meningkatkan nilai atau daya guna barang.
  • Meningkatkan peredaran atau penyebaran barang.
  • Sebagai alat penunjang stabilitas perekonomian.
  • Mengaktifkan dan meningkatkan kegunaan atau potensi ekonomi yang ada.
  • Sebagai salah satu jembatan peningkatan pemerataan pendapatan nasional.
  • Sebagai salah satu alat untuk menjalin hubungan internasional.

Itulah bahasan sekilas mengenai kredit yang meliputi unsur-unsur, tujuan, serta fungsi. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda mengenai kredit sehingga dapat dijadikan acuan sebelum mengajukan kredit. Bagaimanapun, kredit memang memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak selama bunga yang ditetapkan berada di tingkat wajar.

Semoga bermanfaat!



Sumber artikel...

»»  Selengkapnya...

Thursday, April 5, 2012

Franchise, Pilar Usaha Baru yang Menjanjikan

Pernahkah Anda melihat sebuah produk makanan yang dijual menggunakan gerobak yang begitu eye catching dan tiba-tiba menjamur dimana-mana? Itulah franchise, pilar usaha baru yang mendatangkan keuntungan menjanjikan. Franchise dikatakan pilar usaha baru karena kehadirannya mampu menyokong perekonomian si pelaku franchise dengan modal yang relatif tidak terlalu besar.

Franchise dilakukan dengan membeli merek atau hak cipta franchisor atau pemilik merek. Franchise atau yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah waralaba, merupakan jenis usaha yang memungkinkan pelaku franchise menggunakan nama, merek dagang, prosedur dan sistem bisnis sesuai dengan yang ditetapkan oleh pemilik merek dagang. Dalam franchise dikenal istilah franchisor, yaitu pemilik merek usaha dan franchisee, yaitu pembeli merek usaha.

Pada dasarnya, franchise masuk ke dalam kategori strategi perluasan suatu usaha yang telah lebih dulu berhasil dan sukses dan berniat bermitra dengan usahawan lain yang masih awam atau lemah dalam modal dan pemasaran. Sistem bagi hasil menjadi patokan dalam bisnis franchise ini. 

Istilah Franchise

Kata franchise berasal dari Bahasa Perancis Kuno dengan beberapa pengertian umum. Para pengamat ekonomi mencoba menyimpulkan teori franchise menurut versinya masing-masing. Dalam Bahasa Inggris franchise dikenal dengan istilah franchising, yang berarti kebebasan dalam menjual layanan jasa atau suatu produk real. Di antara beberapa teori franchise yang pernah muncul ke permukaan menurut para pengamat ekonomi adalah:

  • Menurut European Code of Ethics for Franchising, franchise adalah sistem pemasaran barang dan atau jasa dan atau teknologi yang didasarkan pada kerjasama tertutup yang dilakukan secara terus menerus antara franchisor dan franchisee dan terpisah secara hukum dan keuangan yang pemiik hak atau franchisor memberikan hak pada franchisee dan beban kewajiban untuk melakukan usahanya sesuai dengan konsep dari franchisor.
  • Menurut Blake and Associates, franchise artinya bebasyang kemudian pada Abad Pertengahan disimpulkan sebagai hak utama atau kebebasan.
  • Menurut Queen, franchise adalah usaha pemberian lisensi dari franchisor kepada franchisee dibawah nama dagang pemilik merek dengan kontrak dan pembayaran royalti.
  • Menurut Winarto, franchise adalah hubungan kemitraan antara franchisor yang usahanya sukses dan kuat dengan franchisee yang relatif masih baru dan belum menunjukkan hasil dengan tujuan untuk bisa saling menguntungkan. Bidang usaha mereka khususnya penyediaan jasa dan produk langsung ke konsumen.

Bentuk Franchise

Franchise merupakan bentuk usaha yang fleksibel karena produk dan jasa apapun dapat diwaralabakan. Berdasarkan ketetapan organisasi franchise Internasional atau IFA yang bermarkas di Washington DC, bentuk franchise dapat dikelompokkan menjadi 4, yaitu:

  • Product Franchise; ini adalah bentuk franchise yang pada sistemnya produsen memberikan hak kepada pemilik toko untuk mendistribusikan barang-barang milik pabrik dan mengijinkan pemilik toko memakai nama dan merek dagang pabrik. Kemudian pemilik toko harus membayar persediaan minimum sebagai timbal balik dari hak-hak tersebut. Misalnya, sebuah mini market yang menjual barang-barang dari franchisor boleh menggunakan merek usaha dan sistem yang ditetapkan oleh franchisor.
  • Manufacturing Franchise; bentuk franchise ini sering dipakai dalam menjual produk makanan dan minuman. Hak merek dagang dan merek franchisor boleh dipergunakan oleh suatu badan usaha dalam rangka membuat produk kemudian menjualnya kepada masyarakat.
  • Business Opportunity Ventures; bentuk franchise ini mewajibkan franchisee untuk membeli dan mendistribusikan produk dari perusahaan tertentu. Kewajiban perusahaan adalah menyediakan pelanggan dan rekening bagi franchisee. Sebagai kompensasi, franchisee harus membayar biaya tertentu atau menunjukkan angka kemajuan.
  • Business Format Franchising; perusahaan franchisor menetapkan sistem tertentu dalam mengoperasikan bisnisnya yang nanti akan dijalankan oleh franchisee. Merek dagang dan nama perusahaan dapat digunakan oleh franchisee. Franchisee juga harus membayar sejumlah biaya yang disebut dengan royalty dan atau membeli persediaan barang dari perusahaan.

Untung Ruginya Berbisnis Franchise

Dalam memulai suatu usaha tentunya perku diperhitungkan untung ruginya. Tidak ada satu bisnis pun di dunia yang tidak memiliki risiko. Begitu juga dengan franchise, bentuk usaha yang terbilang baru berkembang di Indonesia ini memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri. Di antara keuntungan berbisnis franchise adalah:

  • Franchisee yang terbilang masih baru dalam dunia usaha memiliki kesempatan memasuki dunia ini dengan cara yang cepat, biaya yang relatif rendah dan kualitas produk yang terjaga serta diketahui oleh masyarakat luas.
  • Franchisor memiliki akses dalam hal permodalan yaitu sharing atau berbagi biaya dengan franchisee dengan risiko yang lebih rendah.
  • Bagi franchisee, ia akan menerima bantuan secara bertahap dari segi pengaturan bisnis seperti pembelian, pemasaran, pemilihan lokasi bisnis, tata cara pelaksanaan bisnis dan desain fasilitas.

Sedangkan, di antara kelemahan franchise yang mesti dipahami oleh calon franchisee adalah:

  • Franchisee tidak dapat fleksibel menerapkan apa yang menjadi keinginannya dalam usaha karena harus mengikuti sistem yang sudah ditentukan oleh franchisor dan terikat kontrak.
  • Franchisee secara berkesinambungan harus menjalin komunikasi dan kerjasama yang baik dengan franchisor agar tidak terjadi selisih paham. Berbeda kalau Anda memiliki bisnis sendiri yang dapat Anda atur sendiri.
  • Dalam memilih franchise, seorang franchisee  sebaiknya lebih teliti karena tidak semua usaha franchise dapat menjadi jaminan keberhasilan meskipun namanya dikenal luas dan terbukti kualitasnya.
  • Bermitralah dengan franchisor yang dapat dipercaya mengingat ia memiliki hak untuk memutuskan apapun dan memperbaharui perjanjian.
  • Terkadang ada keputusan yang diambil franchisor yang dapat merugikan bisnis yang dijalankan franchisee, salah satunya dengan memungkinkan franchisee lain membuka franchise dari jarak yang berdekatan dengan franchisee lainnya. Ini tentu dapat mematikan usaha salah satunya.

Hal-hal yang perlu diingat dalam mengantisipasi gagalnya franchise diantaranya:

  • Buatlah produk yang kelak dapat di franchise-kan. Misalnya Anda mau membuat produk makanan rakyat seperti misalnya kue basah. Buat kue tersebut menjadi unik, mungkin dengan pemilihan nama yang kedengarannya menarik, warna kue yang lebih atraktif, ukuran kue yang mungkin lebih jumbo atau mini dari kue aslinya.
  • Bangun motivasi mitra Anda atau franchisee dan bukalah wawasannya sesuai dengan ilmu yang Anda dapat selama menjalankan bisnis hingga menjadi sukses. Hal ini agar memudahkan Anda sebagai franchisor dalam menerapkan metode yang mudah diterima franchisee.
  • Pemilihan lokasi itu penting. Yang namanya franchise itu pasti suatu produk yang unik dan diperhitungkan akan dapat menarik minat banyak pelanggan. Jadi, jangan matikan itu dengan menaruh franchise yang sama dekat dengan franchise lainnya. Usahakan dalam satu wilayah hanya terdapat satu atau dua franchise, tentu saja dengan catatan jarak yang kurang lebih beda sekitar 100 km.
  • Modal tidak menjadi tolak ukur berhasil tidaknya suatu usaha franchise. Pastikan Anda seorang calon franchisee memilih jenis franchise yang terbukti paten dan teruji dari berbagai segi. Pelajari metode yang ditentukan oleh franchisor dengan seksama agar Anda memahami betul seluk-beluk usaha tersebut. 


View the original article here



Peliculas Online

»»  Selengkapnya...

Monday, April 2, 2012

Bisnis Jual Beli Laptop Bekas

Laptop bekas merupakan solusi mudah mendapatkan komputer jinjing murah yang sesuai dengan budget mepet. Walau membeli laptop bekas asalkan  kita lihai dalam memilih spesifikasi dan sabar mencarinya, bakalan hasilnya tak mengecewakan. Seiring kian kemajuan IT, dan ditambah banyaknya produsen komputer yang berlomba menggelontorkan laptop ke pasar bebas, menjadikan persaingan laptop kian memanas.

Imbasnya harga laptop menjadi murah, dan pasar laptop bekas pun ikut terdongkrak. Akhirnya, apresiasi konsumen terhadap aneka laptop dengan spesifikasi yang beragam menjadikan konsumen mudah sekali berganti-ganti laptop. Prilaku konsumen yang suka gonta-ganti laptop menciptakan peluang bisnis laptop bekas. 

Laptop Bekas Masih Dicari

Memang laptop sekarang ini menjadi benda yang penting guna mendukung kinerja manusia modern. Kelebihan laptop yang ringan dan mudah dibawa ke mana-mana, sangat mendukung mobilitas manusia yang super sibuk. Demikian juga, laptop di kalangan mahasiswa dan anak sekolah sudah lazim dipakai ketika kuliah atau sedang belajar.

Fungsi laptop sangat mendukung proses belajar di kalangan mahasiswa dan anak sekolah. Yakni untuk mencatat bahan yang diajarkan di kelas, maupun untuk mengetik tugas-tugas sekolah. Standar laptop baru masih terbilang mahal untuk sebagian orang, harga laptop baru dengan spesifikasi menengah kisaran 5jt – 7 jt.

Mengingat kebutuhan laptop sangat penting, maka banyak orang mencari laptop bekas di gerai jual beli laptop bekas. Pasar jual beli laptop bekas akan naik ketika menjelang tahun ajaran baru, sekolah maupun universitas. Permintaan laptop bekas jadi naik dan banyak diburu masyarakat yang mencari laptop bekas karena murah. 

Kelebihan Laptop Bekas

Mengapa laptop bekas, begitu diminati konsumen kelas menengah ke bawah, selain murah mereka juga ingin eksis memakai komputer jinjing untuk mendukung pekerjaannya. Berikut ini penjelasan tentang kelebihan laptop bekas. 

1. Harga Murah

Salah satu motivasi konsumen mencari laptop bekas adalah harganya yang relatif murah, dan tentu bisa ditawar. Harga yang terjangkau dengan budget konsumen level menengah dan mahasiswa, menjadi alasan kuat, mengapa mereka lebih melirik laptop bekas. Selain mencari harga yang murah, konsumen juga hanya tertarik dengan merek-merek yang menjamin kualitas produksi. Biasanya laptop keluaran dari Jepang dan Taiwan yang mereka cari karena image merek laptop tersebut sudah terbangun baik dihati konsumen. Walaupun laptop bekas asalkan keluaran dari merk terkenal, pasti dibelinya.

2. Harga Jual Kembali Tak Turun Drastis

Salah satu keuntungan membeli laptop bekas adalah harga purna jualnya tak turun drastis. Jika Anda sudah bosan memakai laptop bekas, bisa dijual kembali kepada orang lain atau ke toko yang menerima layanan jual beli laptop bekas. Harga jual kembali laptop bekas tak akan mengecewakan paling turunnya hanya kisaran100 rb – 200 rb. Dan ini sangat meringankan kalau Anda ingin membeli laptop baru dengan cara tukar tambah, jadi Anda tak perlu mengeluarkan dana yang banyak untuk pembelian dengan cara tukar tambah. 

3. Ketersediaan Spare Part

Kerusakan merupakan risiko dari laptop bekas, apalagi laptop tersebut sudah dipakai sebelumnya dalam jangka yang lama sehingga bisa rusak kapan saja. Namun jangan kwatir, ketika laptop bekas Anda tiba-tiba eror, bawa saja ke tukang servis laptop. Jika terpaksa harus ganti spare part, tak usah risau karena harga spare part sekarang ini terjangkau dan mudah dicari. Service center laptop juga memberi garansi servis selama sebulan jika laptop Anda terjadi kerusakan lagi. 

Kelebihan Jual Beli Laptop Bekas

Fenomena tergesernya komputer desktop oleh laptop menjadi sebuah peluang bisnis. Enterperneur yang jeli melihat dinamika pertumbuhan laptop yang meningkat, dia akan segar membuka bisnis jual beli laptop bekas maupun laptop baru. Terbukti sekarang ini, banyak gerai penjualan laptop bekas bermunculan. Mengapa bisnis jual beli laptop bekas begitu laris? Salah satu faktornya adalah produsen laptop besar lebih tertarik menggarap pasar menengah atas karena memiliki daya beli tinggi. Sementara, pasar menengah ke bawah terabaikan, belum lagi konsumen menengah ke bawah juga memiliki kebutuhan laptop yang tinggi.

Pasar level menengah ke bawah menjadi peluang emas yang segar digarap, dan konsumennya pun tak terbilang sedikit. Berikut ini penjelasan tentang alasan mengapa jual beli laptop bekas begitu diminati oleh entrepreneur IT. 

1. Modal Tak Besar

Salah satu kelebihan membuka toko laptop bekas, adalah modalnya yang tak besar amat. Hanya perlu 20 juta saja, Anda sudah dapat membuka toko laptop bekas. Kalau perlu dijalankan di rumah saja sudah cukup. Dengan 20 juta, Anda bisa kulakan 4 unit laptop bekas dan sisanya membeli piranti pendukung seperti mouse, cooling fan, tas laptop, dan lain sebagainya.

Bahkan, Anda bisa menawarkan kepada pihak lain untuk menitipkan laptopnya / konsinyasi, guna dijual di toko Anda. Sumber modal guna menggerakan bisnis jual beli laptop bekas didapat dari pinjam bank, joint venture dengan teman atau jual aset pribadi seperti motor atau mobil.

2. Cepat Balik Modal

Walaupun dagangan utama adalah laptop bekas. Akan tetapi, tingkat penjualannya sangat cepat. Barang yang di-display tak akan lama dipajang, pasti ada yang membelinya. Oleh karena itu, tingkat perputaran uang pada bisnis ini begitu cepat sehingga BEP / Break event point bisa lekas tercapai. 

3. Tak Menanggung Garansi

Garansi merupakan sebuah syarat kepuasan bagi konsumen. Namun di sisi lain, garansi bagi toko dan distributor merupakan beban yang harus ditanggung selama barang terjual dalam masa garansi. Jika produk elektronik seperti laptop eror ketika masih masa garansi, toko dan distributor bakalan menanggung biaya perbaikan. Inilah mengapa garansi bagi toko merupakan beban.

Beda dengan bisnis jual beli laptop bekas, kita tak menanggung garansi karena laptop bekas biasanya masa garansi distributor sudah lewat. Artinya, jika laptop bekas yang dibeli konsumen ada kerusakan, pihak toko laptop bekas tak menanggung garansi. Jadi, risiko ada di pihak konsumen. 

4. Tak Pernah Sepi

Toko jual beli laptop bekas tak pernah mengenal sepi, kapan saja didatangi konsumen untuk membeli maupun menawarkan laptopnya untuk dilego atau ditukar tambah dengan laptop yang lebih tangguh. Yang pasti, menjelang tahun ajaran baru, toko laptop bekas banyak dikunjungi konsumen yang mencari laptop bekas dan murah. 

Service Laptop Bekas Sebagai Usaha Pendukung

Salah satu bentuk layanan konsumen laptop adalah tersedianya devisi servis khusus laptop. Sebagian besar kerusakan yang dijumpai pada laptop adalah kerusakan piranti kerasnya / hardware. Banyak konsumen yang datang untuk memperbaiki laptopnya karena sering dibawa bepergian sehingga laptopnya rentan dengan goncangan yang menyebabkan kerusakan pada hardware.

Ini menjadi peluang baru untuk menambah citra toko Anda dengan membuka divisi service center. Seumpamanya Anda tak memiliki keahlian memperbaiki laptop, Anda bisa menggaji teknisi yang mengerti trouble shooting laptop dan memperbaiknya. Carilah lulusan teknisi muda yang baru lulus SMK agar mudah diarahkan dan tak menuntut gaji besar. Di masa depan bisnis jual beli laptop diprediksi semakin cerah karena tingkat ketergantung kinerja manusia banyak mengandalkan komputer. Selain itu, persaingan produsen komputer semakin tinggi sehingga banyak produk komputer yang masa jualnya pun pendek. Inilah alasan mengapa bisnis jual beli laptop bekas masih menjanjikan.



Sumber artikel...

»»  Selengkapnya...

Popular Posts

 
Copyright (c) 2010 usaha-aku.blogspot.com. Design by WPThemes Expert

Themes By Buy My Themes, Gifts for GirlFriend And Skull Belt Buckles.